July 15, 2015

CEO Reddit Mengundurkan Diri Setelah Dicaci di Forum

Penulis: Elizabeth Swanti
CEO Reddit Mengundurkan Diri Setelah Dicaci di Forum  

MOBITEKNO – Kursi CEO forum Reddit tampaknya akan kosong selama beberapa lama. pasalnya, Ellen Pao, CEO Reddit tak tahan dengan cacian yang dilontarkan padanya oleh para pengguna forum Reddit. Olok-olok mengenai Pao sendiri disinyalir muncul setelah ia memecat Victoria Taylor dari posisinya sebagai Director of Communication Reddit di awal bulan lalu.

Namun tak hanya itu saja, salah satu poin yang diprotes para pengguna tersebut adalah ketika Pao mencoba untuk ‘membersihkan’ beberapa konten dalam situs yang isinya serangan pribadi yang ofensif, seperti yang disebut "subreddit" dimana Redditers mengolok-olok orang-orang dengan kelebihan berat badan, atau jenis olok-olok lainnya. Bahkan, Pao beserta suami dan keluarganya juga menjadi bahan olokan dalam situs tersebut, yang membuat sang CEO melontarkan ancaman tuntutan hukum apabila mereka masih terus melanjutkan aksinya itu.

Meski hanya berupa forum, konten dalam Reddit dianggap penting, karena situs ini menjadi tujuan bagi jutaan orang untuk mengetahui hal terbaru mulai dari teknologi, skor sepak bola, dan bahkan foto-foto hewan yang lucu. Tampilan Reddit memang tidak cantik, dengan sedikit grafis, dan hanya menampilkan sekelompok berita dan link. Situs ini menyebut dirinya sebagai Front Page Internet.

Uniknya, situs ini menjadi rujukan utama bagi situs berita ternama dunia seperti BuzzFeed, eBay, Washington Post, dan USA TODAY.  Bahkan, sejumlah pemuka dunia mulai dari pendiri Tesla, Elon Musk, Bill Gates, hingga Presiden Obama mengunjungi laman Reddit untuk menjawab pertanyaan dari pengguna, melalui forum yang dikenal sebagai Ask Me Anything, atau Amas.

Namun, seminggu terakhir ini, forum Reddit menjadi arena yang ‘liar’ ketika para onliners memposting olok-olokan mereka mengenai Pao dan suaminya. Bahkan,  Redditers juga mengeluarkan petisi yang menuntut pengunduran diri Pao dari Reddit.

Dalam pengumuman mengenai kemundurannya di Reddit, Pao menuliskan bahwa ia telah melihat "baik, buruk dan jelek," dalam komentar publik. "Saya memiiki keluarga, dan saya memiliki perasaan orang yang menyerang Reddit adalah orang lain seperti Anda dan saya. Ketika orang-orang membuat sesuatu untuk menyerang saya atau orang lain, itu menyebar, dan kami akhirnya akan melihatnya. Dan kita akan merasa buruk, tidak hanya tentang apa yang dikatakan. Hal ini memotong keaslian konten Reddit," tulis Pao.

Ellen Pao bergabung Reddit pada tahun 2013 dan menjadi interim Chief Executive Officer (CEO) di November 2014 setelah Yishan Wong mengundurkan diri. Salah satu keputusan kontroversial Pao diawal kepemimpinannya adalah menghilangkan negosiasi gaji untuk karyawan Reddit dan menghilangkan diskriminasi gender.

Saat ini, Reddit masuk dalam 10 situs dengan pengguna terbesar di Amerika Serikat, dan no 33 di Global menurut Alexa.

 

Tags: , ,


COMMENTS