September 13, 2024

Telkomsel Gandeng Ericsson Hadirkan Showcase Jaringan 5G di PON XXI Aceh-Sumut 2024

Penulis: Iwan RS
Telkomsel Gandeng Ericsson Hadirkan Showcase Jaringan 5G di PON XXI Aceh-Sumut 2024 

Mobitekno – Sebagai salah satu penyedia layanan telekomunikasi digital terkemuka di tanah air, Telkomsel menggandeng Ericsson, pemimpin global di bidang ICT, untuk menghadirkan jaringan 5G dengan teknologi terkini serta use case inovatif berbasis teknologi 5G dalam ajang olahraga Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 yang digelar di dua provinsi sekaligus, yaitu Aceh dan Sumatera Utara.

Ada fakta menarik dari ajang olahraga multi-cabang terbesar di Indonesia, selain merupakan gelaran PON pertama kalinya dalam sejarah digelar digelar dua provinsi sekaligus (Aceh dan Sumatera Utara), PON XXI juga mencatatkan rekor sebagai PON dengan jumlah cabang olahraga terbanyak yang dilombakan.

PON XXI Aceh Sumut 2024

Mengingat PON XXI menjadi ajang yang menyita perhatian banyak pihak, kebutuhan akan layanan komunikasi pun dipastikan akan meningkat di dua provinsi ini. Operator seluler Telkomsel harus mempersiapkan jaringan yang kuat dan stabil untuk menampung lonjakan pengguna dan aktivitas data selama acara.

Ini termasuk menambah kapasitas jaringan, memasang BTS baru di lokasi strategis, dan memastikan kualitas sinyal tetap baik dalam segala kondisi. Dengan jaringan yang baik, seluruh aktivitas selama PON, mulai dari siaran langsung hingga koordinasi panitia, dapat berjalan lancar.

Foto 1 Ericsson PON XXI
VP Area Network Operations Sumatera Telkomsel Nugroho Adi Wibowo, Vice President Ericsson Indonesia Mutia Wulandari, VP Consumer Business Area Sumatera Telkomsel Mulya Budiman sedang berinteraksi dengan AI UU Robot dengan menggunakan jaringan 5G saat pembukaan PON XXI Aceh-Sumut 2024 kemarin, Senin (09/09).

Persiapan yang matang dari operator seluler sangat penting untuk keberhasilan PON XXI. Selain menunjang kelancaran acara, jaringan yang baik juga memberikan kenyamanan bagi atlet, ofisial, media, dan penonton. Ini juga berkontribusi pada promosi daerah dan peningkatan perekonomian lokal. Singkatnya, jaringan telekomunikasi yang handal adalah tulang punggung dari suksesnya sebuah ajang sebesar PON.

Telkomsel dan Ericsson lakukan penguatan dan optimalisasi jaringan di berbagai lokasi

Untuk memastikan kelancaran komunikasi dan memberikan pengalaman digital terbaik selama PON XXI Aceh-Sumut 2024, Telkomsel bekerja sama dengan Ericsson telah melakukan berbagai upaya penguatan dan optimalisasi kapasitas serta kualitas jaringan di seluruh venue utama dan pendukung acara.

Semua upaya ini dilakukan untuk memberikan pengalaman konektivitas berkecepatan tinggi yang andal bagi seluruh peserta, termasuk di lokasi-lokasi penting, seperti Stadion Harapan Bangsa Banda Aceh, Sumut Sport Center, wisma atlet, bandara, tempat penginapan, media center dan area strategis lainnya.

Foto 2 Ericsson PON XXI
Suasana booth Telkomsel dan Ericsson di ajang PON XXI di Aceh. Tampak pada foto, VP Consumer Business Area Sumatera Telkomsel Mulya Budiman mencoba teknologi Wearable Glass, sebuah use case 5G yang memungkinkan pengguna menikmati momen spesial secara langsung sambil berbagi konten di social media real-time dengan dukungan teknologi Uplink (UL) dan Downlink (DL) untuk memastikan pengalaman streaming yang lancar dan berkualitas tinggi.

Telkomsel dan Ericsson menghadirkan beberapa use case 5G unggulan, diantaranya adalah AI UU Robot berteknologi 5G yang dapat disesuaikan dan dimodifikasi sesuai dengan permintaan dan kebutuhan industri, termasuk olahraga dan berinteraksi melalui perintah suara, visual, serta gerakan.

Ada juga Wearable Glass & VR Streaming, yang memungkinkan pengguna menikmati momen spesial secara langsung sambil berbagi konten real-time dengan dukungan teknologi Uplink (UL) dan Downlink (DL) untuk memastikan pengalaman streaming yang lancar dan berkualitas tinggi. Serta, Immersive Sports Fan Engagement yang memungkinkan penggemar melakukan kegiatan komunikasi interaktif dengan atlet favoritnya dan mengendalikan suasana pertandingan olahraga favorit dari jarak jauh.

Vice President Ericsson Indonesia, Mutia Wulandari mengatakan bahwa Ericsson dengan senang hati dapat mendukung Telkomsel dalam perhelatan besar seperti PON dalam mempersiapkan jaringan 5G yang terdepan guna memberikan pengalaman digital yang terbaik selama acara berlangsung.

Foto 3a Ericsson PON XXI
(Ki-Ka) VP Area Network Operations Sumatera Telkomsel Nugroho Adi Wibowo, Vice President Ericsson Indonesia Mutia Wulandari, dan VP Consumer Business Area Sumatera Telkomsel Mulya Budiman sedang mencoba use case Immersive Sports Fan Engagement menggunakan 5G slicing dan teknologi terkini. Demo ini salah satunya menggambarkan peluang bagi sport club untuk memaksimalkan business value.

“Kami berharap seluruh kalangan masyarakat dapat menikmati konektivitas yang cepat dan berkualitas tinggi. Ericsson senantiasa berkomitmen untuk terus berinovasi dan memberikan teknologi terkini bagi Telkomsel dan juga untuk Indonesia guna mendukung digital transformasi di Tanah Air,” tambah Mutia.

Direktur Planning & Transformation Telkomsel, Wong Soon Nam mengatakan bahwa Telkomsel berkomitmen untuk terus memperluas akses pemanfaatan teknologi terkini 5G bagi masyarakat, salah satunya melalui showcase 5G di PON XXI Aceh-Sumut 2024.

“Seluruh use case 5G yang dihadirkan merupakan bagian dari upaya dan semangat kami yang terinspirasi oleh semangat Indonesia untuk menggerakan kemajuan dengan menghadirkan pengalaman menarik yang tidak hanya menambah keseruan gelaran olahraga terbesar di Indonesia ini, tetapi juga memberikan wawasan baru tentang potensi teknologi 5G dalam meningkatkan kualitas hidup di berbagai aspek. Dengan hadirnya showcase 5G ini, kami berharap pengunjung dapat merasakan langsung manfaat dan potensi teknologi ini dalam mendukung kehidupan sehari-hari,” pungkasnya.

Tags: , , , , , , , ,


COMMENTS