May 21, 2024

Alibaba Cloud Dukung Peningkatan Pengalaman Menonton Olimpiade dengan Layanan Siaran Ulang Multi-Kamera Berbasis AI

Penulis: Iwan RS
Alibaba Cloud Dukung Peningkatan Pengalaman Menonton Olimpiade dengan Layanan Siaran Ulang Multi-Kamera Berbasis AI  

Mobitekno – Alibaba Cloud, perusahaan teknologi digital dan intelegensi dari Alibaba Group dan Olympic Broadcasting Services (OBS) bermitra untuk menguji layanan siaran ulang multi-kamera terbaru yang diperkuat oleh kecerdasan buatan (AI) dalam Seri Kualifikasi Olimpiade di Shanghai yang akan berlangsung dari 16 hingga 19 Mei 2024.

Perhelatan olahraga penting ini akan menentukan para atlet mana saja yang akan berpartisipasi dalam Olimpiade yang akan diselenggarakan dalam waktu dekat di Paris (“Paris 2024”).

Inovasi AI dari Alibaba Cloud ini dapat digunakan di berbagai lokasi yang menjadi tempat berlangsungnya kompetisi selama Olimpiade Paris 2024, agar mampu menyajikan pengalaman menonton yang dinamis dan memukau bagi penonton di seluruh dunia.

Alibaba Cloud Membantu Meningkatkan Penayangan Olimpiade dengan Layanan Putar Ulang Multi Kamera yang Ditingkatkan dengan AI
Alibaba Cloud Membantu Meningkatkan Penayangan Olimpiade dengan Layanan Putar Ulang Multi-Kamera yang Ditingkatkan dengan AI.

Selina Yuan, Presiden Bisnis Internasional di Alibaba Cloud Intelligence menyatakan rasa antusiasnya atas kerja sama dengan OBS ini yang akan memperluas penggunaan teknologi AI berbasis cloud kami yang mutakhir. Dengan kerjasama ini Alibaba Cloud berharap dapat meningkatkan pengalaman menonton perhelatan olahraga dunia yang lebih dekat dan mendalam.

“Sebagai pelopor penyedia solusi cerdas bagi olahraga, kami bekerjasama dengan OBS dalam mendefinisikan ulang bagaimana penggemar olahraga global bisa menikmati dan berpartisipasi dalam perhelatan Olimpiade. Kami tentunya menantikan kesempatan untuk lebih banyak lagi berkontribusi pada Olimpiade Paris 2024 dengan teknologi cloud kami yang terdepan,” tambah Selina.

Siaran ulang multi-kamera berbasis AI hadirkan pengalaman menonton yang lebih menarik

Sistem layanan siaran ulang Multi-Kamera Berbasis AI memperkenalkan cara inovatif untuk menonton Olimpiade dari berbagai sudut di Paris 2024 yang akan datang. Dengan memanfaatkan machine learning dan deep neural networks, sistem yang didukung oleh infrastruktur cloud Alibaba Cloud akan merekonstruksi kilasan adegan dalam pertandingan dengan detail yang canggih sehingga bisa memberikan pengalaman menonton yang lebih menarik bagi penonton.

Melalui pemrosesan video khusus dari edge dan cloud, rekaman yang diambil dari kamera yang ditempatkan secara strategis di sekitar lokasi pertandingan akan diubah menjadi model 3D berbasis cloud dengan tekstur berkualitas tinggi yang bisa menghasilkan imaji virtual dari sudut pandang baru dan gerakan rotasi yang lebih halus dan realistis, sehingga memberikan rekonstruksi 3D adegan kompetisi yang mendalam dan kohesif.

Arsitektur komputasi yang kuat dari Alibaba Cloud dan teknologi cloud yang terbukti dapat memfasilitasi pemrosesan rekonstruksi 3D berpresisi tinggi dan rendering video dalam waktu yang yang hampir real-time.

Alibaba Cloud sedang menguji layanan pemutaran ulang multi kamera di venue skateboard di Seri Kualifikasi Olimpiade di Shanghai
Alibaba Cloud sedang menguji layanan pemutaran ulang multi-kamera di venue skateboard di Seri Kualifikasi Olimpiade di Shanghai.

Selama Olimpiade Paris 2024, sistem siaran ulang yang berbasis AI ini akan diimplementasikan di 12 lokasi kompetisi untuk cabang olahraga seperti voli pantai, tenis, judo, dan rugby. Konten video multi-sudut akan tersedia melalui sistem produksi OBS sehingga dapat memperkaya liputan Olimpiade melalui siaran cloud dengan berbagai rekaman ulangan yang dinamis, dan tampak nyata untuk para Pemegang Hak Siar Media (Media Rights Holders/MRH) global.

Saat pertama kali diperkenalkan pada Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022 untuk cabang olahraga curling dan speed skating, sistem siaran ulang multi-kamera digunakan untuk memberikan pengalaman imersif pada para penggemar dalam aksi yang disaksikan.

Hal tersebut memungkinkan mereka untuk dapat mengalami momen penting pada kompetisi dari berbagai sudut secara optimal. Dengan lebih banyak fitur AI dan penerapan di lebih banyak lokasi kompetisi, inovasi ini diharapkan dapat membantu meningkatkan penyiaran perhelatan Olimpiade ke tingkat yang baru.

Alibaba Cloud sedang menguji layanan pemutaran ulang multi kamera di venue skateboard di Seri Kualifikasi Olimpiade di Shanghai
Alibaba Cloud sedang menguji layanan pemutaran ulang multi-kamera di venue skateboard di Seri Kualifikasi Olimpiade di Shanghai.

Layanan siaran ulang multi-kamera Alibaba Cloud berbasis AI merupakan contoh bagaimana teknologi dapat digunakan untuk meningkatkan pengalaman menonton olahraga. Dengan menyediakan pengalaman menonton yang lebih personal, mudah diakses, dan informatif, Alibaba Cloud membantu para penggemar Olimpiade untuk menikmati Olimpiade dengan lebih maksimal.

Sebagai penyedia layanan cloud resmi untuk International Olympic Committee, Alibaba Cloud tetap menjadi pelopor inovasi penyiaran yang mendorong perluasan liputan dari perhelatan Olimpiade melalui teknologi yang lebih inovatif dan inklusif, dengan tujuan untuk mendefinisikan ulang masa depan pengalaman menonton olahraga bersama mitra seperti OBS.

Alibaba Cloud Olimpiade

Tags: , , , , , , , , , , ,


COMMENTS