April 3, 2017

Stop Gunakan PowerVR, Apple Mungkin Kembangkan GPU Sendiri untuk iPhone

Penulis: Iwan RS
Stop Gunakan PowerVR, Apple Mungkin Kembangkan GPU Sendiri untuk iPhone  

MOBITEKNO – Salah satu vendor smartphone yang mandiri dalam banyak hal adalah Apple. Selain sendirian mengusung platform iOS (software) di tengah kepungan vendor smartphone Android, Apple sejak awal juga ‘berani’ menggunakan prosesor (chip) yang didesainnya sendiri (A4, A5, A9, hingga A10 Fusion) untuk iPhone.

Kemandirian Apple di chip prosesor bakal selangkah lebih maju lagi dengan rencananya menggunakan teknologi graphics yang dikembangkan sendiri. Dengan kata lain, Apple nantinya tidak lagi menggunakan PowerVR dari Imagination Technologies untuk modul GPU pada chip-nya.

Apple sudah cukup lama mengunakan PowerVR sebagai basis graphics GPU untuk serangkaian chip (SoC0 series-nya). Setidaknya pada chip A4 dalam iPhone 4 yang dirilis tujuh tahun lalu (2010). Kedekatan Apple dengan Imagination Technologies ini bahkan sempat memunculkan spekulasi bakal diakuisisinya desainer chip asal Inggris tersebut oleh Apple pada tahun lalu.

Namun, perkembangan satu tahun belakangan ini justru memunculkan hal yang sebaliknya. Bukannya akuisisi, Imagination Technologies justru menyebutkan bahwa Apple akan menghentikan penggunaan teknologi graphics PowerVR untuk chip A-series selanjutnya, terhitung mulai 15 hingga 24 bulan mendatang.

Ini berarti chip (SoC) A-series untuk iPhone 8s, 9, 9s atau ke depannya tidak menggunakan teknologi graphics PowerVR dari Imagination Technologies. Mengingat Apple merupakan klien besar, pengumuman ini sontak menjatuhkan nilai saham Imagination Technologies hingga 69 persen.

""

Hingga kini belum diketahui teknologi graphics baru seperti apa yang akan digunakan Apple untuk menggantikan PowerVR. Yang jelas, menurut kabar dari MacRumors, Apple saat ini sedang membuka lowongan untuk tenaga ahli yang asumsinya akan bertugas mengembangkan modul GPU baru untuk chip A  series.

Selain PowerVR yang selama ini digunakan pada Apple A series, chip mobile/smartphone yang beredar saat ini umumnya mengandalkan teknologi graphics yang dikembangkan oleh ARM (GPU Mali) dan Qualcomm (Adreno).

Tags: , , , , , ,


COMMENTS