September 20, 2016

Review Keyboard Logitech K480: Lengkap dengan Docking Station

Penulis: Maulana
Review Keyboard Logitech K480: Lengkap dengan Docking Station  

MOBITEKNO –┬áDengan spesifikasi mumpuni dan layar yang lebar, gadget seperti smartphone dan tablet sejatinya juga sudah bisa digunakan untuk bekerja. Namun ada kalanya hal tersebut tidak nyaman dilakukan dengan menggunakan keyboard virtual. Oleh karenanya, keyboard fisik dengan konektivitas bluetooth bisa jadi aksesori pelengkap yang cukup bermanfaat sebagai pengganti keyboard virtual.

Tak hanya dibekali dengan konektivitas bluetooth, keyboard Logitech K480 juga mempunyai docking station yang bisa dimanfaatkan untuk meletakkan gadget, baik smartphone dan tablet berbasis Android, maupun perangkat buatan Apple seperti iPad dan iPhone.

Sebagai keyboard portabel, cukup banyak sistem operasi yang didukung oleh Logitech K480. Di antaranya adalah Android, iOS, Mac OS, Chrome OS, dan Windows. Berbagai fitur menarik juga ikut disertakan. Apa saja? Berikut selengkapnya.

Kelengkapan

Paket penjualannya terbilang cukup minimalis. Pada saat Mobitekno membuka kardus keyboard Logitech K480, sekilas hanya ada unit produknya saja. Namun ternyata, sudah ada dua buah baterai AAA yang sudah terpasang pada perangkat tersebut. Dengan begitu, pengguna tak perlu lagi repot-repot untuk membeli baterai agar keyboard bisa beroperasi. Berikut paket penjualan keyboard Logitech K480.

1. Unit keyboard Logitech K480

2. 2 x Baterai AAA

3. Warranty Information

Desain

Dengan dimensi 195 x 229 x 20 mm, keyboard Logitech K480 cukup nyaman untuk dibawa-bawa. Namun bobotnya yang hampir mencapai 1 Kg (tepatnya 820 gram) membuat keyboard ini terasa cukup berat untuk dimasukkan ke dalam tas.

Berkat ukuran papan yang hampir menyerupai keyboard laptop 14 inci, Anda tak lagi perlu beradaptasi saat menggunakan Logitech K480. Pasalnya, kebanyakan keyboard bluetooth yang ada di pasaran dimensinya jauh lebih kecil daripada keyboard laptop sehingga ukuran tombol nya pun lebih kecil dan rapat. Hal ini kerap membuat penggunanya kembali harus beradaptasi dengan layout tuts yang ada.

Selain memiliki jajaran tuts alphanumeric, bagian atas Logitech K480 juga dilengkapi dengan berbagai tombol multimedia yang bisa berfungsi secara universal pada berbagai sistem operasi. Beberapa tombol di antaranya adalah search, volume up, volume down, mute, play/pause, next track, dan previous track. Sejumlah tombol navigasi yang ada pada perangkat Android, seperti Back, Home, Menu, dan tombol screenshot juga tersedia.

Tombol lainnya yang cukup krusial pada keyboard ini adalah pairing. Dua buah tombol yang berfungsi untuk menghubungkan keyboard dengan perangkat mobile ini masing-masing bertuliskan “pc” dan “i”. Tombol “pc” digunakan untuk pairing ke perangkat berbasis Windows, Android, dan ChromeOS. Sedangkan tombol “i” untuk pairing ke perangkat iOS dan MacOS.

Tak cuma tombol, bagian atas Logitech K480 juga dilengkapi dengan sebuah docking station. Dengan ukiran yang lebar, Anda bisa meletakkan lebih dari satu gadget. Misalnya saja, smartphone dengan tablet yang sama-sama dijajarkan secara vertikal. Atau, docking station ini juga bisa menampung sebuah tablet yang berukuran 7-12 inci yang diletakkan secara vertikal.

Fitur

Ada satu hal yang cukup unik pada keyboard bluetooth ini, yaitu hadirnya tuas yang bisa diputar dan menunjukkan angka 1, 2, dan 3. Tuas ini memiliki fungsi sebagai bluetooth profile sehingga Anda tak perlu lagi melakukan pairing ulang pada saat keyboard digunakan untuk perangkat lainnya. Contohnya saja, profile 1 digunakan smartphone, profile 2 untuk tablet, dan profile 3 untuk laptop. Dengan begitu, Anda bisa langsung mengetik dan berpindah-pindah perangkat dengan mudah.

Dengan memanfaatkan konektivitas bluetooth 3.0, keyboard ini memiliki masih bisa dijangkau hingga radius 10 meter. Namun sebelum bisa digunakan, pertama kali Anda harus melakukan pairing terlebih dahulu dengan cara menekan tombol “pc” atau “i” selama 3 detik. Setelah itu, lampu indikator akan berkedap kedip menandakan bahwa proses pairing sedang berlangsung.

Ketika proses pairing sudah selesai dan keyboard sudah terkoneksi, Anda hanya tinggal mengoperasikannya layaknya saat menggunakan keyboard virtual. Tak diperlukan aplikasi atau driver khusus untuk bisa menggunakannya secara optimal.

Keyboard Logitech K480 sendiri berfungsi secara maksimal pada sistem operasi Windows 7, Windows 8, Windows 10, Chrome OS, Android versi 3.2 atau di atasnya, iOS versi 5 atau di atasnya, dan Mac OS X atau di atasnya.

Spesifikasi

Dengan bentuk yang kompak dan ramping, keyboard ini mudah untuk dibawa kemanapun Anda pergi. Tebalnya yang hanya 20 mm membuat keyboard bisa dimasukkan ke dalam tas tanpa harus repot. Berikut spesifikasi detail dari keyboard Logitech K480:

Dimensi 195 x 299 x 20 mm
Bobot 820 gram
Tipe Koneksi Bluetooth 3.0
Jangkauan 10 meter
Kompatibilitas Windows 7, Windows 8, Windows 10, MacOS 10.10 atau di atasnya, Android 3.2 atau di atasnya, iOS atau di atasnya

 

Kesimpulan

Tren Bring Your Own Device (BYOD) atau yang lumrah disebut bekerja di luar kantor dengan membawa perangkat masing-masing kini juga sudah mulai diperhatikan oleh banyak produsen aksesori komputer, salah satunya Logitech. Keyboard K480 ini bisa dijadikan sebagai teman setia untuk gadget seperti smartphone dan tablet sehingga tetap bisa bekerja dimana pun dan kapan pun.

Dengan adanya docking station, Anda tak perlu lagi mencari sandaran agar gadget bisa ‘berdiri’ saat menggunakan keyboard Logitech K480. Menariknya, berkat ukurannya yang panjang, docking tersebut pun bisa menampung lebih dari satu perangkat. Ini cukup bermanfaat untuk Anda yang memiliki banyak perangkat mobile. Terlebih dengan adanya dukungan terhadap berbagai sistem operasi dan tiga buah profile bluetooth.

Di sisi lain, daya tahan baterai yang diklaim bisa mencapai 2 tahun juga menjadi nilai tambah karena Anda menjadi tak perlu sering-sering untuk mengganti baterai baru. Jika sedang tidak digunakan, Anda juga bisa menonaktifkannya melalui switch on/off. Jika sudah begini, bisa jadi daya tahannya akan lebih lama dari batas yang sudah ditentukan.

Tags: , , , ,


COMMENTS