July 3, 2015

Tren Penggunaan Aplikasi Travel di Mobile Meningkat

Penulis: Desmal Andi
Tren Penggunaan Aplikasi Travel di Mobile Meningkat  

MOBITEKNO – Meningkatnya jumlah traveller di dunia ternyata menguak kenyataan baru juga. Menurut  laporan TripBarometer Connected Traveler yang dirilis pekan ini, penggunaan perangkat mobile sedang meningkat di seluruh bagian perjalanan wisatawan.

Laporan ini  mendefinisikan Connected Traveler sebagai wisatawan yang menggunakan smartphone untuk merencanakan perjalanan, dan menyediakan informasi mendalam mengenai kebiasaan dan perilaku mereka. Dari laporan ini, diketahui sekitar 45% dari Connected Travelers biasanya menggunakan smartphone mereka untuk melakukan pemesanan perjalanan, hampir ¾ dari Connected Traveler (72%) menggunakan smartphone mereka untuk mencari restoran saat berlibur, dan sepertiga dari Connected Traveler (34%) menginginkan akomodasi mereka menawarkan check-in mobile.

Menurut laporan ini, jumlah orang yang menggunakan aplikasi mobile untuk memesan akomodasi mereka meningkat dua kali lipat dari tahun ke tahun. Ini berarti, aplikasi mobile jadi semakin populer sebagai channel pemesanan. Menurut laporan tersebut, di tahun 2014, 4% responden TripAdvisor memesan akomodasi mereka menggunakan channel aplikasi mobile – jumlah ini meningkat hingga 8% di tahun ini. Sementara, untuk pengguna aplikasi mobile dari segmen Connected Traveler, terdapat peningkatan hingga 11%.

Laporan tersebut juga mengungkapan bahwa mereka yang melakukan pemesanan melalui aplikasi mobile adalah pengguna tetap, dengan satu dari empat (24%) mengatakan bahwa mereka biasanya melakukan pemesanan dengan cara ini. Alasannya antara lain karena pemesanan melalui aplikasi mobile karena lebih mudah atau cepat diakses, dan sepertiga dari responden tersebut merasa mereka dapat harga yang lebih baik dengan pemesan melalui aplikasi.

“The TripBarometer: Laporan Connected Traveler mengungkap tren–tren besar yang muncul di segmen wisatawan yang sedang tumbuh,” kata Adam Medros, Senior Vice President of Product, TripAdvisor. “Ketika pemesanan perjalanan melalui perangkat mobile meningkat untuk semua wisatawan, bagi Connected Traveler, smartphone adalah teman perjalanan penting. Melalui aplikasi perjalanan, Connected Traveler menemukan jalan, mencari tempat makan atau aktivitas yang bisa dilakukan dan membaca review. Mereka juga lebih mungkin melihat ponsel cerdas sebagai alat pemesanan, baik sebelum perjalanan dan saat berada di tempat tujuan.”

Hasil laporan ini merupakan bagian dari penelitian TripBarometer yang dilaksanakan atas nama TripAdvisor oleh badan penelitian mandiri Ipsos dengan melibatkan lebih dari 44.000 responden dari wisatawan dan sektor perhotelan secara global.

 

Tags: , ,


COMMENTS