July 4, 2024

Cloudera dan OCBC NISP Berkolaborasi Wujudkan Visi Digital-First Bank di Indonesia

Penulis: Rizki R
Cloudera dan OCBC NISP Berkolaborasi Wujudkan Visi Digital-First Bank di Indonesia  

Mobitekno – Cloudera, baru saja mengumumkan kemitraannya dengan OCBC NISP untuk mewujudkan visi digital-first bank di Indonesia. Kolaborasi ini bertujuan untuk memberikan pengalaman perbankan yang lebih baik bagi nasabah dengan memanfaatkan potensi besar dari solusi AI generatif dan pengelolaan data, analitik, serta kemampuan AI dari hybrid platform Cloudera.

Tim data science internal OCBC NISP membutuhkan strategi hybrid untuk data, analitik, dan AI yang dapat berintegrasi dengan data lake bank. Ini memungkinkan para saintis data dan pengguna bisnis bekerja tanpa hambatan dengan berbagai aplikasi yang terintegrasi. Tujuannya adalah membantu bank menyediakan model-model AI berbasis transformer, kecerdasan real-time, dan rekomendasi yang dipersonalisasi kepada para nasabah.

Komang Artha Yasa, Head of Technology Division di OCBC NISP, meyakini bahwa mengadopsi teknologi adalah langkah strategis untuk memberikan nilai tambah bagi pengalaman nasabah. Penggunaan teknologi data modern dan peluncuran proyek AI generatif merupakan pencapaian penting bagi kami untuk tetap menjadi yang terdepan di industri.

Private cloud

“Teknologi dan pengalaman nasabah adalah dua hal yang tak terpisahkan dalam menyediakan solusi bagi kebutuhan nasabah,” ujarnya.

OCBC NISP, Transformasi Digital dengan AI Generatif

OCBC NISP

Menurut Sherlie Karnidta, Country Manager Cloudera Indonesia, “Sejumlah perusahaan sangat antusias memanfaatkan AI generatif untuk mengembangkan aplikasi dan tools produktivitas bagi pelanggan mereka melalui data yang berjumlah sangat besar,”

“Kami sangat antusias bekerja dengan OCBC NISP untuk membantu mereka mengembangkan platform yang ekstensif, memberikan kemudahan, dan fleksibilitas dalam mengembangkan aplikasi serta memanfaatkan tools dan frameworks untuk mendorong transformasi bisnis,” papar Sherlie.

Sebagai bagian dari strategi masa depan, OCBC NISP berencana menghadirkan AI/ML di lebih banyak sistem dan kepada lebih banyak pengguna. Institusi perbankan ini berkomitmen untuk menggandakan inovasi, efisiensi, dan pendekatan yang berpusat pada nasabah. Solusi dari Cloudera akan membantu membangun landasan yang kuat dan fleksibel, mengintegrasikan AI pada skala besar di perusahaan, serta mendorong inovasi bagi nasabah dan pelaporan regulasi.

Red Hat Ilustrasi 7

Kemitraan antara Cloudera dan OCBC NISP menjadi langkah nyata dalam transformasi digital industri perbankan di Indonesia. Dengan memanfaatkan teknologi AI generatif dan platform hybrid yang kuat, OCBC NISP siap memberikan pengalaman perbankan yang lebih baik dan inovatif bagi nasabahnya. Ini menunjukkan komitmen bank untuk tetap menjadi yang terdepan dalam industri dan memberikan solusi yang relevan dan personal bagi kebutuhan nasabah di era digital.

Tags: , , , ,


COMMENTS