June 30, 2024

Review WD My Passport 6TB: Solusi Penyimpanan Portabel Andal, Kapasitas Lega untuk Kebutuhan Digital

Penulis: Rizki R
Review WD My Passport 6TB: Solusi Penyimpanan Portabel Andal, Kapasitas Lega untuk Kebutuhan Digital  

Mobitekno – Apakah kamu seorang content creator atau gamer yang kerap kali membutuhkan ruang penyimpanan besar untuk file-file yang tercecer? Bila iya, kamu mungkin akan tertarik dengan produk terbaru dari Western Digital, yakni WD My Passport 6TB. Perangkat penyimpanan ini menjadi pemilik kapasitas terbesar pertama di dunia.

Meskipun layanan penyimpanan cloud menawarkan kemudahan akses di mana saja, akan tetapi biaya untuk mendapatkan kapasitas sebesar 6TB relatif cukup mahal dan terus-menerus menguras kantong. Sebaliknya, dengan WD My Passport 6TB, kamu bisa menyimpan file secara lokal, tanpa perlu koneksi internet, dan tanpa biaya berlangganan. Penyimpanan ini bisa dengan mudah dimasukkan ke dalam tas laptopmu, dan membuatnya sangat praktis untuk digunakan saat bepergian.

Supaya mengenal lebih jauh mengenai WD My Passport 6TB, kali ini, redaksi Mobitekno berkesempatan untuk ‘mencicipi’ perangkat ini. Berikut review selengkapnya:

Spesifikasi dan Paket Penjualan WD My Passport 6TB

  1. Interface: USB 3.2 Gen1
  2. HHD 2,5 inci berkapasitas 6TB
  3. Dimensi: 4.33″ x 3.21″ x 0.87″ (10,9 x 8,1 x 2,2 cm)
  4. Berat: 235,8 gram
  5. Sistem operasi yang didukung: Windows 10, ChromeOS dan Mac

Paket Penjualan

  1. HDD
  2. Kabel SuperSpeed USB-A
  3. Quick Install Guide
  4. Software management

IMG 20240702 135459

WD My Passport 6TB

WD My Passport 6TB hadir dengan aplikasi yang kompatibel untuk MacOS dan Windows. Jika kamu pengguna MacBook, kamu memerlukan adaptor USB-A ke USB-C. Aplikasi ini memungkinkan untuk mengenkripsi folder dan melindungi drive dengan kata sandi, memastikan data sensitif Anda aman meskipun drive hilang atau tergeletak sembarangan.

Dengan kecepatan transfer data 3.0/3.2 (Gen 1), My Passport menawarkan kecepatan transfer yang cukup baik. Namun, perlu diingat bahwa kecepatan transfer bisa dipengaruhi oleh spesifikasi PC atau laptop yang digunakan serta kekuatan pemrosesan internalnya. Mentransfer beberapa folder besar mungkin menyebabkan sedikit penurunan kecepatan transfer.

Hasil pengujian Mobitekno.com dalam review WD My Passport 6TB ini, mendapati kecepatan Read 126,82 MB/s. Sedangkan write 116,66 MB/s.

CrystalDiskMark 20240630100335

Pertanyaan selanjutnya adalah apakah kamu sudah melakukan backup data secara rutin? Tak dapat dipungkiri, banyak dari kita sering mengabaikan pentingnya pencadangan data yang memadai. Hadirnya WD My Passport 6TB di pasar Indonesia menjadi solusi, dengan ukuran yang praktis dan perangkat lunak bawaan yang memudahkan proses pencadangan. Drive ini diformat sebelumnya dengan NTFS untuk pengguna Windows, namun juga kompatibel dengan macOS dan Linux.

Keamanan Data dengan Enkripsi AES 256-bit

IMG 20240702 115924

IMG 20240702 115654 scaled

Salah satu keunggulan utama dari My Passport 6TB adalah enkripsi perangkat keras AES 256-bit yang sangat kuat dan hampir tidak mungkin untuk ditembus. Dengan kapasitas jumbo sebesar 6TB, kamu bisa dengan tenang mencadangkan data-datamu dan melindunginya dengan kata sandi.

Melalui review singkat ini, WD My Passport 6TB terbukti sangat menghemat waktu dan menyajikan kapasitas penyimpanan yang luas dan tetap aman. Kami juga sempat mecoba menggunakan software Acronis untuk membuat gambar disk sebagai langkah tambahan, memastikan penulis dapat memulihkan data jika terjadi kesalahan. Dengan kapasitas lega, memiliki sepasang drive untuk skenario pemulihan bencana jadi opsi yang bijaksana. Untuk harga dan ketersediaan, WD My Passport 6TB saat ini sudah tersedia di platform e-commerce dengan banderol Rp2 jutaan.

Tags: , , , ,


COMMENTS