July 17, 2024

UD Trucks Resmi Luncurkan Truk Quester dengan Transmisi Otomatis ESCOT di GIIAS 2024. Ini Keunggulannya!

Penulis: Iwan RS
UD Trucks Resmi Luncurkan Truk Quester dengan Transmisi Otomatis ESCOT di GIIAS 2024. Ini Keunggulannya! 

Mobitekno – UD Trucks meluncuran truk Quester baru dengan transmisi otomatisnya yang disebut ESCOT di pameran terbesar paruh kedua Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 (17/7/2024). Truk inovatif ini diklaim membawa standar baru dalam industri angkutan truk di tanah air.

UD Trucks Quester menawarkan efisiensi bahan bakar yang lebih baik, kenyamanan berkendara, dan produktivitas operasional. Ketiga selling point tersebut dianggap sejalan dengan tema pamera GIIAS tahun ini, yaitu “Driving the Future Mobility” serta komitmen Indonesia terhadap pembangunan keberlanjutan dan ramah lingkungan.

ESCOT (Easy and Safe Controlled Transmission) disebutkan akan menghadirkan solusi komprehensif bagi truk Quester berkat hadirnya transmisi otomatis ESCOT. Harapannya, UD Trucks Quester dapat menjawab kebutuhan bisnis akan truk bukan hanya efisien, tapi juga sederhana (simple) dan cerdas (smart).

UD Trucks 4

Seperti diketahui, peningkatan harga bahan bakar telah menjadi masalah besar bagi industri transportasi secara global termasuk di Indonesia. Meningkatnya biaya overhead memberikan tekanan pada bisnis/perusahaan.

Hadirnya transmisi ESCOT (ESCOT automated manual transmission/AMT) menjadikan truk Quester bukan hanya lebih hemat bahan bakar tapi juga lebih mudah dan nyaman dikendarai pengguna. Hadirnya transmisi ESCOT pada truk pengangkut menjadi terobosan bagi bisnis untuk mengurangi biaya operasional secara signifikan.

UD Trucks 1

Johan Kleinsteuber, Wakil Presiden International Sales UD Trucks Corporation menyatakan bahwa melihat adanya permintaan yang lebih tinggi terhadap keselamatan, efisiensi bahan bakar yang lebih baik, waktu operasional yang maksimal, dan kepedulian terhadap lingkungan.

“Bersama dengan mitra terpercaya kami, Astra Grup, kami berkomitmen untuk terus memberikan Kehidupan yang Lebih Baik kepada pelanggan kami dengan truk global yang inovatif serta layanan yang dibutuhkan dunia saat ini. Keberhasilan pelanggan sangat penting, kami di UD Trucks berkomitmen untuk terus Melangkah Lebih Jauh untuk mendukung bisnis mereka,” tambah Johan.

Keunggulan UD Trucks Quester dengan ESCOT

UD Trucks Quester dengan ESCOT AMT (Easy and Safe Controlled Transmission) menawarkan beberapa kelebihan dibandingkan dengan truk Quester reguler dengan transmisi manual.

ESCOT AMT secara otomatis memilih gigi yang optimal untuk kondisi mengemudi, sehingga membantu meningkatkan efisiensi bahan bakar dan menghemat biaya bahan bakar. UD Trucks mengklaim bahwa Quester dengan ESCOT AMT dapat mencapai penghematan bahan bakar hingga 5% dibandingkan dengan Quester manual.

ESCOT AMT juga menghilangkan kebutuhan untuk pengemudi menginjak kopling dan mengganti persneling secara manual, sehingga menghasilkan pengalaman berkendara yang lebih halus dan santai. Hal ini dapat membantu mengurangi kelelahan pengemudi, terutama saat mengemudi di lalu lintas stop-and-go.

UD Trucks 6

ESCOT AMT juga memungkinkan pengemudi untuk lebih fokus pada jalan/lalu lintas dan tidak terganggu karena harus mengontrol gearbox. Ini menjadikannya lebih fokus dan waspada sehingga dapat membantu meningkatkan produktivitas pengemudi dan armada.

ESCOT AMT dapat membantu meningkatkan keselamatan dengan mengurangi kemungkinan pengemudi membuat kesalahan saat mengganti persneling. Transmisi ini juga memiliki fitur anti-stall yang membantu mencegah truk mogok di tanjakan.

Oleh karena truk Quester dengan ESCOT AMT menghilangkan kebutuhan puntuk menginjak kopling, hal ini secara langsung mebawa dampak untuk memperpanjang masa pakai kopling dan mengurangi biaya perawatan.

Fitur-fitur utama di UD Trucks Quester dengan ESCOT

1. Mekanisme yang sama seperti pada transmisi manual untuk menjaga keandalan dan keakraban driverpada transmisi manual.

2. Perpindahan gigi transmisi yang dikontrol secara elektronis. demi memastikan pergantian gigi yang presisi dan efisien.

3. Transmisi 12-Speed Automated Manual Transmission untuk menyeimbangkan tenaga dan efisiensi.

4. Bobot 353kg (kotak aluminium) untuk bobot keseluruhan truk yang lebih ringan dan efisiensi bahan bakar yang lebih baik.

5. Simple Shift Pattern: Sakelar +/- manual yang mudah digunakan untuk kenyamanan pengemudi.
SMART

 

UD Trucks 3

6. Automatic Shift Selection, perangkat lunak canggih yang memilih gigi yang tepat untuk kemampuan berkendara yang optimal dan efisiensi bahan bakar.

7. Advanced Software untuk meningkatkan kinerja dan mengurangi kelelahan pengemudi.

8. Greater Comfort and Living Space yang dirancang untuk menyediakan lingkungan kerja yang lebih baik bagi pengemudi.

“Fitur-fitur canggih dan kinerja superior Quester telah melampaui ekspektasi saya. Truk ini pasti akan membantu bisnis saya mencapai efisiensi dan keberlanjutan yang lebih baik. Saya bangga bermitra dengan UD Trucks dalam mendorong masa depan logistik di Indonesia”, ujar Alexandre, Direktur PT Alifindotama, konsumen pemakai pertama truk Quester dengan transmisi ESCOT.

Selain menampilkan Quester dengan transmisi otmoatis ESCOT, booth UD Trucks juga menghadirkan tiga truk lainnya, yakni 2 unit traktor GWE410 6×4 dengan transmisi ESCOT dan traktor GKE280 4×2 dengan ABS untuk transportasi Petro Chemical.

Dengan tambahan transmisi baru ini, UD Trucks telah melengkapi jajaran produknya dan merencanakan penjualan Quester dengan ESCOT sebesar 30% dari total unit Quester GWE410 di tahun depan. Target ambisius ini mencerminkan keyakinan UD Trucks akan kemampuan produk dalam memenuhi kebutuhan pasar dan komitmennya untuk mendorong masa depan mobilitas di Indonesia.

Tags: , , , , , ,


COMMENTS