May 13, 2024

Spektakuler, Astra Tunjukkan Kolaborasinya dengan Maliq & D’Essentials di CFD Jakarta

Penulis: Desmal Andi
Spektakuler, Astra Tunjukkan Kolaborasinya dengan Maliq & D’Essentials di CFD Jakarta  

Mobitekno – Astra kembali menunjukkan komitmennya dalam menginspirasi masyarakat untuk menemukan semangat baru melalui pertunjukan langsung mini konser bertajuk #TemukanSemangatBarumu. Pada Minggu pagi (12/5), Halte Transjakarta Bundaran HI Astra menjadi saksi dari kolaborasi yang menghadirkan grup musik Maliq & D’Essentials, yang juga memiliki semangat yang sama dalam mendorong masyarakat untuk melakukan hal-hal positif untuk hari ini dan masa depan Indonesia.

Pertunjukan mini konser ini bukan hanya sekadar hiburan semata, tetapi juga merupakan upaya Astra untuk memberikan semangat baru kepada masyarakat, terutama mereka yang berada di Jakarta, untuk menemukan semangat baru dalam kehidupan sehari-hari. Melalui penggabungan seni musik dengan tempat umum seperti Halte Transjakarta, Astra menciptakan ruang yang nyaman bagi masyarakat untuk merasakan energi positif dan inspirasi yang dibawa oleh musik.

Chief of Corporate Affairs Astra, Riza Deliansyah, menegaskan bahwa kolaborasi dengan seniman-seniman Indonesia adalah bagian dari komitmen Astra dalam mendukung industri kreatif tanah air serta memberikan dukungan kepada generasi muda untuk terus berkontribusi dalam pembangunan bangsa. Hal ini merupakan wujud konkret dari nilai-nilai perusahaan yang selaras dengan semangat kemajuan Indonesia.

#TemukanSemangatBarumu sendiri telah digelar sebelumnya pada Desember 2023, dengan menggandeng RAN dan GAC pada Februari 2024. Tujuan acara ini adalah untuk menyebarkan semangat, inspirasi, dan motivasi kepada masyarakat agar turut aktif dalam berkontribusi untuk kemajuan negara. Melalui pertunjukan ini, Astra ingin membangkitkan semangat kebangsaan dan rasa kepemilikan akan masa depan Indonesia yang lebih baik.

Astra
Maliq & D’Essentials

Dukungan Astra untuk Industri Kreatif

Selain melalui mini konser, Astra juga menunjukkan dukungannya terhadap industri kreatif Indonesia dengan melibatkan seniman muda, seperti Yessiow, asal Bali. Yessiow diundang untuk memberikan sentuhan baru pada Halte Transjakarta Bundaran HI Astra melalui karya ilustrasi yang menggambarkan semangat Astra dalam berbagai aspek kehidupan. Langkah ini tidak hanya memberikan platform bagi seniman muda untuk berekspresi, tetapi juga memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk mengapresiasi seni dan budaya lokal.

Semangat Astra dalam mendukung kemajuan bangsa tidak hanya tercermin dalam kegiatan-kegiatan seperti mini konser dan kolaborasi seni, tetapi juga dalam komitmen perusahaan terhadap pembangunan berkelanjutan. Dengan mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) Indonesia, Astra menegaskan peran pentingnya dalam menciptakan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat secara keseluruhan.

Kolaborasi antara perusahaan besar seperti Astra dengan seniman-seniman lokal adalah contoh nyata bagaimana sektor swasta dapat berperan dalam memajukan industri kreatif tanah air. Melalui dukungan finansial, promosi, dan platform yang disediakan, perusahaan seperti Astra tidak hanya membantu memperluas jangkauan karya seniman-seniman lokal, tetapi juga memperkuat identitas budaya Indonesia secara keseluruhan.

Pertunjukan mini konser dan kolaborasi seni seperti ini juga memiliki dampak jangka panjang yang signifikan bagi pembangunan sosial dan ekonomi. Dengan menghadirkan seni dan budaya ke ruang publik, masyarakat dapat merasakan manfaat langsung dari ekspresi kreatif dan inspiratif ini. Selain itu, melalui platform seperti ini, para seniman juga memiliki kesempatan untuk memperluas jejaring mereka, meningkatkan eksposur mereka, dan pada gilirannya, meningkatkan potensi pendapatan mereka.

Astra
Suasana CFD di Bundaran HI Jakarta

Tidak hanya itu, kolaborasi antara perusahaan dan seniman juga dapat membantu menciptakan lapangan kerja baru dalam industri kreatif. Dengan meningkatnya permintaan akan konten kreatif, terutama di era digital saat ini, peluang bagi individu yang berbakat dalam bidang seni seperti musik, seni visual, dan desain grafis semakin terbuka lebar.

Selain memberikan manfaat ekonomi, kolaborasi semacam ini juga dapat memperkuat hubungan antara perusahaan dan masyarakat secara keseluruhan. Dengan menghadirkan pertunjukan langsung dan karya seni di tempat-tempat umum, perusahaan seperti Astra memperkuat ikatan dengan masyarakat, menciptakan rasa kepemilikan yang lebih kuat, dan memperkuat citra merek sebagai agen perubahan positif dalam masyarakat.

Namun, penting untuk diingat bahwa kolaborasi semacam ini harus dilakukan dengan memperhatikan kepentingan dan kebutuhan semua pihak yang terlibat. Seniman harus diberikan pengakuan yang pantas atas karya-karya mereka dan diberikan kompensasi yang sesuai dengan nilai seni yang mereka hasilkan. Selain itu, perusahaan juga harus memastikan bahwa kolaborasi semacam ini tidak hanya berorientasi pada keuntungan komersial semata, tetapi juga bertujuan untuk memberikan nilai tambah bagi masyarakat dan industri kreatif secara keseluruhan.

Dengan menjaga keseimbangan antara kepentingan bisnis, kebutuhan seniman, dan manfaat bagi masyarakat, kolaborasi antara perusahaan seperti Astra dengan seniman-seniman lokal memiliki potensi besar untuk memperkaya budaya dan ekonomi Indonesia secara keseluruhan. Melalui langkah-langkah konkret seperti mini konser, pameran seni, dan dukungan finansial, perusahaan swasta dapat menjadi mitra yang berharga dalam memajukan industri kreatif tanah air menuju masa depan yang lebih cerah.

Tags: , , ,


COMMENTS