March 8, 2016

Project Blaid: Perangkat Wearable Konsep dari Toyota untuk Bantu Tunanetra

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Project Blaid: Perangkat Wearable Konsep dari Toyota untuk Bantu Tunanetra  

MOBITEKNO – Toyota bukan hanya merancang mobil atau motor. Raksasa otomotif asal Jepang ini juga diketahui sedang merancang perangkat wearable yang membantu para tunanetra dan orang yang terganggu penglihatan untuk bernavigasi di dalam ruangan.

Meski penggunaan anjing cukup efektif membantu para tunanetra selama ini, perangkat Project Blaid, demikian Toyota menyebutnya, ingin menyediakan informasi yang lebih lengkap bagi pengguna yang berada di suatu area atau tempat. Misalnya, di gedung besar atau bertingkat, seperti mal, bandara, dan ruangan lainnya yang tidak mudah ditelusuri karena banyaknya jumlah ruangan di lokasilokasi tersebut

Pemetaan dalam ruanagn (indoor mapping), identifikasi obyek, dan pengenalan wajah akan diintegrasikan dengan kamera pada perangkata Blaid. Perangkat ini akan dipakai melingkar bahu layaknya bantal untuk bepergian dan menyampaiakan informasi melalui speaker dan getaran dari motor. Untuk melakukan interaksi, pengguna bisa mengunakan perintah suara (voice recognition) dan bantuan beberapa tombol.

Berbeda dengan tren mobil yang terkoneksi dengan hadirnya sistem Android Auto dan Apple Carplay, atau teknologi augmented reality, Toyota memilih pendekatan ang berbeda berkaiatan dengan teknologi wearable. Namun, jika perangkat Blaid ini terbukti efektif dan bermanfaat dibandingkan teknologi mobil yang terkoneksi, Toyota mungkin akan lebih banyak membuat perangkat wearable dengan berbagai fungsi lainnya.

 

 

 

Tags: , , ,


COMMENTS