July 23, 2024

Lihat Langsung Truk VAR Mobile dari Liga Indonesia Baru Berbasis Platform Fuso Canter FE 84 G di GIIAS 2024

Penulis: Iwan RS
Lihat Langsung Truk VAR Mobile dari Liga Indonesia Baru Berbasis Platform Fuso Canter FE 84 G di GIIAS 2024 

Mobitekno – Untuk pertama kalinya di ajang GIIAS 2024, Mitsubishi Fuso menampilkan truk Canter FE 84 G yang telah dimodifikasi menjadi truk VAR mobile untuk digunakan di kompetisi Liga Indonesia Baru (LIB). Truk Canter FE 84 G menjadi VAR mobil ini bisa disebut menjadi inovasi pertama di dunia sepak bola.

Saat ini istilah VAR tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia yang gemar menonton sepak bola. VAR merupakan singkatan dari Video Assistant Referee (VAR) yang memiliki fungsi menayangkan rekaman video untuk mengetahui benar atau salahnya sebuah pelanggaran dalam pertandingan sepak bola dan meninjau keputusan wasit di lapangan.

Biasanya, VAR membutuhkan tempat khusus. Hanya saja terkadang ada beberapa stadion sepak bola yang tidak menyediakan tempat khusus untuk VAR. Kondisi dan fasiltias yang tidak seragam di antara berbagai stadion ini melatarbelakangi pihak Persatuan Liga Indonesia Baru (LIB) mencari solusi yang efektif.

Akhirnya solusi nya adalah membuat inovasi truk VAR yang mobile. Diharapkan Truk VAR bisa bergerak mobile untuk digunakan di berbagai stadion sepak bola yang memang tidak memiliki ruangan khusus untuk VAR.

Truk VAR mobile memungkinkan LIB untuk membawa teknologi VAR ke berbagai stadion di Indonesia, tidak hanya stadion yang memiliki infrastruktur permanen untuk VAR. Hal ini memungkinkan VAR digunakan di lebih banyak pertandingan dan menjangkau lebih banyak penonton.

Truk VAR mobile 03

Membangun infrastruktur VAR permanen di setiap stadion dianggap butuh anggaran yang lebih besar dan memakan waktu. Penggunaan truk VAR mobile adalah solusi yang dianggap lebih hemat biaya dan efisien.

“Kami sengaja memajang unit Truk VAR ini untuk menunjukan kepada publik bahwa unit Mitsubishi Fuso sangat applicable untuk berbagai kebutuhan konsumen. VAR Truck ini adalah salah satu inovasi yang kami apresiasi di dunia sepak bola Indonesia,” ujar Sudaryanto, General Manager of Business Communication PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors.

Truk VAR mobile yang dibangun menggunakan platform Mitsubishi Fuso Canter FE 84 G ini diharapkan dapat berperan penting dalam meningkatkan kualitas pertandingan sepak bola di Indonesia dengan membantu para wasit dalam mengambil keputusan yang lebih tepat dan adil.

Truk VAR milik LIB ini dibangun menggunakan platform Mitsubishi Fuso Canter FE 84 G dan garap secara khusus oleh karoseri Metalindo Teknik Utama (MTU).

Seperti diketahui, perusahaan karoseri ini juga yang pernah memboyong dan memamerkan VAR mobile untuk kompetisi Liga 1 Liga Indonesia Baru di ajang GAIKINDO Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2024 pada Maret 2024 lalu di JCC, Senayan, Jakarta.

Spesifikasi truk VAR mobile Canter FE 84 G

Dimensi truk Canter FE 84 G terwakili dari panjang 7.145 mm, lebar 2.035 mm, dan tinggi tinggi 2.210 mm. Adapun truk berbobot 8.500 kg ini memilik jarak sumbu rodanya 3.850 mm.

Truk VAR mobile mengandalkan mesin 4V21-2AT1 dengan kubikasi mesin 3.907cc bertenaga 136 PS pada 2.500 rpm dan torsi sebesar 422 Nm dengan putaran mesin 1.500-2.500 rpm. Tenaga yang dihasilkan dari mesin ini disalurkan ke roda belakang melalui transmisi manual 5 percepatan.

Pihak LIB memilih Canter FE 84 G karena di kelasnya, light duty truck (LDT), Canter memiliki kabin yang cukup luas dan lebar. Spesifikasi kabin menjadi salah satu faktor penting dalam pembuatan truk VAR yang membutuhkan ruang yang besar untuk menampung alat-alat monitoring sistem VAR di dalamnya, termasuk memenuhi persyaratan standar internasional untuk sebuah sistem VAR.

Truk VAR mobile 02

Dengan pertimbangan tersebut, Kapasitas ruangan yang disediakan truk VAR mobile ini tidak jauh berbeda dengan ruangan VAR yang biasanya ditemukan di stadion sepak bola.

Di dalam Truk VAR terlihat enam unit layar monitor, komputer, server, tiga unit pendingin udara, dan generator berkapasitas besar. Selain itu truk ini juga siap mengakomodir ruangan yang nyaman bagi para wasit VAR yaitu VAR, AVAR (Assistant VAR), dan RO (Replay Operator).

Semua kelengkapan di kabin truk VAR ini tentu bisa dioptimalkan agar dalam setiap pertandingan sepak bola di LIB bisa berjalan tanpa kontroversi.

Oh ya hal menarik lain, sisi kanan bodi truk juga sudah dibalut warna merah dengan gambar melecut semangat bertuliskan #bersama GARUDA we are together.

Bagi pengunjung yang ‘kepo’ dengan VAR mobile yang diusung truk ini dapat melihat langsung di booth Mitsubishi Fuso di Hall 2 GIIAS 2024 hingga 28 Juli mendatang.

Tags: , , , , , , , , , ,


COMMENTS