September 10, 2024

Smartfren dan ZTE Berkolaborasi Hadirkan Inovasi RAN Native-AI untuk Jaringan Lebih Optimal

Penulis: Desmal Andi
Smartfren dan ZTE Berkolaborasi Hadirkan Inovasi RAN Native-AI untuk Jaringan Lebih Optimal 

Mobitekno – ZTE Corporation, perusahaan global yang menyediakan solusi teknologi informasi dan komunikasi, bersama dengan Smartfren, operator telekomunikasi dan TIK ternama di Indonesia, berhasil menerapkan teknologi komputasi RAN berbasis Native-AI secara komersial. Implementasi ini meningkatkan pengalaman pengguna sebesar 15% dan meningkatkan lalu lintas jaringan sebesar 5%.

Dengan semakin berkembangnya layanan aplikasi, jaringan seluler menghadapi tantangan yang lebih dari sekadar menangani koneksi dalam jumlah besar. Pengalaman pengguna yang berbeda, seperti kecepatan tinggi untuk streaming video HD dan latensi rendah untuk game online, membutuhkan pendekatan jaringan yang menyesuaikan kebutuhan aplikasi tersebut. Kondisi ini mendorong percepatan penerapan kecerdasan buatan ke dalam sistem RAN.

ZTE

RAN ZTE berbasis Native-AI dari ZTE dan Smartfren

Teknologi komputasi RAN ZTE berbasis Native-AI memadukan komunikasi dan komputasi di stasiun basis, sehingga memaksimalkan potensi infrastruktur jaringan. Karena menjadi elemen terdekat dengan pengguna, sistem ini sangat efisien dalam mengalokasikan sumber daya radio sesuai dengan kebutuhan aplikasi dan perangkat pengguna, memastikan kualitas pengalaman pengguna yang maksimal.

Shurish Subbramaniam, CTIO PT Smartfren Telecom Tbk, mengungkapkan bahwa penerapan komputasi RAN ini merupakan langkah penting dalam integrasi AI dengan jaringan seluler. Dengan memperkenalkan IT RAN ke dalam infrastruktur jaringan, akan tercipta peluang baru untuk meningkatkan efisiensi data. Teknologi ini juga berpotensi meningkatkan kepuasan pelanggan dan meningkatkan lalu lintas data karena pengalaman internet yang lebih baik. Di era 5G, teknologi komputasi RAN ZTE akan berperan penting dalam mengoptimalkan biaya kepemilikan total (TCO).

Smartfren Community ZTE

Sementara itu, Richard Liang, Presiden Direktur ZTE Indonesia, menambahkan bahwa kolaborasi dengan Smartfren terus memacu inovasi dalam jaringan nirkabel, menghadirkan solusi yang mendukung transformasi digital Smartfren.

Ke depannya, ZTE berencana melanjutkan kolaborasi dengan Smartfren untuk mendorong inovasi dan transformasi digital. Dengan kerjasama strategis ini, kedua perusahaan akan berkomitmen untuk mengubah lanskap digital dan berkontribusi terhadap pengembangan kehidupan digital serta ekonomi digital yang lebih luas.



COMMENTS