August 1, 2024

Catat SPK 1.113 Unit, Mitsubishi Fuso Lampaui Target Angka Pesanan di Ajang GIIAS 2024

Penulis: Iwan RS
Catat SPK 1.113 Unit, Mitsubishi Fuso Lampaui Target Angka Pesanan di Ajang GIIAS 2024 

Mobitekno – PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor resmi Mitsubishi Fuso truk dan bus di Indonesia, mencatatkan prestasi khusus di perhelatan Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show 2024 (GIIAS) di ICE BSD, Tangerang yang belum lama berakhir setelah digulirakan selama sepuluh hari.

Selama perhelatan otomotif terbesar di Indonesia tersebut, KTB berhasil mendapatkan pesanan kendaraan (SPK) yang cukup menjjanjikan, yakni sebanyak 1.113 unit kendaraan niaga.

Catatan itu menunjukkan dominasi Mitsubishi Fuso di pasar kendaraan niaga di Tanah Air. Tingginya angka pesanan juga didukung oleh inovasi dan teknologi yang diberikan oleh Mitsubishi Fuso.

“Total SPK truk Mitsubishi Fuso mencapai 1.113 unit di GIIAS 2024,” kata Sales and Marketing Director KTB Aji Jaya.

FUSO 1

Ia mengatakan, SPK Mitsubishi Fuso selama GIIAS 2024 didominasi oleh model Light Duty Trucks (LDT) Canter, sedangkan sisanya disumbang oleh model Fighter X yang merupakan model Medium Duty Trucks (MDT) dan Heavy Duty Trucks (HDT).

Diketahui dalam perhelatan GIIAS 2024, KTB menghadirkan produk-produk, layanan purnajual, dan inovasi teknologi terbaik. Di GIIAS 2024, untuk pertama kalinya KTB menjual truk listrik di Indonesia, eCanter. Tidak hanya ditampilkan, KTB juga menyerahkan unit eCanter kepada Yusen Logistic Indonesia pada hari ke-2 GIIAS 2024. Hal itu menandakan kepercayaan masyarakat terhadap produk ramah lingkungan buatan Mitsubishi Fuso.

Mitsubishi Fuso juga turut mendapatkan penghargaan sebagai booth favorit untuk kategori kendaraan niaga pada ajang GIIAS 2024 melalui tema “Leading Innovation” yang dibawakan dan diaplikasikan pada desain booth GIIAS tahun ini. Peluncuran Mitsubishi Fuso eCanter dan kehadiran Cabin dan Chassis Repair serta Bengkel Siaga 24 Jam menjadi kunci Leading Innovation dari Mitsubishi Fuso.

Potensi pertumbuhan pasar kendaraan komersial truk dan bus di Indonesia

Meskipun mengalami fluktuasi akibat berbagai faktor seperti kondisi ekonomi, regulasi pemerintah, dan harga bahan bakar, pasar truk dan bus di Indonesia umumnya menunjukkan pertumbuhan yang stabil dalam beberapa tahun terakhir.

Segmen truk biasanya mendominasi pasar kendaraan komersial di Indonesia, baik untuk keperluan transportasi barang maupun konstruksi. Meski demikian, seiring dengan pertumbuhan ekonomi dan peningkatan mobilitas masyarakat, permintaan bus, terutama untuk transportasi umum dan pariwisata, juga mengalami peningkatan.

FUSO 3

Pertumbuhan pesat industri e-commerce juga membawa dampak dalam peningkatan permintaan akan kendaraan pengiriman barang, terutama truk ringan yang lebih andal dan efisien.

Sejalan dengan tren global, pemerintah Indonesia juga mendorong penggunaan kendaraan listrik, termasuk truk dan bus. Beberapa produsen otomotif telah mulai merilis model kendaraan listrik komersial di Indonesia.

Mitsubishi Fuso merupakan salah satu pionir dalam kendaraan komersial listrik melalui kehadiran truk listrik eCanter yang telah dipasarkan di beberapa negara, termasuk Indonesia. Dengan kehadiran Fuso eCanter, Mitsubishi Fuso menunjukkan komitmennya terhadap keberlanjutan dan upaya mengurangi dampak lingkungan dari sektor transportasi.

Bukan sekadar jualan, GIIAS juga dorong transformasi industri otomotif nasional

Pameran oromotif GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang rutin digelar setipa tahun di Gedung ICE, BSD City, Kabupaten Tangerang, Banten dinilai bukan sekadar ajang menampilkan mobil terbaru. GIIAS berperan krusial dalam mendorong transformasi industri otomotif Tanah Air.

Yannes Martinus Pasaribu, pakar otomotif dari Institut Teknologi Bandung (ITB), menegaskan bahwa GIIAS memiliki dampak signifikan terhadap industri otomotif Indonesia secara keseluruhan. “GIIAS telah menjadi salah satu pameran otomotif terbesar di dunia, setara dengan China.”

FUSO 4

“GIIAS menjadi platform bagi produsen untuk memamerkan teknologi terkini, termasuk kendaraan listrik, fitur keselamatan canggih, dan desain futuristik. Ini memberikan gambaran jelas tentang arah perkembangan industri otomotif di masa depan,” kataYannes, Selasa 30 Juli 2024.

Pameran GIIAS juga menjadi wadah bagi produsen untuk mengukur minat konsumen terhadap berbagai jenis kendaraan dan fitur, data yang berharga untuk menentukan strategi produk dan pemasaran di masa mendatang. GIIAS juga menjadi tempat para pelaku industri otomotif untuk berkolaborasi, baik dalam pengembangan teknologi maupun rantai pasok. Semangat inovasi di industri otomotif semakin terdongkrak melalui pameran ini.

Sebagai salah satu gelaran otomotif terbesar dunia, GIIAS juga menciptakan lapangan kerja sementara, mulai dari tenaga penjualan hingga penyelenggara acara. Pameran ini juga berkontribusi terhadap sektor pariwisata di daerah penyelenggaraan.

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS