July 10, 2024

Review POCO F6, Sodorkan Performa Ekstrem, Bikin Kompetitor Ketar-ketir

Penulis: Desmal Andi
Review POCO F6, Sodorkan Performa Ekstrem, Bikin Kompetitor Ketar-ketir  

Mobitekno – Nama POCO di Indonesia sudah semakin dikenal oleh para penggemar gadget di Tanah Air. Sebagai sub-brand dari Xiaomi, POCO juga tak henti-hentinya untuk meluncurkan smartphone terbaru di Indonesia. Tentu saja, yang paling ditunggu-tunggu oleh para POCO Fans di Tanah Air adalah kehadiran POCO F Series terbaru. Datang sebagai smartphone unggulan, F Series dari POCO selalu menawarkan tak hanya performa extreme, tetapi juga harga yang terbilang extreme, jika tak mau disebut menggiurkan.

Kita pun tentunya masih ingat, pada tahun 2023 lalu, tepatnya pada bulan Juni, POCO telah meluncurkan POCO F5. Saat diluncurkan di Indonesia, smartphone tersebut jadi yang pertama dijejali chipset Snapdragon 7+ Gen 2. Satu hal yang tak kalah menarik, POCO pun begitu percaya diri untuk memasarkan smartphone tersebut dengan harga yang terbilang “wow” bagi para penggemar flagship killer. Ya, POCO saat pertama kali meluncurkan POCO F5 di Indonesia, smartphone tersebut ditawarkan mulai dari harga Rp 4 jutaan.

Nah, pada tahun ini, POCO tampaknya akan kembali membuat gebrakan di pasar Indonesia dengan meluncurkan POCO F6. Sebagai penerus POCO F5, smartphone ini pun juga membawa performa extreme, dan POCO sesumbar bahwa smartphone ini akan dipasarkan dengan harga yang tidak bikin kantong jebol. Seperti diungkap oleh POCO, untuk menunjang performanya, POCO F6 akan dibekali dengan chipset flagship terbaru dari Qualcomm, yakni Snapdragon 8s Gen 3.

Meski POCO belum secara terbuka menyebutkan kapan smartphone flagship killer-nya ini akan mendarat di pasar Indonesia, POCO kembali memberi kesempatan kepada Mobitekno untuk mereview POCO F6. Selama dua minggu, smartphone ini menemani aktivitas liputan. Tak hanya sekadar dipakai untuk memotret dan berselancar di dunia maya, smartphone ini juga digunakan untuk bermain game, nonton film dan mendengarkan musik. Untuk itu, hasil review-nya bisa dibaca hingga akhir tulisan ini.

POCO F6
POCO F6

Kelengkapan

 Ditempatkan sebagai smartphone flagship killer yang memiliki performa extreme, POCO F6 dipasarkan dalam sebuah boks yang minimalis dengan balutan dominan warna hitam. Pada bagian muka boks tersebut tertulis dengan jelas, “POCO F6” berwarna kuning. Ada juga sticker yang menandakan produk original “Garansi Resmi POCO – Kami Buatan Indonesia di salah satu sudutnya. Sementara, pada bagian boks belakang, POCO memuat informasi spesifikasi yang dimuat ke dalam POCO F6, mulai dari layar, chipset, baterai, hingga kamera.

Unit POCO F6 yang Mobitekno review adalah warna Hitam, dengan RAM 12GB dan penyimpanan internal 512GB. Hingga review ini ditulis, POCO memang belum mau menyebutkan varian memori berapa saja yang akan dipasarkan di Indonesia. Tentunya kita berharap, POCO akan menawarkan beberapa pilihan terkait dengan memorinya, ini seperti yang ditawarkan oleh POCO ketika meluncurkan POCO F5 ke Indonesia. Nah, saat dibuka, boks POCO F6 memuat, antara lain:

  1. Smartphone POCO F6 dengan warna Hitam alias Black;
  2. Softcase berwarna abu-abu tua untuk melindungi smartphone;
  3. SIM Card Ejector;
  4. Buku petunjuk singkat dan Kartu garansi;
  5. Ucapan “Terima Kasih” yang bisa digunakan sebagai pembatas halaman buku alias bookmark;
  6. Sticker
  7. Kabel USB Type A to C
  8. Adapter 90W
POCO F6
Kelengkapan POCO F6

Desain

Seperti seri pendahulunya, POCO memang tampaknya merancang POCO F6 dengan desain yang minimalis. Meski begitu, smartphone ini terlihat begitu solid dan punya bodi tongkrongan yang elegan, teruma pada bagian belakangnya. Pada smartphone ini, POCO menempatkan dua buah kamera yang disusun secara vertikal dengan masing-masing memiliki cincin sebagai modul rumah kameranya yang tampak begitu mencolok. Ya, menariknya, kedua kamera belakang ini dipayungi oleh lapisan kaca yang begitu solid dan tahan benturan.

Tak ketinggalan, POCO juga menempatkan LED flash yang juga dirancang menyerupai cincin, persis di sebelah kedua kamera belakang yang ada. Perlu kamu tahu, hanya ada dua LED flash yang disematkan pada POCO F6 ini. Namun, dengan kepiawaian POCO, LED flash tersebut sangat membantu untuk memotret di lingkungan minim cahaya atau sebagai sumber penerangan saat melewati jalan yang gelap. Masih di area dekat kamera belakangnya, POCO juga menyematkan teks bertuliskan “50MP OIS” serta logo khas POCO berwarna silver.

POCO F6 yang ada di tangan Mobitekno ini berwarna Hitam. Ya, keseluruhan bodi bagian belakang smartphone ini memang berwarna Hitam, tetapi POCO memberikan sentuhan glitter sehingga tampak begitu solid. Menariknya lagi, bodi belakang smartphone ini tidak mudah kotor oleh sidik jari, meskipun terasa licin. Namun, jika tak mau bodinya cepat kusam atau khawatir lecet karena benturan, kamu bisa melindunginya dengan softcase atau casing fleksibel yang disediakan oleh POCO dalam paket penjualannya.

POCO F6
Bagian belakang

Sekarang, mari kita bergeser ke bagian tampilan. Seperti kebanyakan smartphone pada umumnya, POCO F6 juga memiliki layar berukuran 6,67 inci. Sebagai sebuah perangkat komunikasi yang bakal bertempur di kelas unggulan, POCO pun mendadani smartphone ini dengan layar AMOLED, yang memiliki resolusi 1220 x 2712 piksel. Ya, resolusi layar yang dimiliki oleh POCO F6 ini sudah meningkat dibandingkan dengan pendahulunya. POCO juga memperkaya layar smartphone ini dengan refresh rate 120Hz.

Jika kamu mengajak POCO F6 ini ke luar rumah alias dioperasikan di bawah terik matahari, kamu pun tak perlu khawatir. Smartphone yang sudah ditopang dengan dukungan HDR10+ dan Dolby Vision ini juga memiliki tingkat kecerahan maksimal 2400nits.Fitur penting lainnya termasuk peredupan PWM 1920Hz serta touch sampling rate 480Hz untuk respon yang lebih cepat selama bermain game. Kamu juga tak perlu risau ketika mengoperasikan smartphone ini saat jari basah, karena layarnya punya daya tanggap yang presisi.

POCO F6
Desain layar depan POCO F6

Sementara itu, agar panel layar POCO F6 ini tidak mudah tergores, POCO juga sudah memproteksinya dengan lapisan Corning Gorilla Glass Victus. Selain itu, POCO pun meramu layar smartphone ini dengan bezel yang begitu tipis sehingga benar-benar tampak begitu premium. Menambah kesan mewah, smartphone flagship killer ini pun juga dipercantik dengan sentuhan punch-hole sebagai rumah kamera depannya yang menampung lensa 20MP.

Masih dengan sektor tampilan, kamu juga bisa melindungi smartphone ini menggunakan fitur biometrik, yakni pemindai sidik jari. Karena POCO F6 datang dengan panel AMOLED, POCO menempatkan fitur keamanan biometriknya itu pada layar, bukan lagi pada tombol daya, dan untuk proses pemindaiannya pun terbilang cepat. Jika kamu enggan menggunakan pemindai sidik jari, fitur untuk mengunci layar smartphone ini juga bisa dengan cara memasukkan PIN atau Pattern. Dengan begitu, smartphone ini benar-benar bisa terlindungi.

Berpindah ke bagian bingkai atau frame, POCO masih mempertahankan desain flat, dan ini mengikuti desain layarnya yang juga flat. Ketebalannya hanya 8 mm dan bobotnya kurang dari 200 gram. Sama seperti penutup bodi bagian belakang, POCO juga menggunakan material plastik polikarbonat untuk bingkainya. Meski begitu, POCO berhasil membuat smartphone ini tidak tampak ringkih meskipun menggunakan material yang telah disebutkan. Bahkan, sentuhan warna Hitam pada POCO F6, menjadikan smartphone ini benar-benar terasa solid.

Tombol volume dan daya ditempatkan di sisi bingkai sebelah kanan. Sedangkan pada sisi bingkai bagian atas, POCO memuat lubang speaker yang bersanding dengan IR Blaster atau pemancar inframerah, dan lubang mikrofon. Ya, POCO masih menyematkan IR Blaster yang menjadikan POCO F6 bisa kamu gunakan sebagai remote control untuk menyalakan perangkat elektronik di rumah, seperti TV atau AC. Bingkai bagian bawah memuat memuat slot untuk SIM Card, lubang mikrofon, port USB Type-C dan lubang speaker.

Dari penjelasan di atas, POCO F6 tiba dengan dengan dukungan dual speaker stereo. Tentunya ini menarik untuk kamu yang ingin me-time sambil menonton film, mendengarkan musik atau bermain game menggunakan smartphone ini. Namun, smartphone ini tidak punya baki untuk menyimpan kartu microSD. Dengan kata lain, kamu harus pusa dengan kapasitas penyimpanan yang tersedia. Sebagai contoh, POCO F6 yang ada di tangan Mobitekno ini memiliki kapasitas penyimpanan internal 512GB.

Fitur & Performa

 POCO yang masih menjadi bagian dari Xiaomi, membekali POCO F6 dengan sistem operasi Xiaomi HyperOS yang didukung Android 14. Tentunya kamu tak perlu khawatir karena transisi pergantian antar layar pun terasa begitu lancar. Apalagi seperti yang telah disebutkan sebelumnya, smartphone ini menggunakan panel layar AMOLED dengan refresh rate yang terbilang tinggi, yakni 120Hz. Selain itu, lancarnya pengoperasian semua aplikasi yang terpasang pada smartphone ini juga tak lepas dari RAM yang begitu besar.

Ya, POCO F6 yang ada di tangan Mobitekno ini memiliki RAM 12GB dengan tambahan RAM virtual hingga 8GB. Dukungan RAM yang begitu besar tentunya bisa menghasilkan performa tinggi. Apalagi, smartphone ini juga telah dibekali dengan chipset Snapdragon 8s Gen 3 dari Qualcomm, yang memiliki core CPU 8 inti alias Octa Core dengan fabrikasi 4nm. Kombinasi semua itu tak hanya membuat POCO F6 lebih cepat dan efisien, tetapi juga mampu menjawab kebutuhan pengguna yang memerlukan perangkat lebih stabil dan responsif.

Dukungan chipset Snapdragon 8s Gen 3 tidak cuma mampu meningkatkan performa POCO F6, tetapi juga memberikan pengalaman pengguna yang lebih cerdas, nyaman dan menyenangkan. Hal ini rupanya tak lepas dari fitur AI yang dimiliki. Ya, kemampuan AI memang menjadi daya tarik dari Snapdragon 8s Gen 3 yang memungkinkan smartphone terbaru dari POCO ini mengoptimalkan berbagai fitur cerdas sehingga membuat perangkat menjadi lebih personal, serta memiliki sistem keamanan yang lebih canggih.

Didukung dengan RAM besar serta chipset yang bertenaga, lalu bagaimana dengan internal storagenya? Seperti yang telah disinggung di atas, POCO F6 telah dibekali penyimpanan internal dengan kapasitas 512GB. Sayangnya, smartphone ini tidak dilengkapi dengan slot untuk menampung kartu microSD. Dengan kata lain, kamu yang tertarik membeli smartphone ini harus puas dengan kapasitas penyimpanan yang ada. Namun, asal kamu tahu, internal storage dengan kapasitas 512GB bisa menyimpan hingga 50 ribu foto HD, 8 ribu lagu, serta hingga 120 game berukuran besar.

Tak kalah penting, kamu juga harus tahu kapasitas baterai yang dimiliki oleh smartphone ini. Ya, POCO F6 telah diperkaya dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh. Tentu saja, baterai sebesar itu mampu mendukung aktivitas penggunanya seharian penuh. Menariknya lagi, POCO juga memberikan dukungan pengisian cepat 90W Turbo Charging pada perangkatnya, dan hal ini juga diimbangi dengan adanya kepala charger dengan kecepatan pengisian yang sama dalam paket penjualannya. Pengisian 2% ke 100% hanya butuh waktu sekitar setengah jam.

Penasaran dengan performa yang dimiliki oleh POCO F6, Mobitekno pun menguji langsung smartphone ini untuk bermain game. Walau tidak secara khusus datang sebagai smartphone gaming, namun dukungan RAM besar dan chipset yang bertenaga menjadikan POCO F6 mampu melibas game-game favorit yang sering dimainkan oleh kebanyakan penggemar game mobile, mulai dari PUBG Mobile hingga Genshin Impact. Menariknya lagi, POCO juga melengkapi smartphone ini dengan fitur Game Turbo.

Tak hanya menguji langsung performa smartphone ini dengan cara memainkan beberapa game, Mobitekno juga mengukur POCO F6 dengan beberapa aplikasi benchmark, dan hasilnya bisa kamu lihat seperti di bawah ini:

Kamera

Dari ulasan di atas tentunya bisa dipahami bahwa POCO F Series, termasuk POCO F6 yang akan segera diluncurkan oleh POCO di Indonesia datang sebagai smartphone yang menawarkan performa extreme. Hal ini bisa dirasakan dari dukungan chipset yang disematkan ke dalam smartphone tersebut. Meski begitu, POCO tampaknya juga tidak mengabaikan sektor kamera, yang memang sering ditanyakan oleh banyak orang ketika ingin membeli sebuah smartphone baru.

Nah, terkait dengan dukungan kamera yang disematkan oleh POCO ke dalam POCO F6, smartphone ini telah dibekali dengan kamera utama yang memiliki lensa wide 50MP di bagian belakang dengan aperture f/1.6, bukan lagi 64MP dan bersanding dengan lensa ultra-wide 8MP. Kamera utamanya itu juga telah dibekali dengan OIS. Ya, dengan adanya OIS bisa membantu smartphone ini menjaga gambar tetap stabil dan tajam, bahkan dalam kondisi cahaya yang kurang alias low-light atau saat mengambil foto dan video dengan gerakan.

Berbeda dengan POCO F5, pada smartphone barunya ini POCO tidak lagi memuat lensa makro. Tentu saja, hal ini sangat disayangkan mengingat tak sedikit pabrikan smartphone yang masih memuat lensa tersebut untuk mengakomodir penggemar foto makro. Meski begitu, POCO menghadirkan dukungan Dual LED flash yang diramu lebih terang sehingga dapat membantu kamu jika ingin memotret dengan bantuan pencahayaan. Sementara, untuk kamu yang suka foto selfie, POCO F6 telah dibekali kamera depan 20MP dengan aperture f/2.2.

Nah, berbicara aplikasi Camera yang ada pada POCO F6, POCO menyediakan beragam mode pemotretan yang bisa dipilih. Jika kamu hobi memotret dengan mengatur banyak hal, mulai dari ISO, White Balance hingga Auto Focus, kamu bisa memilih mode pemotretan Pro. Kamu juga dapat membawa POCO F6 untuk menikmati keindahan lampu-lampu kota pada malam hari karena POCO juga menyematkan mode pemotretan Night. Mode pemotretan lainnya yang bisa kamu gunakan adalah Photo, Portrait, Document, dan Panorama.

Untuk mendapatkan hasil foto yang berkualitas dengan resolusi tinggi, kamu tentunya bisa memanfaatkan opsi 50MP. Hanya saja, jika kamu getol menggunakan opsi tersebut, foto-foto yang dihasilkan akan lebih cepat menghabiskan ruang penyimpanan yang ada. Sebab, memotret dengan opsi 50MP, ukuran file foto yang dihasilkan bisa mencapai lebih dari 12MB. Dan perlu diingat, POCO F6 hanya dibekali dengan penyimpanan internal 512GB, kamu tidak bisa menambahkannya dengan kartu microSD.

Tak kalah menarik, di dalam aplikasi Camera yang ada pada POCO F6, kamu juga bisa menciptakan foto Long Exposure dengan lebih mudah. Bahkan, POCO benar-benar memanjakan penikmat foto ini dengan beberapa pilihan filter yang ada, seperti Moving Crowd, hingga Star Trails. Ya, POCO setidaknya menghadirkan hingga 6 filter untuk benar-benar memberi kemudahan kamu untuk menciptakan foto Long Exposure yang diinginkan.

Lalu, bagaimana jika POCO F6 kamu gunakan untuk merekam video? Mode perekaman video yang disediakan oleh smartphoone ini juga sangat beragam. Selain mode Video, kamu juga bisa menghasilkan perekaman video menggunakan mode Slow Motion, Time Lapse dan Short Film. Ya, mode perekaman video terakhir yang disebutkan tentunya sangat cocok untuk kamu yang tertarik ingin menciptakan video vlog dengan durasi pendek. Lagi dan lagi, dalam mode Short Film ini pun kamu diberikan keleluasaan untuk memilih filter yang diinginkan.

Sementara itu, untuk perekaman video dengan kamera belakang, kamu bisa menghasilkan video hingga resolusi 4K 30fps. Dengan kamera depan, video yang dihasilkan maksimal adalah FHD alias 1080p 60fps. Kamu juga dapat menggunakan POCO F6 ini untuk merekam menggunakan kamera depan dan belakang sekaligus, atau yang disebut dengan Dual Video. Untuk menemukan mode tersebut, kamu bisa masuk ke dalam mode Short Film dan tap pilihan Dual Video.

Contoh Foto:

Spesifikasi

Produk POCO F6
Warna Black, Green, dan Titanium
Ukuran Tinggi: 160.5mm, Lebar: 74.4mm, Tebal: 7.8mm,
Bobot 179g
Tipe SIM Card Dual SIM, dual standby (5G+5G, 5G+4G)
Layar 6.67″ CrystalRes 1.5K Flow AMOLED DotDisplay, Refresh rate up to 120Hz
Sistem Operasi Xiaomi HyperOS
Chipset  

Snapdragon® 8s Gen 3

Storage 8GB + 256GB / 12GB + 512GB
Kamera Depan 20MP
Kamera Belakang 50MP main camera dan 8MP ultra-wide camera
Baterai 5000mAh dengan dukungan 90W turbo charging
Harga Rp4.899.000 (8+256)

Rp5.499.000 (12+512)

Kesimpulan

POCO di pasar Indonesia terus berkomitmen untuk membawa POCO F Series ke Indonesia, sebagai smartphone dengan performa extreme yang ditawarkan dengan harga yang tidak bikin jebol kantong penggunanya. Di tahun ini, POCO menghadirkan POCO F6, sebagai penerus POCO F5 yang diluncurkan tahun lalu. Lagi dan lagi, POCO pun menawarkan smartphone POCO F Series terbarunya ini dengan dukungan spesifikasi yang tidak bisa dipandang sebelah mata oleh para kompetitornya.

Pertama-tama, dari sektor tampilan, POCO F6 yang dipasarkan di Indonesia menyajikan panel layar AMOLED berukuran 6,67 inci dengan resolusi 1220 x 2712 piksel. Resolusi layar yang dimiliki oleh POCO F6 ini sudah meningkat dibandingkan dengan pendahulunya. POCO juga memperkaya layar smartphone ini dengan refresh rate 120Hz. Diproteksi Gorilla Glass Victus dari Corning, layar smartphone ini juga sudah ditopang dengan dukungan HDR10+ dan Dolby Vision ini juga memiliki tingkat kecerahan maksimal 2400nits.

Sementara itu, untuk dapur pacunya, POCO F6 yang berjalan dengan sistem operasi Xiaomi HyperOS dan didukung Android 14 telah dibekali dengan chipset flagship Snapdragon 8s Gen 3 dari Qualcomm. Ini adalah chipset cerdas yang dibangun dengan fabrikasi 4nm dan memiliki arsitektur CPU Octa Core dengan konfigurasi satu core Cortex-X4 3,0GHz & empat core Cortex-A720 2,8GHz & tiga core Cortex-A520 2,0GHz. Chipset ini juga sudah terintegrasi dengan GPU Adreno 735 untuk mendongkrak performa grafisnya.

POCO F6
POCO F6

Tak ketinggalan, POCO F6 juga telah dibekali RAM hingga 12GB, yang tentunya untuk memanjakan para penggunanya yang suka membuka banyak aplikasi. POCO pun masih menyelipkan fitur untuk menambah RAM secara virtual hingga 8GB. Dengan kata lain, bagi pengguna yang tertarik memiliki smartphone ini bisa merasakan RAM hingga 20GB. Selain itu, smartphone ini juga memiliki penyimpanan internal hingga 512GB, yang sayangnya tidak bisa diperluas menggunakan kartu microSD.

Untuk sektor catu daya, pengguna POCO F6 akan dipuaskan dengan kapasitas baterai sebesar 5.000 mAh, yang ditambah dengan kemampuan pengisian cepat 90W Turbo Charging. Ya, kemampuannya sudah lebih cepat dibandingkan pendahulunya. Tak butuh waktu lama jika smartphone ini kehabisan daya di tengah-tengah pemakaian. Sebab, pengisian daya mulai dari 2% hingga penuh alias 100% hanya butuh waktu kurang dari setengah jam. Nah, bagi pengguna yang suka bermain game, smartphone ini juga sudah dibekali Game Turbo.

Terakhir, bagi pengguna POCO F6 yang tertarik memotret atau membuat konten video menggunakan smartphone ini, POCO telah memuat dukungan kamera utama 50MP di bagian belakang. Pengguna pun tak perlu risau jika suka narsis di sejumlah destinasi menarik, seperti taman kota, pantai atau tempat wisata lainnya karena smartphone ini pun sudah dibekali kamera depan yang Mobitekno simpulkan sangat mumpuni, yakni 20MP. Dan jika kamu tertarik membeli smartphone ini, POCO F6 dibanderol mulai dari harga Rp …………

Tags: , , ,


COMMENTS