July 5, 2024

Selamat! 5 Varian Pemurni Air Coway Kantongi Sertifikasi Halal LPPOM

Penulis: Rizki R
Selamat! 5 Varian Pemurni Air Coway Kantongi Sertifikasi Halal LPPOM  

MobiteknoCoway, salah satu pemain utama dalam bidang pemurnian air dan udara asal Korea Selatan, baru-baru ini mengadakan acara media gathering bertajuk “Change Your Water, Change Your Life”. Acara ini menjadi momen penting bagi Coway untuk kembali terhubung dengan media serta mengumumkan pencapaian terbarunya: mendapatkan sertifikat halal dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) untuk lima varian pemurni air yang tersedia di Indonesia. Prestasi ini menjadikan Coway sebagai “The First Halal Water Purifier from Korea”.

Sebagai bagian dari upaya memperoleh sertifikasi halal, Coway juga menjalankan berbagai kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) yang menargetkan beberapa masjid di JABODETABEK. Per Juli 2024, Coway telah mendonasikan produk pemurni air dan udara ke tujuh masjid dan berencana untuk memperluas jangkauannya. Inisiatif ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan publik, khususnya masyarakat muslim, terhadap produk Coway, serta menyediakan akses air minum murni dan berkualitas.

Selain itu, penggunaan pemurni air dari Coway membantu mengurangi penggunaan botol plastik sekali pakai, mendukung visi Coway sebagai perusahaan yang ramah lingkungan.

Pemurni air Coway

Coway terus berupaya menghadirkan lingkungan yang lebih sehat dengan memfasilitasi area publik. Pada tahun 2023, Coway menempatkan pemurni air di Istana Presiden Bogor dan sejumlah stasiun LRT, KAI, dan KRL di Jabodetabek. Langkah ini menunjukkan komitmen Coway dalam menyediakan akses air minum berkualitas di tempat-tempat strategis.

Dalam rangkaian media gathering, hadir juga Dr. Ir. Muslich, M.Si, Direktur Layanan Kemitraan dan Audit Halal LPPOM. Ia mengapresiasi proses sertifikasi halal yang dilalui Coway dengan baik. Sertifikasi ini melibatkan pemeriksaan bahan baku hingga fasilitas produksi, serta pembentukan tim manajemen halal untuk memastikan implementasi kriteria Sistem Jaminan Produk Halal (SJPH).

Kriteria Sertifikasi Produk Coway

Untuk mendapatkan sertifikasi, produk-produk Coway harus memenuhi beberapa kriteria ketat. Produk ini termasuk dalam kategori barang gunaan, sehingga proses sertifikasinya tidak hanya berlaku untuk makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 39 Tahun 2021, regulasi untuk produk pemurni air telah diselesaikan. Pengalaman ini akan mempercepat proses sertifikasi untuk produk-produk lainnya di masa depan.

IMG 20240705 181925 scaled

Muslich, M.Si, Direktur Layanan Kemitraan dan Audit Halal LPPOM menjelaskan bahwa salah satu tantangan utama dalam proses sertifikasi adalah memastikan bahwa semua komponen alat memiliki dokumentasi yang lengkap dan sesuai standar.

“Barang yang digunakan harus suci, dan proses produksi tidak boleh terkontaminasi najis. Hal ini sangat penting untuk memastikan bahwa produk yang dihasilkan benar-benar bersih dan aman digunakan,” papar Muslich.

Dampak Sertifikasi terhadap Harga dan Kualitas Pemurni Air Coway

Sertifikasi produk tidak akan memengaruhi harga secara langsung. Sebaliknya, sertifikasi ini justru menjaga dan meningkatkan kualitas produk Coway. Dengan adanya sertifikasi, konsumen dapat yakin bahwa produk yang mereka gunakan telah memenuhi standar kualitas yang tinggi.

“Meski demikian, di masa depan, penyesuaian harga mungkin saja terjadi tergantung pada kondisi pasar dan biaya produksi,” ujar Jane Oibanitehenia Gulo, Manajer Laboratorium Kualitas Air Coway.

IMG 20240705 182014 scaled

Proses sertifikasi produk adalah langkah penting untuk memastikan kualitas dan keamanan produk Coway. Dengan memenuhi kriteria yang ketat dan mengatasi tantangan dalam dokumentasi komponen alat, Coway berkomitmen untuk menyediakan produk berkualitas tinggi kepada konsumennya.

Teknologi Canggih untuk Menangkal Mikroplastik

Coway tidak hanya fokus pada aspek kehalalan, tetapi juga teknologi canggih untuk memastikan kemurnian air. Perusahaan telah bekerja sama dengan Intertek untuk menetapkan protokol pengujian yang mampu mengurangi partikel mikroplastik hingga 30 nanometer, dengan efisiensi lebih dari 99%. Hal ini menunjukkan komitmen Coway dalam menghadirkan produk berkualitas tinggi yang aman bagi konsumen.

Coway juga menyambut baik program pemerintah Indonesia yang menargetkan 100% akses air minum layak dan 15% akses air minum aman. Tony Cho, Presiden Direktur Coway Indonesia, menyatakan kesiapannya untuk berkolaborasi dengan pemerintah dan Badan Usaha Milik Negara guna mewujudkan target tersebut, sejalan dengan Sustainable Development Goals (SDGs) tahun 2023.

Coway terus menunjukkan dedikasinya dalam menyediakan produk pemurni air berkualitas tinggi, yang tidak hanya halal tetapi juga ramah lingkungan. Dengan berbagai inisiatif CSR dan penempatan produk di area publik, Coway berkomitmen untuk mendukung kesehatan masyarakat Indonesia dan memberikan kontribusi nyata dalam mewujudkan akses air minum aman bagi semua.

Tags: , , , , ,


COMMENTS