July 16, 2024

Akuisisi Silo AI Senilai 665 Juta Dolar, AMD Perkuat Solusi AI untuk Berbagai Sektor Industri

Penulis: Iwan RS
Akuisisi Silo AI Senilai 665 Juta Dolar, AMD Perkuat Solusi AI untuk Berbagai Sektor Industri 

Mobitekno – AMD baru saja mengumumkan penandatanganan perjanjian definitif untuk mengakuisisi Silo AI, salah satu perusahaan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) swasta terbesar di Eropa, yang berbasis di Helsinki, Finlandia.

Perjanjian untuk proses akuisisi bernilai transaksi sekitar U$665 juta ini menjadi langkah awal untuk memulai strategi AMD dalam memperkuat posisinya di lanskap AI yang berkembang pesat, khususnya dalam ranah semikonduktor.

Langkah AMD ini selaras dengan tren yang lebih luas di industri semikonduktor, di mana para pemain utama berlomba-lomba meningkatkan kemampuan AI mereka. Intel, Nvidia, dan Samsung juga telah melakukan akuisisi dan investasi signifikan dalam beberapa tahun terakhir.

AMD Silo

Selama ini Silo AI diakui atas keahliannya dalam mengembangkan model, platform, dan solusi AI terdepan untuk berbagai industri. Akuisisi ini membawa tim ilmuwan dan insinyur AI kelas dunia ke dalam AMD, memperkuat kemampuan perusahaan dalam membangun solusi AI yang disesuaikan untuk kebutuhan bisnis.

Dikenal sebagai perusahaan laboratorium AI, Silo terdiri dari para ilmuwan dan insinyur AI kelas dunia yang berpengalaman dalam mengembangkan model, platform, dan solusi AI. Solusi yang dikembangkan Silo umumnya dirancang untuk dapat menyesuaikan kebutuhan perusahaan-perusahaan terkemuka, termasuk yang mencakup pasar komputasi cloud.

Akusisi Silo hadirkan solusi AI dari AMD yang lebih komprehensif dan terintegrasi

“Permintaan akan solusi AI yang berkinerja tinggi dan hemat energi terus meningkat. Akuisisi Silo AI memungkinkan kami untuk menghadirkan solusi AI yang lebih komprehensif dan terintegrasi, mulai dari chip hingga perangkat lunak, untuk memenuhi kebutuhan pelanggan kami di berbagai industri,” ujar Vamsi Boppana, Senior VP AMD AI Group.

AMD hq Santa Clara California

“Tim Silo AI, yang terdiri dari para pakar AI terpercaya dan pengalaman yang telah terbukti dalam mengembangkan model dan solusi AI yang terdepan, akan semakin mempercepat strategi AI kami dan memajukan pengembangan dan penerapan solusi AI secara cepat untuk pelanggan global kami,” tambah Vamsi.

Menurutnya, sebaga perusahaan yang sudah dikenal dengan spesialisasinya dalam solusi berbasis AI menyeluruh, AMD meyakini jika Silo AI dapat membantu pelanggan mengintegrasikan AI dengan cepat dan mudah ke dalam produk, layanan, dan operasi mereka.

Portofolio solusi AI dari Silo yang menjalankan operasional bisnisnya di kawasan Eropa dan Amerika Utara ini mencakup pasar industri yang cukup beragam. Ini terlihat dari beberapa pelanggannya, seperti Allianz, Philips, Nokia, Rolls-Royce, dan Unilever.

AMD Silo 02

Silo AI juga dikenal karena menciptakan large language model (LLM) open-source yang canggih, seperti Poro dan Viking—yang dilatih bersama kolaborator dari perguruan tinggi ternama—pada platform AMD selain platform model SiloGen. Perusahaan yang berdiri sejak 2017 ini adalah pionir dalam meningkatkan pelatihan LLM pada LUMI, superkomputer tercepat di Eropa yang didukung oleh lebih dari 12.000 GPU AMD Instinct MI250X.

Dengan akuisisi yang rencananya akan dirampungkan pada semester kedua 2024 ini, Peter Sarlin, CEO dan Co-Founder Silo AI, direncanakan akan melanjutkan kepemimpinan dengan menjadi bagian dari AMD Artificial Intelligence Group, dan bertanggungjawab langsung kepada Vamsi Boppana selaku Senior VP Artificial Intelligence AMD.

Sarlin
Peter Sarlin yang sebelumnya menjadi CEO dan pendiri Silo AI juga merupakan profesor di Universitas Aalto dengan spesialisasi AI dan pembelajaran mesin (ML).

Akuisisi Silo AI ini menandai serangkaian akuisisi dan investasi perusahaan terbaru untuk mendukung strategi AMD AI. Perusahaan yang berbasis di Santa Clara, California, Amerika Serikat ini telah menginvestasikan lebih dari US$125 juta di puluhan perusahaan AI dalam 12 bulan terakhir dan juga mengakuisisi Mipsology dan Nod.ai untuk memperluas ekosistem AI AMD, mendukung mitra, dan memajukan platform komputasi AMD yang terdepan.

Sebelum diakuisi AMD, Silo AI selama ini bersaing dengan beberapa perusahaan/startup AI, seperti Feedzai yang menyediakan solusi perangkat lunak deteksi penipuan keuangan, Heliocor yang berfokus pada pengembangan solusi untuk perusahaan mematuhi regulasi (RegTech), Artivatic yang mengembangkan solusi AI/ML untuk berbagai industri, Resistant AI yang menyediakan keamanan sistem otomasi keuangan berbasis AI.

Dengan diakuisisinya Silo AI oleh AMD bisa saja akan mengubah lanskap kompetisi di sektor AI mengingat teknologi yang dimilki Silo AI nantinya bakal diintegraikan dengan teknologi dan pasar AMD yang ada selama ini.

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS