June 18, 2024

Kaspersky Ungkap Aktivitas Penipuan di Ajang EUFA EURO 2024: Tiket dan Streaming Palsu Hingga Koin Scam Harry Kane

Penulis: Iwan RS
Kaspersky Ungkap Aktivitas Penipuan di Ajang EUFA EURO 2024: Tiket dan Streaming Palsu Hingga Koin Scam Harry Kane  

Mobitekno – Para ahli Kaspersky belum lama ini membagikan informasi terkait aktivitas kriminal siber yang dirancang untuk mencuri data dan uang pengguna pada turnamen akbar UEFA EURO 2024. Turnamen sepakbola terbesar di Eropa yang diperkirakan menarik perhatian lebih dari 2,7 juta orang di stadion dan 12 juta lainnya di seluruh Jerman.

EURO 2024
EUFA EURO 2024 merupakan turnamen sepak bola Piala Eropa ke-17 yang diselenggarakan oleh UEFA (Union of European Football Associations) di di Jerman pada Juni-Juli 2024. Sebanyak 24 tim nasional dari seluruh Eropa akan bertanding dalam turnamen ini.

Namun, antusiasme EURO 2024 bukan hanya melanda para pemain dan pecinta sepak bola di seluruh dunia. Ajang akbar ini juga ‘diniminati’ para kriminal dan penjahat siber karena potensinya mendatangkan keuntungan. Momen kegembiraan ini dimanfaatkan oleh para pelaku kejahatan untuk melancarkan berbagai aksinya untuk mencuri data atau uang pengguna.

Agar fans sepakbola atau siapa saja yang terkait dengan ajang akbar ini terhindar dari berbagai aksi penipuan, sebaiknya perlu mengambil tindakan pencegahan yang tepat. Untuk memahami potensi ancaman siber di dunia sepak bola dan cara menonton pertandingan tim favorit Anda dengan aman, berikut ini beberapa info dan modus kejahatan yang perlu diketahui.

Temuan tiket palsu di EURO 2024

Ancaman umum menjelang acara offline besar adalah penipuan tiket, dan kejuaraan ini tidak terkecuali. Pakar Kaspersky telah menemukan halaman penipuan yang menyamar sebagai perusahaan energi populer Jerman, yang menawarkan tiket giveaway ke EURO 2024.

EURO 2024 ticket

Setelah melanjutkan, pengguna akan diminta untuk mengisi formulir dengan nama, nomor telepon, dan alamat mereka. Kampanye ini sangat tepat sasaran, menyasar karyawan dan mitra perusahaan korban, yang berarti penipu akan memanfaatkan segala keuntungan untuk menyusup ke infrastruktur target.

Penipuan kripto

Penipu memanfaatkan popularitas EURO 2024 dengan menjual koin khusus yang menampilkan pemain populer, menjanjikan keuntungan yang mengesankan. Misalnya, para ahli Kaspersky menemukan skema yang melibatkan koin yang diberi nama Harry Kane.

fake harry kane coin

Koin-koin ini banyak dipromosikan oleh penipu melalui ledakan email dan platform media sosial seperti Twitter, Facebook, dan Telegram. Para trader iyang bersemangat, tidak ingin ketinggalan, buru-buru membeli koin tersebut, sehingga menaikkan harganya. Begitu harga meningkat, para penipu menjual kepemilikan mereka, menyebabkan nilai koin anjlok dalam hitungan menit.

Streaming palsu/bajakan

how to watch euro 2024 safely 01
Layanan streaming bajakan yang menajikan tontonan gratis berbagai pertandingan di EURO 2024.

Pengguna online juga harus tetap waspada, karena para ahli Kaspersky telah menemukan platform streaming palsu yang menawarkan liputan acara eksklusif dengan harga murah. Selain membocorkan pembayaran dan data pribadi, situs-situs ini mungkin memiliki kerentanan XSS bawaan yang memungkinkan penyerang mengontrol browser Anda.

Toko merchandise palsu

Para ahli juga menemukan toko online palsu yang menjual perlengkapan fandom: seragam, syal, topi, dan lainnya dengan diskon 40%. Tentu saja, mereka yang terpikat tidak pernah menerima barang yang tersebut.

“Skema penipuan memanfaatkan peristiwa besar memiliki pola yang lazim—penipu hanya mengubah daya tariknya berdasarkan tren terkini. Namun, kita tidak boleh meremehkannya, karena mereka terus beradaptasi dan menemukan cara baru untuk mendapatkan keuntungan. Misalnya, penemuan kami baru-baru ini mengenai penipuan aset kripto mengeksploitasi nama pemain populer menunjukkan kemampuan mereka dalam memanfaatkan peluang yang muncul,” ungkap Olga Svistunova, pakar keamanan di Kaspersky.

how to watch euro 2024 safely 02
Toko merchandise palsu yang menjual perlengkapan sepak bola terkait ajang EURO 2024.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang cara tetap aman saat menikmati Kejuaraan Eropa 2024, kunjungi Kaspersky Daily.

Agar tetap aman dari penipuan, para ahli Kaspersky membagikan beberapa tips penting berikut ini:

  • Verifikasi Keaslian: Hanya membeli tiket, merchandise, atau layanan dari sumber resmi dan bereputasi baik. Periksa situs web resmi acara untuk penjual resmi.
  • Bersikaplah Skeptis terhadap Penawaran: Jika suatu penawaran tampak terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, mungkin itu penipuan. Berhati-hatilah terhadap diskon besar dan penawaran
    eksklusif, terutama jika penawaran tersebut berasal dari sumber yang tidak diketahui.
  •  Amankan Data Anda: Hindari berbagi informasi pribadi dan keuangan di situs web asing. Pastikan situs web aman dengan mencari "https" di URL dan simbol gembok di bilah browser.
  • Gunakan Perangkat Lunak Keamanan: Selalu perbarui perangkat lunak antivirus dan keamanan Anda untuk melindungi dari serangan malware dan phishing. Kaspersky Premium melindungi penggunanya dari segala jenis phishing dan penipuan.
  • Mengedukasi Diri Sendiri: Tetap terinformasi tentang taktik penipuan yang umum dan cara mengenalinya. Ikuti pembaruan dari pakar keamanan siber dan sumber resmi.
Tags: , , , , ,


COMMENTS