July 8, 2015

Review Asus Zen Power: Mampu Menangani Banyak Smartphone

Penulis: Desmal Andi
Review Asus Zen Power: Mampu Menangani Banyak Smartphone  

MOBITEKNO – Dalam peluncuran Asus Zenfone 2 yang berlangsung di Jakarta pada beberapa waktu yang lalu, Asus juga memperkenalkan kehadiran berbagai aksesoris pendukungnya, seperti Asus Zen Power. Power Bank berkekuatan 10050 mAh ini memiliki ukuran yang kecil, tidak jauh dari ukuran kartu kredit yang ada saat ini.

Power Bank ini juga tampil dengan warna menarik. Beratnya yang hanya 215 gram masih cukup nyaman jika dibawa atau diletakkan di saku celana  jean Anda.

Kelengkapan

Asus Zen Power yang datang ke meja redaksi mobitekno dikemas dalam sebuah boks yang cukup kompak. Kami langsung membukanya untuk melihat apa saja yang ada di dalam kotak kecil tersebut. Satu paket Asus Zen Power memiliki:

  1. Power Bank berkekuatan 10050 mAh
  2. Kabel charging USB ke micro USB
  3. Buku garansi
  4. Buku manual yang mendukung 16 bahasa

Desain

Asus Zen Power memiliki desain yang tidak kaku. Sisi-sisinya didesain melengkung sehingga nyaman untuk digenggam. Jika diletakkan dengan logo Asus tidak terbalik, di sisi atas Anda bisa melihat keberadaan port USB untuk kebutuhan proses charginng ke smartphone dan berbagai device lainnya. Port micro USB untuk proses charging Power Bank dari adaptor, empat lamp LED sebagai indikator daya yang tersisa di dalam power bank, dan tombol on/off untuk mengaktifkan lampu LED tadi.

Di bagian bawah tercetak informasi kekuatan power bank yaitu 10050 mAh dan informasi lainnya seperti arus listrik untuk input dan output.

Kinerja

Dengan kekuatan sebesar 10050 mAh, Asus Zen Power bisa melakukan pengisian baterai hingga tiga smartphone dalam sekali proses pengisian. Proses chraging-nya pun terbilang cepat. Namun, jika daya pada Asus Zen Power sudah habis, proses pengisiannya emakan waktu yang agak lama, mengingat kapasitasnya yang cukup besar, yaitu 10050 mAh. Apalagi jika menggunakan adaptor yang memiliki output hanya 1 Ampere. Lebih baik lakukan proses pengisisn Asus Zen Power saat Anda hendak tidur malam lalu lihat hasilnya setelah Anda bangun di pagi hari.

Empat lampu indikator yang beradad di Asus Zen Power menandakan daya yang tersisa dari power bank ini. Setiap lampu mewakili kapasitas 25 persen. Saat tidak digunakan, indikator bisa diaktifkan dengan menekan tombol daya.

Spesifikasi

Asus Zen Power yang memiliki ukuran seperti kartu kredit, memiliki bobot yang tidak terlalu berat. Bentuknya yang kecil memudahkan Anda untuk membawa power bank ini kemanapun Anda pergi, termasuk mengantonginya di saku celana. Namun, untuk spesifikasi lengkapnya, Anda bisa lihat pada tabel berikut ini.

Spesifikasi:

Ukuran 90,5 mm X 59 mm X 22 mm
Berat 215 gram
Jenis baterai Lithium ion isi ulang
Kapasitas baterai DC 3,6V/10050 mAh (36 Wh)
Suhu pengisian daya 0° C – 40° C
Waktu pengisian daya 6 jam DC 5V/2A, 9 jam DC 5V/1A
Input DC 5V, 2A (maks)
Output DC 5,1V , 2,4A (maks)

 

Kesimpulan

Asus Zen Power dengan kekuatan 10050 mAh bisa diandalkan untuk menjaga agar perangkat mobile Anda selalu aktif setiap harinya. Dengan kapasitas yang besar tersebut, Anda bisa mengisi hingga tiga smartphone. Jadi, Anda yang memiliki lebih dari satu oerangkat mobile,Anda tidak perlu membawa terlalu banyak power bank jika menggunakan Asus Zen Power ini.

Proses pengisiannya yang terbilang cepat juga dapat membantu aktivitas Anda sehari-hari tanpa perlu terhalang dengan daya baterai smartphone yang melemah.

Tags: , ,


COMMENTS