June 6, 2024

Cisco Indonesia Security Summit 2024, Cisco Dorong Keamanan Digital di Indonesia dengan Inovasi Terbaru

Penulis: Rizki R
Cisco Indonesia Security Summit 2024, Cisco Dorong Keamanan Digital di Indonesia dengan Inovasi Terbaru  

MobiteknoCisco sukses menggelar acara perdana Cisco Indonesia Security Summit. Acara ini berisi pemaparan strategi keamanan, pencapaian inovasi, dan rencana untuk meningkatkan kesiapan keamanan perusahaan di Indonesia. Selain itu, Cisco Indonesia Security Summit juga mengungkap pengumuman penting dari Cisco Live US, termasuk integrasi baru di Cisco Security Cloud dan inovasi terbaru seperti AI Assistant for Security dan Cisco Hypershield.

Hadir dalam media briefing Cisco Indonesia Security Summit yang digelar di Jakarta, Rabu (5/6), Marina Kacaribu, Managing Director, Cisco Indonesia menjelaskan bahwa temuan Cybersecurity Readiness Index 2024, hanya 12% perusahaan di Indonesia yang memiliki kesiapan keamanan siber yang matang. Hal ini dipengaruhi oleh faktor utama, yaini sumber daya manusia.

“Banyak perusahaan di Indonesia belum memiliki akses atau pemahaman yang memadai tentang keamanan siber. Kesadaran akan pentingnya keamanan siber seringkali hanya muncul setelah terjadi insiden. Padahal, awareness dan pemahaman merupakan kunci penting dalam menghadapi ancaman siber yang semakin kompleks,” urai Marina kepada awak media.

Dirinya menambahkan, kurangnya tenaga ahli di bidang keamanan siber merupakan tantangan signifikan. Banyak perusahaan menghadapi kesulitan dalam merekrut dan mempertahankan tenaga kerja yang kompeten dalam bidang ini.

Cisco Indonesia Security Summit

Menyinggung soal anggaran, Marina menilai banyak perusahaan yang belum memprioritaskan alokasi dana yang memadai untuk keamanan siber. Meski lebih dari setengah perusahaan baru mulai menerapkan langkah-langkah strategi keamanan, prioritas anggaran masih menjadi kendala utama.

“Namun, ada perkembangan positif. Tahun ini menunjukkan peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya. Semakin banyak perusahaan yang mencapai tingkat kematangan dalam keamanan siber, mengikuti lima kriteria utama yang telah ditetapkan,” lanjutnya.

Dirinya pun berharap ke depannya, semakin banyak perusahaan di Indonesia yang menyadari pentingnya investasi dalam keamanan siber, baik dari segi anggaran maupun pengembangan sumber daya manusia. Dengan demikian, mereka akan lebih siap menghadapi ancaman siber yang semakin canggih dan kompleks.

Inovasi Cisco dalam Keamanan dan AI

IMG 20240606 062213 scaled

Cisco Indonesia Security Summit tidak hanya fokus pada keamanan digital, tetapi juga memperkenalkan solusi AI-native pertama di industri, Cisco Nexus HyperFabric. Solusi ini dirancang untuk menyederhanakan penerapan dan pengoperasian infrastruktur AI, memberikan pelanggan keunggulan kompetitif dalam menghadapi tantangan teknologi terbesar mereka.

Momen Cisco Indonesia Security Summit juga dimanfaatkan untuk menguraikan berbagai tren yang mendominasi lanskap bisnis saat ini. Tren seperti peningkatan aplikasi, kecerdasan buatan, data hybrid, serta transformasi jaringan dan cloud menambah kompleksitas dalam mengamankan beban kerja perusahaan di ekosistem IT mereka.

Cisco juga menekankan pentingnya investasi dalam tenaga kerja digital Indonesia. “Teknologi saja tidak akan cukup mengatasi tantangan terbesar kita jika kita tidak memiliki orang yang tepat di tempat yang tepat,” ujar Marina. Melalui program Country Digital Acceleration dan Cisco Networking Academy, Cisco telah membekali lebih dari 400.000 pelajar di Indonesia dengan keterampilan teknologi yang sangat dibutuhkan, termasuk keamanan siber.

Tingkat ancaman yang semakin meningkat dan kompleks memaksa perusahaan untuk menggunakan berbagai tools keamanan yang tidak terintegrasi, menciptakan tantangan baru. Koo Juan Huat dan Peter Molloy dari Cisco, membahas evolusi teknologi keamanan Cisco dan strategi berbasis AI seperti Cisco Hypershield dan AI Assistant for Security. Inovasi-inovasi ini membantu perusahaan terhubung dengan aman dan membuat keputusan keamanan berdasarkan wawasan kontekstual dari analisa jaringan.

IMG 20240606 062108 scaled

Cisco Indonesia Security Summit untuk Keamanan di Indonesia

“Inovasi AI kami seperti Hypershield, dipadukan dengan akuisisi strategis seperti Splunk, menunjukkan komitmen kami untuk menghubungkan segala sesuatu dengan aman guna mendukung kesuksesan perusahaan di Indonesia dan wilayah ini,” kata Peter Molloy, Managing Director, Security, Cisco APJC.

Koo Juan Huat menambahkan, “Perusahaan saat ini membutuhkan platform keamanan yang memberikan visibilitas ke seluruh arsitektur dan mengintegrasikan kebijakan untuk meningkatkan postur keamanan siber mereka.”

Peluncuran Security Cloud Data Center di Indonesia

Sebagai bagian dari strategi platform keamanan, Cisco meluncurkan Security Cloud Data Center pertamanya di Indonesia. Pusat data ini menawarkan akses yang lebih aman bagi perusahaan-perusahaan di Indonesia, sekaligus mendukung regulasi data lokal untuk memperkuat perekonomian digital yang sedang berkembang pesat di Indonesia.

Melalui event Cisco Indonesia Security Summit, Cisco menegaskan komitmen mereka meningkatkan keamanan digital, serta siap mendukung perusahaan-perusahaan di Indonesia dalam menghadapi tantangan keamanan siber yang semakin kompleks.

Tags: , , , , ,


COMMENTS