March 19, 2016

Sejumlah Pabrikan Mobil akan Membuat Automatic Emergency Braking System Menjadi Fitur Standar di 2022

Penulis: Desmal Andi
Sejumlah Pabrikan Mobil akan Membuat Automatic Emergency Braking System Menjadi Fitur Standar di 2022  

MOBITEKNO – 

Sejumlah pabrikan mobil ternama yang selalu memperhatikan masalah keamanan membuat kesepakatan untuk memasukkan fitur rem otomatis ke produk mobil mereka untuk tahun 2022. Toyota, General Motors (GM), Ford, Fiat Chrysler Auto, Honda, dan Volkswagen berusaha mengimplementasikan regulasi dari US National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) untuk mengadopsi berbagai teknologi keselamatan dan keamanan dalam produk-produknya.

Dengan seriusnya para produsen mobil tersebut untuk memasukkan autonomous emergency braking, diharapkan dapat mengurangi angka kecelakaan di jalan raya. Namun, tenggat waktu 2022 ini masih fleksibel terutama untuk pengembangan teknologi pendukung lainnya.

“Kami sangat senang mendengar hal ini,” ujar Mark Rosekind selaku NHTSA Admin seperti dikutip dari Carscoops. "Dengan ini, kami bisa mengklaim dapat mengurangi sekitar 20 persen angka kecelakaan akibat tabrakan. Ada sekitar 5 juta kejadian tabrakan yang terjadi setiap tahunnya. Dengan 20 persen tentunya bisa mengurangi hingga 1 juta kejadian. Ini angka yang besar,” tambah Rosekind.

Autonomous Emergency Braking System sendiri membutuhkan banyak sensor untuk mendeteksi kendaraan dengan objek di sekitarnya. Namun, dengan semakin banyaknya pendeteksi ini, saat mobil terlalu dekat dengan mobil di depannya atau tiba-tiba terdapat objek lain yang lewat, sistem akan cepat bereaksi untuk mengaktifkan rem.

Sumber: Carscoops

Tags: , ,


COMMENTS