July 30, 2024

Indosat Siap Rayakan HUT ke-79 Republik Indonesia di IKN

Penulis: Desmal Andi
Indosat Siap Rayakan HUT ke-79 Republik Indonesia di IKN 

Mobitekno – Jelang peringatan Hari Ulang Tahun ke-79 Republik Indonesia, Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) menunjukkan kesiapannya dalam menghadirkan konektivitas dan pengalaman mengesankan bagi seluruh tamu negara di Ibu Kota Nusantara (IKN). Langkah ini dilakukan melalui penguatan infrastruktur jaringan serta penyediaan produk dan layanan di wilayah IKN dan kota penyangga seperti Balikpapan dan Samarinda.

Desmond Cheung, Director dan Chief Technology Officer of Indosat Ooredoo Hutchison, menyatakan bahwa Indosat siap mendukung kesiapan konektivitas di IKN melalui penguatan infrastruktur jaringan sejak kuartal pertama tahun 2024. Upaya ini merupakan bagian dari komitmen besar Indosat dalam memberdayakan Indonesia. Indosat telah menyediakan jaringan 4G dan 5G di wilayah IKN, dan hingga Juli 2024, kapasitas trafik data 4G telah meningkat hingga 84%, sementara kapasitas pengguna 4G meningkat sebesar 44%.

Penguatan infrastruktur jaringan ini didukung oleh perangkat lunak termutakhir yang memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan (AI). Implementasi teknologi AI ini memungkinkan Indosat mengantisipasi lonjakan trafik data dengan mengoptimalkan kapasitas antar BTS. Teknologi akses radio terbaru juga diterapkan untuk menghasilkan efisiensi penggunaan energi dengan kinerja yang dapat diandalkan.

Dalam persiapan peringatan HUT ke-79 Republik Indonesia, sejumlah Mobile Base Transceiver Station (MBTS) serta backbone fiber optic di wilayah IKN ditambah. Dengan lebih dari 15 ribu BTS yang mencakup 89% populasi di Kalimantan Timur, termasuk 100% populasi di Kota Samarinda, Indosat terus menargetkan perluasan layanan baik bagi pelanggan perorangan maupun enterprise di Kalimantan.

Selain memastikan kesiapan jaringan, perusahaan juga melayani kebutuhan basis pelanggan IM3 dan Tri di Kalimantan Timur dengan menyediakan pelayanan pelanggan seperti dua Gerai IM3, 107 Mini Gerai IM3, 47.401 outlet IM3, dua 3Store, 115 3KiosK, dan 31.508 outlet Tri. Tujuannya adalah untuk memudahkan pelanggan dalam mengakses layanannya di berbagai lokasi.

OpenSIgnal jaringan Indosat
Jaringan Indosat

Indosat CSR

Sebagai bagian dari pemberdayaan masyarakat Indonesia, khususnya di wilayah Kalimantan Timur, Indosat aktif dalam menggelar berbagai program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR). Melalui inisiatif seperti SheHacks Innovate 2024 yang diikuti para pelaku UMKM lokal. ini dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar IKN, termasuk program pelatihan digital dan pengembangan kapasitas masyarakat setempat.

Dengan berbagai inisiatif ini, perusahaan kembali menegaskan peran aktifnya dalam menjembatani kesenjangan digital di Indonesia. Dukungan ini diharapkan dapat memaksimalkan potensi seluruh masyarakat Indonesia, khususnya di wilayah Ibu Kota Nusantara, untuk meraih manfaat dari kemajuan teknologi dan digitalisasi di Tanah Air.

Selain peningkatan kapasitas jaringan, operator ini juga memperhatikan aspek pelayanan dan kemudahan akses bagi pelanggan. Kehadiran Gerai IM3, Mini Gerai IM3, outlet IM3, 3Store, 3KiosK, dan outlet Tri di Kalimantan Timur menunjukkan keseriusan Indosat dalam memberikan layanan terbaik bagi pelanggannya. Kehadiran infrastruktur ini memungkinkan pelanggan mendapatkan akses yang lebih mudah dan cepat terhadap produk dan layanan Indosat.

Indosat

Program CSR ini juga menunjukkan komitmen perusahaan dalam memberikan kontribusi positif bagi masyarakat. Program SheHacks Innovate 2024, misalnya, berfokus pada pemberdayaan pelaku UMKM lokal melalui pelatihan digital dan pengembangan kapasitas. Program ini diharapkan dapat membantu para pelaku UMKM meningkatkan daya saing dan kemampuan mereka dalam memanfaatkan teknologi digital.

Operator ini juga berkomitmen untuk terus memperluas jangkauan layanannya, tidak hanya di wilayah perkotaan tetapi juga di daerah-daerah yang membutuhkan. Hal ini sejalan dengan visi Indosat untuk memberdayakan seluruh masyarakat Indonesia melalui konektivitas yang kuat dan merata.

Dukungan perusahaan dalam peringatan HUT ke-79 Republik Indonesia di IKN menjadi salah satu bentuk nyata dari komitmen perusahaan dalam mendukung kemajuan dan pembangunan Indonesia. Dengan penguatan infrastruktur jaringan dan berbagai inisiatif pemberdayaan masyarakat, Indosat berharap dapat memberikan kontribusi yang berarti bagi perkembangan teknologi dan digitalisasi di Tanah Air.

Tags: , ,


COMMENTS