July 23, 2024

Debut di GIIAS 2024, Isuzu Traga Bus Ramaikan Segmen Angkutan Penumpang. Ini Keunggulannya!

Penulis: Iwan RS
Debut di GIIAS 2024, Isuzu Traga Bus Ramaikan Segmen Angkutan Penumpang. Ini Keunggulannya! 

Mobitekno – Pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024, ICE BSD City, Tangerang, PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) memperkenalkan kendaraan Isuzu Traga Bus sebagai inovasi terbarun mereka di sektor kendaraan angkutan penumpang untuk solusi mobilitas di sektor transportasi dan pariwisata.

President Director PT IAMI, Yusak Kristian menyatakan bahwa kendaraan angkutan penumpang seperti Isuzu Traga Bus menawarkan sejumlah keunggulan di berbagai aspek untuk menunjang perjalanan yang aman dan nyaman.

Ditambahkan oleh Yusak, sektor transportasi dan pariwisata saat ini membutuhkan kendaraan yang dapat dipercaya memberikan rasa aman dan nyaman bagi seluruh penumpang selama perjalanan. Oleh sebab itu, Isuzu kemudian melakukan inovasi dengan menghadirkan Isuzu Traga Bus yang diharapkan dapat memenuhi harapan konsumen yang membutuhkan kendaraan untuk usaha.

Foto 2 Traga Bus

“Real Partner, Real Journey’ menjadi semangat kami untuk menghadirkan kendaraan yang benar-benar dibutuhkan bagi seluruh Isuzu Partner untuk kelancaran usaha mereka. Isuzu Traga Bus kemudian lahir untuk memenuhi kebutuhan mobilitas di sektor transportasi dan pariwisata sehingga mendukung usaha yang lebih menguntungkan,” ujar Yusak Kristian.

Segmen bus medium di Indonesia masih memiliki potensi pertumbuhan yang besar, terutama dengan meningkatnya aktivitas ekonomi dan pariwisata. Selain itu, adanya program pemerintah untuk mendukung transportasi umum juga dapat mendorong permintaan akan bus medium.

Foto 4 Traga Bus

Secara keseluruhan, lanskap segmen bus medium di Indonesia cukup kompetitif, dengan berbagai pilihan yang tersedia untuk memenuhi kebutuhan yang beragam. Tren pasar yang berfokus pada efisiensi, keamanan, dan kenyamanan akan terus membentuk perkembangan segmen ini.

4 aspek unggulan: Comfort, Good Performance, Fuel Efficiency, dan Safety

Isuzu Traga Bus dikembangkan dengan mengedepankan 4 aspek unggulannya, yakni Comfort, Good Performance, Fuel Efficiency, dan Safety. Semua aspek ini dianggap penting dalam sebuah kendaraaan angkutan di berbagai industri.

Isuzu Traga Bus hadir dengan spesifikasi dimensi, mulai dari panjang 4.660 mm, lebar 1.695 mm, tinggi 2.450 mm, dan wheelbase di 2.250 mm. Dimensi ini dianggap dapat menghadirkan asepk kenyamanan bagi penumpangnya karena menyediakan interior yang lega bagi penumpang 10 orang penumpang selama perjalanan.

Selain itu, area plafon Isuzu Traga Bus dibuat lebih tinggi agar memberikan ruang headroom yang tinggi dan muat untuk instalasi AC penumpang. Interiornya juga dirancang dengan memperhatikan kenyamanan penumpang, selian AC, tersedia juga kursi yang ergonomis dan ruang kaki yang lega.

Isuzu Traga Bus menggunakan mesin 4JA1-CR 2.500 cc yang sudah memenuhi emisi gas buang berstandar Euro 4. Mesin yang terkenal handal dan bertenaga ini mampu hasilkan tenaga mencapai 80 PS / 3.500 rpm dan torsi di 19,5 Nm / 1.800-2.400 rpm.

Foto 1 Traga Bus

Mesin Isuzu Traga Bus menggunakan mesin mesin diesel 4JA1-CR 2.500 cc yang tidak berbeda jauh dengan mesin yang ada pada Isuzu Panther. Meesin diesel ini terkenal dengan keandalan, ketangguhan, dan efisiensi bahan bakar yang baik.

Di sisi lain, mesin ini juga sudah teruji efisiensinya karena sejak lama menjadi andalan bersama Isuzu Partner yang dikenal irit serta bandel. Traga Bus diketahui menggunakan mesin diesel 1.9L yang hemat bahan bakar, sehingga operasionalnya diklaim akan lebih irit.

Traga Bus dilengkapi dengan beragam fitur keselamatan, seperti seatbelt untuk semua penumpang, rem ABS, dan ban tubeless. Seluruh penumpang di dalam bus ini akan mendapatkan keamanan maksimal, melalui penggunaan suspensi Double Wishbone with Coil Spring di depan dan Leaf Spring Type di belakang untuk memberikan stabilitas selama perjalanan.

Selain itu sistem pengeremannya menggunakan system Ventilated Disc di depan dan Drum, leading and trailing di belakang agar bisa mendapatkan pengereman yang maksimal dan halus di saat deselerasi. Untuk meningkatkan keamanan dalam perjalanan, tersedia juga APAR berukuran 1 Kg yang siap digunakan.

Isuzu Traga Bus yang baru diluncurkan pada ajang GIIAS 2024 ini akan meramaikan segmen pasar bus medium di Indonesia dan bersaing dengan beberapa merek bus medium, seperti Toyota Hiace Commuter, Daihatsu Gran Max Minibus, Suzuki APV Minibus dan beberapa lainnya.

Seperti pesaingnya, Isuzu Traga Bus cocok digunakan untuk berbagai kebutuhann angkutasn, seperti transportasi anak-anak sekolah, angkutan pariwisata dari hotel ke lokasi wisata, angkutan karyawan perusahaan/pabrik ke tempat kerja, hingga angkutan umum di daerah perkotaan atau pedesaan.

Tags: , , , , , ,


COMMENTS