August 7, 2024

Digital Intelligence Operations Center (DIOC), Era Baru Telekomunikasi Berbasis AI dari Indosat

Penulis: Desmal Andi
Digital Intelligence Operations Center (DIOC), Era Baru Telekomunikasi Berbasis AI dari Indosat 

Mobitekno – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) telah mencatatkan pencapaian besar dalam transformasi digitalnya dengan meluncurkan Digital Intelligence Operations Center (DIOC). Fasilitas canggih ini menunjukkan komitmen kuat Indosat dalam memanfaatkan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) untuk memberikan layanan terbaik kepada lebih dari seratus juta pelanggan di seluruh Indonesia.

DIOC diresmikan oleh Vikram Sinha, President Director dan CEO Indosat Ooredoo Hutchison, bersama jajaran manajemen dan komisaris perusahaan, serta Simon Lin, President Huawei Asia-Pacific Region dan timnya. Peluncuran ini juga menggarisbawahi kemitraan strategis antara Indosat dan Huawei. DIOC dirancang sebagai pusat operasi jaringan Indosat yang menyediakan wawasan real-time dan manajemen layanan proaktif, menggabungkan keandalan fungsi Network Operations Center (NOC) dan Service Operations Center (SOC).

Menurut Vikram Sinha, President Director dan CEO Indosat Ooredoo Hutchison, “Digital Intelligence Operations Center adalah langkah penting dalam mencapai ambisi kami untuk menjadi perusahaan telekomunikasi berbasis AI. Dengan DIOC, Indosat tidak hanya meningkatkan kinerja jaringan tetapi juga merevolusi layanan pelanggan. Integrasi teknologi canggih dan pengembangan talenta menjadi kombinasi yang kuat dalam menetapkan standar baru untuk kinerja jaringan dan kepuasan pelanggan. Kolaborasi ini penting untuk mewujudkan misi kami dalam menghubungkan dan memberdayakan setiap masyarakat Indonesia melalui konektivitas digital.”

DIOC
Peresmian Digital Intelligence Operation Center dari Indosat

DIOC dan Kemitraan Strategis Indosat-Huawei

DIOC menawarkan wawasan jaringan real-time yang memungkinkan Indosat beralih dari pendekatan reaktif ke manajemen layanan proaktif dengan data waktu nyata untuk mengoptimalkan kinerja jaringan. DIOC juga menyediakan manajemen layanan end-to-end, termasuk kinerja, pengalaman aplikasi, dan kualitas layanan, yang mempercepat penyelesaian masalah pelanggan. Kemampuan DIOC dalam mengintegrasikan analisis data dan teknologi mutakhir mendorong inovasi berbasis data yang berkelanjutan, memungkinkan Indosat mengembangkan produk dan layanan baru yang berfokus pada pelanggan serta memimpin dalam kemajuan layanan digital.

Peluncuran ini juga memperkuat kemitraan antara Indosat dan Huawei, dengan tujuan bersama untuk meningkatkan infrastruktur jaringan, mempercepat transformasi digital, dan mengembangkan talenta unggul bagi masa depan digital Indonesia. Solusi ICT canggih dan kepemimpinan teknologi Huawei akan membantu Indosat membangun jaringan yang berorientasi masa depan, otomatis, dan cerdas, memastikan fleksibilitas untuk memenuhi kebutuhan digital pelanggan yang dinamis.

Simon Lin, President of Huawei Asia-Pacific Region, menyatakan, “Peluncuran Digital Intelligence Operations Center (DIOC) Indosat adalah pencapaian luar biasa, menandai era baru dalam kerja sama untuk mengembangkan pusat inovasi dan menyambut manajemen jaringan cerdas. Kolaborasi ini berdasarkan kemitraan strategis jangka panjang kami dengan Indosat, yang menunjukkan komitmen bersama untuk terus memberikan pengalaman jaringan yang luar biasa. Sebagai inovator teknologi, pelopor industri, dan kontributor lokal di wilayah ini, Huawei berkomitmen untuk menggunakan solusi inovatif kami guna membantu pelanggan mencapai kesuksesan bisnis yang berkelanjutan dan daya saing. Bersama-sama, kita membentuk masa depan yang lebih digital, terhubung, dan cerdas untuk Indonesia.”

DIOC
Ruang operation center

Indosat telah mencapai hasil signifikan dalam transformasi digitalnya. Dalam kolaborasinya dengan Huawei melalui pusat layanan dan operasi terkelola, Indosat berhasil melakukan konsolidasi jaringan berfokus pada pengalaman dan secara signifikan meningkatkan kualitas jaringan serta pengalaman pengguna. Pengujian independen pihak ketiga menunjukkan peningkatan substansial di daerah pedesaan, perkotaan, dan pinggiran kota, dengan kecepatan unduh yang meningkat signifikan dari tahun ke tahun (YoY): 44,1% di daerah pedesaan, 43,5% di daerah perkotaan, dan 43,9% di daerah pinggiran kota. Peningkatan ini berkontribusi pada kepuasan pelanggan dan kinerja jaringan yang lebih tinggi, serta peningkatan cakupan populasi hingga 12,7 juta penduduk.

Strategi transformasi jaringan dan adopsi teknologi mutakhir yang didukung oleh kemitraan kuat dengan mitra global sangat penting untuk memberikan pengalaman yang luar biasa kepada pelanggan. Indosat dan Huawei telah memulai perjalanan kolaborasi untuk memperdalam kerja sama, dengan fokus pada infrastruktur jaringan, operasi jaringan, dan pengembangan talenta. Indosat juga menciptakan lingkungan terbuka dan kolaboratif dengan bekerja sama dengan organisasi internasional seperti TM Forum untuk mendorong inovasi dan mengeksplorasi kasus penggunaan baru bersama pemimpin industri global lainnya.

“Seiring Indosat terus menerapkan teknologi inovatif seperti digital twin networks, AI/ML, dan otomatisasi, kami tetap berkomitmen untuk menjadi katalisator masa depan digital Indonesia. Dengan memanfaatkan jangkauan jaringan yang luas dan adopsi teknologi generasi berikutnya, Indosat bertujuan untuk menghubungkan individu, bisnis, dan segala sesuatu di antaranya, membuka potensi digital di seluruh Indonesia,” tutup Vikram.

Tags: ,


COMMENTS