August 3, 2024

Luncurkan Layanan Generatif 3D, Shutterstock dan Getty Images Bikin Desain Grafis Semakin Canggih

Penulis: Rizki R
Luncurkan Layanan Generatif 3D, Shutterstock dan Getty Images Bikin Desain Grafis Semakin Canggih 

Mobitekno – Desainer dan seniman kini memiliki cara baru untuk meningkatkan produktivitas mereka dengan bantuan AI generatif yang dilatih menggunakan data berlisensi. Platform terkemuka untuk konten kreatif, Shutterstock, baru-baru ini meluncurkan layanan Generatif 3D dalam versi beta komersial. Layanan ini memungkinkan pembuat konten untuk dengan cepat membuat prototipe aset 3D dan menghasilkan latar belakang 360 HDRi yang menerangi pemandangan, hanya dengan menggunakan perintah teks atau gambar.

Layanan Generatif 3D dari Shutterstock memberikan kemudahan bagi desainer dan seniman untuk menciptakan objek 3D dengan cepat. Fitur ini sangat berguna untuk membuat prototipe atau mengisi lingkungan virtual. Misalnya, seniman dapat dengan cepat membuat peralatan makan dan piring di meja ruang makan, sehingga mereka dapat fokus mendesain karakter di sekitarnya.

Aset 3D yang dihasilkan siap diedit menggunakan alat pembuatan konten digital dan tersedia dalam berbagai format file populer. Geometri dan tata letaknya yang bersih memberikan seniman titik awal yang maju untuk menambahkan sentuhan kreatif mereka sendiri.

IMG 20240802 WA0007

Di konferensi grafis komputer SIGGRAPH, Shutterstock akan mendemonstrasikan alur kerja di Blender yang memungkinkan seniman menghasilkan objek langsung di jendela digital mereka, yang disebut viewport. Selain itu, HP akan menampilkan cetakan 3D dan prototipe fisik yang dirancang oleh peserta menggunakan Generatif 3D.

Getty Images, pembuat dan pasar konten visual terkemuka, juga telah meningkatkan layanan Generative AI by Getty Images. Model AI generatif terbaru dari Getty Images mampu menghasilkan gambar dua kali lebih cepat, meningkatkan kualitas keluaran, dan memberikan kontrol tingkat lanjut serta penyesuaian yang lebih baik. Layanan ini memungkinkan seniman untuk mengontrol komposisi dan gaya gambar dengan lebih rinci, serta mengatur parameter kamera seperti kedalaman bidang atau panjang fokus bidikan.

Model AI yang digunakan oleh Getty Images dibangun dengan perancangan AI visual NVIDIA menggunakan arsitektur AI generatif multimodal NVIDIA Edify. Model ini dioptimalkan dan dikemas untuk kinerja maksimum dengan NVIDIA NIM, serangkaian layanan mikro yang dipercepat untuk inferensi AI. Dengan menggunakan NVIDIA DGX Cloud, penyedia layanan dapat melatih model generatif yang bertanggung jawab pada data berlisensi mereka dan menskalakannya dengan cepat.

Layanan Generatif 3D Shutterstock, Pencahayaan Virtual Menjadi Nyata

Shutterstock

Menyalakan pemandangan virtual dengan pantulan akurat sering kali merupakan tugas yang rumit. Layanan Generatif 3D Shutterstock memudahkan pengguna untuk mendeskripsikan lingkungan yang mereka butuhkan dalam teks atau gambar, dan hasilnya adalah gambar panorama rentang dinamis tinggi (HDRi) dalam resolusi 16K yang cemerlang. Misalnya, desainer dapat dengan mudah menciptakan latar belakang yang sempurna untuk menampilkan mobil sport baru di berbagai lokasi seperti padang pasir, pantai tropis, atau jalan pegunungan yang berkelok-kelok.

Tiga perusahaan, yaitu WPP, studio CGI Katana, dan Dassault Systèmes, berencana untuk mengintegrasikan API HDRi 360 Shutterstock langsung ke dalam alur kerja mereka untuk menghasilkan visualisasi kelas atas dan konten 3D untuk dunia virtual.

images

AI Generatif dari Getty Images kini dilengkapi dengan fitur-fitur baru yang memungkinkan seniman untuk mengontrol komposisi dan gaya gambar dengan lebih baik. Pengguna dapat menghasilkan empat gambar dalam waktu sekitar enam detik dan menskalakannya hingga resolusi 4K.

Selain itu, model dasar yang aman secara komersial memungkinkan perusahaan untuk menyesuaikan AI dengan data mereka sendiri, sehingga mereka dapat menghasilkan gambar yang disesuaikan dengan gaya kreatif merek spesifik mereka.

Kontrol baru dalam layanan ini mendukung penggunaan sketsa atau peta kedalaman untuk memandu komposisi atau struktur gambar. Materi iklan di Omnicom, pemimpin global dalam solusi pemasaran dan penjualan, menggunakan layanan Getty Images untuk menyederhanakan alur kerja periklanan dan membuat konten sesuai merek dengan aman.

Kemajuan AI generatif dari Shutterstock dan Getty Images membawa perubahan besar dalam cara desainer dan seniman bekerja. Dengan kemampuan untuk dengan cepat membuat prototipe dan latar belakang yang realistis, serta kontrol yang lebih baik atas komposisi dan gaya gambar, AI generatif membantu para kreatif untuk lebih fokus pada aspek artistik dari pekerjaan mereka. Integrasi teknologi ini ke dalam alur kerja sehari-hari akan semakin mempercepat proses kreatif dan meningkatkan kualitas hasil akhir.

Tags: , , , ,


COMMENTS