October 3, 2016

Standar USB Audio 3.0 Terbaru Buka Jalan bagi Punahnya Konektor Audio Analog

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Standar USB Audio 3.0 Terbaru Buka Jalan bagi Punahnya Konektor Audio Analog  

MOBITEKNO – Momentum untuk menghilangkan konektor audio analog (headphone/audio jack 3,5 mm) dari smartphone atau consumed device lainnya kian terasa setelah Apple meluncurkan iPhone 7/7 Pus.

Apple menjadi perusahaan besar pertama yang berani mengambil langkah kurang populer tersebut demi mendorong tren baru yang ingin diusungnya ke depan. Namun, Apple tampaknya tidak akan sendirian lagi karena beberapa produsen OEM Android device juga bersiap mengikuti langkah Apple.

""

Tanda-tandanya sudah terlihat setelah USB Implementers Forum baru saja mempulikasikan spesifikasi Device Class 3.0. Spesifikasi ini akan menjadi standar yang akan digunakan para produsen PC hingga smartphone untuk mengirimkan sinyal audio melalui port USB Type-C (USB-C).

Masuknya sinyal audio (ke interface USB) menambah daftar port yang akhirnya bergabung dalam interface USB. Sebut saja, seperti keyboard dan mouse yang awalnya memakai port PS/2 tapi pada akhirnya menjadikan port USB sebagai standard connectivity-nya.

Hadirnya standar USB Audio 3.0 ini memberikan keleluasan bagi para produsen untuk mulai menyalurkan sinyal audio digital langsung ke port USB dan menghilangkan konektor audio analog (audio/headphone jack). 

Belum diketahui produsen mana saja yang secara resmi mengagendakan akan ikutan mencabut dukunganya terhadap konektor audio analog. Sejauh ini, baru dua produsen smartphone yang mulai merintisnya, yaitu Lenovo dengan smartphone Moto Z dan Moto Z Force dan produsen LeEco dengan smartphone Le 2 dan Le Max 2.

Smartphone flagship Samsung tahun depan, Galaxy S8, juga dikabarkan akan mengikuti langkah Apple, Lenovo, dan LeEco untuk menghilangkan port yang telah ada sejak abad ke-19 tersebut.
 

Tags: , , , , , ,


COMMENTS