August 23, 2024

Lintasarta Luncurkan GPU Merdeka, AI Cloud Canggih yang Didukung oleh NVIDIA

Penulis: Desmal Andi
Lintasarta Luncurkan GPU Merdeka, AI Cloud Canggih yang Didukung oleh NVIDIA 

Mobitekno – Lintasarta baru saja memperkenalkan produk terbaru mereka, GPU Merdeka, yang merupakan GPU-as-a-Service (GPUaaS) pada Rabu (21/8) di Hotel Kempinski, Jakarta. Produk ini hadir sebagai Sovereign AI Cloud dari NVIDIA, yang dirancang sebagai supercomputing cloud dengan teknologi mutakhir, menjadi yang terdepan di Indonesia dalam hal ini.

Acara peluncuran GPU Merdeka dihadiri oleh berbagai tokoh nasional dan internasional, termasuk Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan, Menkominfo Budi Arie Setiadi, Kepala Departemen Pengembangan Aplikasi OJK Dwi Kurniawan, Sekretaris SKK Migas Luky A Yusgiantoro, Gita Wirjawan sebagai Educator Entrepreneur, Farah Fitria Rahmayanti dari Perum Peruri, Vikram Sinha selaku President Director & CEO Indosat Ooredoo Hutchison, dan Deb Goswami, Head of Developer Programs for Big Data & Analytics di ASEAN & ANZ Regions dari NVIDIA.

Peluncuran ini menjadi bukti nyata komitmen Lintasarta bersama Indosat Group dalam memperkuat Indonesia melalui teknologi. Ini juga merupakan bagian dari ekspansi strategis yang telah dimulai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) bersama NVIDIA pada awal 2024. Sejak Mei 2024, Lintasarta telah diakui sebagai Nvidia Cloud Partner (NCP) dalam jaringan mitra NVIDIA.

GPU Merdeka membawa infrastruktur dan platform AI cloud yang canggih, memberikan akses bagi pelaku bisnis nasional kepada GPU tercepat dari NVIDIA, yang beroperasi pada data center high-density di Indonesia. Teknologi ini memungkinkan pengembangan GenerativeAI, machine learning, rendering, serta aplikasi desain berbantuan komputer (CAD) dengan spesifikasi unggul, biaya efisien, dan penggunaan energi yang optimal.

Dengan dukungan teknologi NVIDIA, Sovereign AI Cloud dari Lintasarta diharapkan mampu memperkuat posisi perusahaan sebagai pemimpin AI cloud di Indonesia, mendukung transformasi digital di berbagai sektor industri nasional. Infrastruktur cloud ini juga dirancang untuk meningkatkan kolaborasi, mempercepat pertumbuhan ekonomi digital Indonesia.

Menko Marves, Luhut Binsar Panjaitan, menegaskan bahwa kemajuan teknologi digital adalah kunci mencapai visi Indonesia Emas 2045, dengan menciptakan ekosistem digital yang kuat dan berdaya saing global. Kehadiran teknologi ini merupakan langkah besar dalam mewujudkan kedaulatan digital Indonesia, terutama dalam pengembangan kecerdasan buatan.

GPU Merdeka
Peresmian GPU Merdeka

GPU Merdeka Dioperasikan Tenaga Ahli Lokal

GPU Merdeka dibangun di dalam negeri, dioperasikan oleh tenaga ahli lokal, dan bertujuan mendukung perkembangan industri serta ekosistem nasional. Selain itu, Lintasarta juga memperkenalkan AI Nation Program untuk mempercepat adopsi dan pengembangan teknologi AI dengan membangun ekosistem AI yang berkelanjutan.

Sementara itu, Bayu Hanantasena, President Director & CEO Lintasarta, menekankan bahwa GPU Merdeka adalah wujud nyata upaya Lintasarta dalam memberdayakan Indonesia melalui solusi teknologi terbaik, untuk mendukung transformasi digital di berbagai sektor industri dengan hasil optimal. Layanan baru ini diharapkan menjadikan Indonesia sebagai pemimpin global dalam AI cloud.

Vikram Sinha, President Director & CEO Indosat Ooredoo Hutchison, menyatakan kebanggaannya atas peluncuran GPU Merdeka oleh Lintasarta. Sebagai bagian dari Indosat Group, Lintasarta memiliki peran penting dalam transformasi perusahaan menjadi AI-Native TechCo, selangkah lebih dekat dengan visi besar memberdayakan Indonesia dan mewujudkan Indonesia Emas 2045.

GPU Merdeka didukung oleh NVIDIA, menawarkan server GPU Berkinerja Tinggi dengan konfigurasi 8x Nvidia H100 SXM Tensor Core GPUs dalam satu server, ideal untuk aplikasi yang memerlukan akurasi tinggi seperti TNavigator dan SLB Petrel High Performance Computing di industri minyak dan gas. Selain itu, H100 SXM pada GPU Merdeka mampu menangani beban kerja AI generatif tingkat lanjut dengan bandwidth 3.35 TB/s, serta fitur third-generation RT Cores yang unggul untuk rendering, 3D modeling, dan aplikasi CAD seperti AutoCAD.

Deb Goswami dari NVIDIA menambahkan bahwa Lintasarta telah mengimplementasikan teknologi NVIDIA accelerated computing dalam GPU Merdeka, menghadirkan layanan cloud AI berkinerja tinggi untuk mendukung Indonesia dengan AI yang berdaulat.

GPU Merdeka juga dilengkapi dengan infrastruktur data center AI yang mampu mendukung hingga 20 KW per rack, fitur connectivity hingga 3.2 Tbps Infiniband RDMA per server, serta akses NVIDIA GPUDirect ke storage, yang secara signifikan meningkatkan performa layanan. Pelanggan GPU Merdeka juga akan mendapatkan akses internet up to 100 Gbps dengan proteksi DDoS yang menjamin kenyamanan dan keamanan tingkat tinggi.



COMMENTS