March 14, 2024

Review vivo Y100 MantapY, Desain Menawan dengan Performa Tidak Mengecewakan

Penulis: Desmal Andi
Review vivo Y100 MantapY, Desain Menawan dengan Performa Tidak Mengecewakan  

Mobitekno – Februari 2024, vivo menghadirkan inovasi terbaru dalam rangkaian Y Series melalui smartphone unggulan, vivo Y100 5G. Smartphone ini hadir dengan tampilan yang memukau. Desainnya cukup revolusioner karena menggunakan material kulit Fiber Premium di bagian belakangnya. Inovasi ini tentu tidak hanya memberikan sentuhan eksklusif, tetapi juga menampilkan penampilan yang elegan.

Brand vivo memang selalu berinovasi di setiap produknya. Tidak hanya dari sisi desain yang terlihat menarik. Smartphone ini juga menyajikan berbagai peningkatan pengalaman, baik untuk bekerja, aktivitas hobi, hingga hiburan. Apalagi vivo juga menyematkan teknologi Anti-Stain Coating yang membuat smartphone ini tangguh terhadap gangguan noda dan cipratan air.

Untuk pasar Indonesia, vivo memberikan dua opsi warna menarik, yaitu hitam onyx dan ungu anggrek. Kedua warna ini cukup menarik untuk meningkatkan penampilan penggunanya saat digunakan sehari-hari. Mobitekno sendiri diberi kesempatan beberapa minggu untuk mengulas vivo Y100 5G MantapY dengan opsi warna ungu anggrek. Nah, berikut ini ulasannya.

vivo Y100

Kelengkapan

vivo Y100 5G hadir dengan kotak kemasan berwarna putih yang terlihat cukup kompak. Di dalamnya tersimpan rapi smartphone dan berbagai kelengkapan pendukungnya. vivo memang masih memanjakan konsumen dengan menyediakan item pendukung smartphone secara lengkap sehingga konsumen tinggal memakainya saja, tanpa harus memikirkan pembelian item pendukung lainnya. Berikut ini detail dalam boks:

  1. Smartphone vivo Y100 5G dengan opsi warna ungu anggrek
  2. Jelly case transparan untuk pelindung smartphone
  3. Buku petunjuk singkat dan kartu garansi
  4. SIM Card Ejector
  5. Kabel USB Type C untuk charger dan data
  6. Adapter 80W FlashCharge

vivo Y100

Desain

Seperti yang sudah diinfokan sebelumnya, vivo Y100 5G ini membawa desain yang inovatif dan menyegarkan bagi pengguna setianya. Apalagi dua opsi warna yang disediakan bisa meningkatkan penampilan penggunanya sehari-hari. vivo Y100 5G memang tidak hanya terlihat estetik, tetapi juga memiliki sentuhan tekstur yang mewah berstandar flagship.

Semua fitur tersebut disematkan dalam 2.5D Metallic Frame yang sangat ramping dan ringan dengan ketebalan sekitar 7.99mm dan berat 191g untuk varian Ungu Anggrek dan 7.79mm dan 185g untuk varian Hitam Onyx.

Kita lihat saja dari bagian layar. Di sini vivo sudah menggunakan AMOLED 120Hz dengan ukuran layar 6,67 inci. Screen to body ratio-nya sekitar 86,8 persen. Sementera resolusiya sudah mencapai 1080 x 2400 piksel dengan rasio layar 20:9. Dengan layar seperti ini, pengguna diberikan kepuasan visual yang menakjubkan dengan warna yang kaya dan lebih tajam.

vivo Y100
Layar AMOLED 120Hz

Di bagian atas layar juga tersemat kamera depan atau kamera selfie. Kamera ini memiliki kemampuan 8MP f/1.8 wide yang mendukung video 1080p 30fps. Ada 4 mode yang bisa digunakan untuk kamera depan ini, yaitu portraits, night, Photo, dan video. Tidak hanya itu, di kamera depan ini, vivo juga memberikan filter dan light effects yang cukup banyak.

Di sisi kiri tidak ada tombol fitur apapun, namun di sebelah kanan terdapat tombol volume dan power yang meyatu dengan metallic frame yang elegan. Kesan mewah terlihat jelas di sini.

Di sisi atas hanya terdapat lubang mikrofon saja. Sementara di sisi bawah terdapat slot SIM Card, port USB type C, lubang mikrofon, dan lubang speaker. Tidak ada jack audio 3,5mm di smartphone ini. Jadi, pengguna harus menggunakan jenis wireless headphone atau TWS. Bisa juga menggunakan adapter type C ke jack audio jika masih ingin menggunakan headphone berkabel.

Sekarang beralih ke sisi belakang. Di sinilah terlihat perbedaan desain yang begitu nyata, membuatnya berbeda dengan smartphone lain di segmen yang sama. Walaupun menggunakan material kulit fiber, namun tidak perlu khawatir saat terkena cipratan air. Vivo sudah mendesain material ini dibalut dengan Anti-Stain coating. Material ini juga menguntungkan pengguna saat memegang smartphone. Smartphone jadi terlihat kokoh dalam genggaman, karena tidak terasa licin.

vivo Y100
Sisi belakang dilengkapi dua kamera mumpuni

Di bagian belakang ini juga terdapat konfigurasi kamera utama 50MP wide dan 8MP ultrawide. Kamera utama ini mampu memberikan kemudahan pada pengguna untuk untuk menangkap momen kebersamaan dengan orang terdekat. Terlebih lagi, kamera vivo Y100 5G juga dilengkapi berbagai fitur yang siap menghadirkan gambar atau video berkualitas tinggi di berbagai situasi, seperti Super Night Mode untuk memotret dalam kondisi pencahayaan yang minim, Bokeh Flare Portrait untuk memberikan efek bokeh yang unik pada gambar, Dual-View Video untuk merekam video secara bersamaan menggunakan kamera belakang dan depan, dan Flicker Sensor untuk menjamin gambar tanpa efek berkedip saat memotret objek berbasis LCD.

Fitur dan Performa

Kami menggunakan smartphone ini beberapa minggu sehingga bisa dirasakan kelebihan-kelebihan yang ada di vivo Y10 5G. Bahan kulit fiber memang sangat membantu pengguna saat memegang smartphone di berbagai kondisi, membuatnya tidak licin sehingga tidak perlu khawatir smartphone akan mudah jatuh. Namun, bukan hanya desain yang menjadi daya tarik smartphone ini, tetapi juga jeroan dan performanya.

vivo Y100
material kulit fiber yang membuatnya tidak licin

Untuk hardwarenya, vivo Y100 5G memang menggunakan chipset Snapdragon 4 Gen 2 (4nm). Memang terkesan masih menggunakan chipset yang usianya sudah cukup lama. Namun ternyata, walaupun Gen 4, tetapi chipset ini sudah mendapatkan pengembangan, sehingga diproduksi dengan fabrikasi 4nm. Chipset ini masih didukung oleh GPU Adreno 613. Untuk performa chipset ini, mari kita lihat saja dari hasil pengukuran benchmark.

Untuk storage yang digunakan adalah 128GB, walaupun vivo juga menyediakan opsi storage 256GB. Memorinya sendiri adalah 8GB+8GB RAM. Sementara UI-nya sudah menggunakan FunTouch OS 14 yang berbasis Android 14. Jadi, tidak perlu ketinggalan berbagai fitur Google terkini.

vivo Y100 5G juga membawa pengalaman audio terdepan dengan menghadirkan Dual Stereo Speaker pertama di vivo dengan fitur Audio Booster untuk meningkatkan volume maksimum hingga 300%, menjadikan pengalaman menikmati konten di media sosial atau menonton serial drama favorit lebih imersif dan mengesankan.

Menjadi hal menarik karena vivo menggunakan baterai 5000mAh yang cukup menunjang aktivitas seharian penuh. Daya baterai besar ini masih dilengkapi dengan teknologi pengisian daya cepat 80W FlashCharge yang merupakan teknologi pertama di lini Y-Series. Dengan teknologi ini, ponsel dapat mengisi setengah baterai dalam waktu 15 menit saja, menjadikan vivo Y100 5G sebagai ponsel dengan teknologi pengisian daya tercepat di kelasnya saat ini. Teknologi tersebut juga didukung oleh Nighttime Charging Protection dan 24-Dimension Security Protection, yang memberikan perlindungan menyeluruh saat melakukan pengisian baterai di malam hari sesuai dengan kebiasaan tidur pengguna.

Bagaimana untuk gaming? Tenang saja. Smartphone ini sudah mengantisipasi para penggemar game yang cukup antusias dengan menyediakan fitur Utra Game Mode. Di sini, pengguna tidak hanya bisa meningkatkan performa smatphone untuk gaming, tetapi juga bisa menyingkirkan berbagai gangguan, seperti notifikasi atau panggilan telpon. Gamer juga bisa memunculkan sidebar dan menggunakan tema esports di dalamnya. Kami memang tidak memainkan game yang cukup berat seperti Genshin Impact. Akan tetapi, untuk game seperti Asphalt 9 atau Mobile Legend, smartphone ini bisa menjalankan game tersebut dengan sangat halus alias tidak ada lag.

Sekarang bagaimana dengan fitur keamanannya? Ini juga tenang saja. Selain terdapat fitur Digital Wellbeing dan parental control yang memang bawaan Google, vivo Y100 5G juga memiliki Screen Touch ID yang bisa menyediakan keamanan ekstra. Fitur ini juga memudahkan pengguna dalam membuka akses smartphone.

Kami juga mengukur smartphone ini dengan beberapa aplikasi benchmark, dan ini hasilnya.

Sementara untuk foto-foto, bisa dilihat berikut ini.

Spesifikasi

Layar

AMOLED 120Hz 6,67 inci 1080 x 2400 px

Chipset

Snapdragon 4 Gen 2 (4nm)

GPU

Adreno 613

Sistem Operasi

Fun Touch OS 14 (android 14)

Dimensi / Berat

163.2 x 75.8 x 7.8 mm / 185,5 gram

Memori

128GB/8GB RAM, 256GB/8GB RAM

Kamera Belakang

50MP + 8MP Ultrawide

Kamera Belakang

8MP

Baterai

5000 mAh + 8W Fast Charging

SIM Card

Dual SIM

Warna

hitam onyx dan ungu anggrek

Kesimpulan

Melalui vivo Y100 5G, brand vivo tidak hanya menonjolkan desain menarik, tetapi juga memberikan peningkatan signifikan dalam pengalaman pengguna sehari-hari. Dengan teknologi Anti-Stain Coating, smartphone ini menjadi tangguh terhadap noda dan cipratan air, menambah daya tahan dan kepraktisan.

Dengan pilihan warna hitam onyx dan ungu anggrek, vivo juga memberikan opsi yang menarik untuk meningkatkan penampilan pengguna. Ulasan oleh Mobitekno mengenai vivo Y100 5G dengan warna ungu anggrek memberikan gambaran yang komprehensif tentang kelengkapan dan kelebihan smartphone ini. Sementara dalam hal desain, vivo Y100 5G tidak hanya estetik tetapi juga nyaman digenggam. Dengan fitur layar AMOLED 120Hz yang menakjubkan, kamera depan 8MP yang mendukung berbagai mode, dan konfigurasi kamera belakang yang kuat, smartphone ini menawarkan pengalaman visual dan fotografi yang memukau.

Dibalut dalam 2.5D Metallic Frame yang ramping dan ringan, vivo Y100 5G menawarkan pengalaman premium. Meskipun tanpa jack audio 3.5mm, fitur-fitur seperti Dual Stereo Speaker dan Audio Booster meningkatkan pengalaman audio secara signifikan.

Performa smartphone ini tidak kalah menarik dengan chipset Snapdragon 4 Gen 2 yang dioptimalkan dan teknologi pengisian daya cepat 80W FlashCharge yang memungkinkan pengisian setengah baterai dalam waktu 15 menit. Fitur Utra Game Mode juga menjamin pengalaman gaming yang mulus dan tanpa gangguan.

vivo Y100

 

Tags: , ,


COMMENTS