August 1, 2024

Melalui Galaxy Watch7, Samsung dan Universitas Georgia Kembangkan Fitur Energy Score

Penulis: Desmal Andi
Melalui Galaxy Watch7, Samsung dan Universitas Georgia Kembangkan Fitur Energy Score 

Mobitekno – Galaxy Watch7 terbaru akan memanfaatkan One UI 6 Watch untuk mengoptimalkan fungsi kesehatan berbasis AI pada perangkat wearable ini. Salah satu fitur baru yang menonjol dari antarmuka ini adalah Energy Score, yang memberikan rekomendasi kesehatan pribadi kepada pengguna berdasarkan skor numerik yang mencerminkan tingkat energi mereka secara keseluruhan.

Dalam pengembangan fitur Energy Score, Samsung Research bekerja sama dengan Profesor Patrick O’Connor dari Departemen Kinesiologi Mary Frances Early College of Education di Universitas Georgia, Amerika Serikat. Kolaborasi ini bertujuan untuk memperkaya pengalaman layanan kesehatan digital melalui fitur Energy Score yang baru.

Energi berhubungan erat dengan efisiensi dan kelelahan sehari-hari, namun mengukur energi secara objektif tidaklah sederhana karena aktivitas sirkuit saraf di otak belum sepenuhnya dipahami. Oleh karena itu, Samsung Research dan Profesor O’Connor berkolaborasi untuk mendefinisikan dan menghitung energi seseorang dengan mengacu pada ilmu pengetahuan yang ada.

Profesor O’Connor adalah seorang pakar terkemuka dalam psikologi olahraga dan telah mempelajari secara mendalam efek tidur, aktivitas fisik, serta asupan kafein pada kognisi dan perasaan energi. Ia memberikan saran dalam pengembangan fitur Energy Score di Samsung Health, yang mengintegrasikan aktivitas fisik dengan data dan teori ilmu saraf untuk memperkenalkan konsep “Kapasitas Keseluruhan.”

Berbeda dengan layanan lainnya yang cenderung fokus hanya pada aspek fisik dalam mengukur energi, Overall Capacity mempertimbangkan baik faktor fisik maupun kognitif. Stres mental dapat mempengaruhi tingkat energi, seperti yang terlihat dari pola tidur yang terganggu dan peningkatan kelelahan saat stres. Energi pada dasarnya mencerminkan jumlah aktivitas yang dapat dipertahankan seseorang relatif terhadap kapasitas total mereka. Melebihi beban fisik atau mental yang biasa dilakukan dapat mengurangi energi dalam jangka pendek. Misalnya, jika seseorang biasanya berolahraga dengan intensitas rendah selama 30 menit setiap hari namun memutuskan untuk berolahraga dengan intensitas sedang selama satu jam pada suatu hari, maka Skor Energi mereka diperkirakan akan menurun pada hari berikutnya.

Namun, olahraga teratur dapat meningkatkan Overall Capacity, yang berpotensi menghasilkan Energy Score yang lebih tinggi seiring dengan waktu dan intensitas latihan yang sama. Beban fisik dan kognitif yang melebihi tingkat rata-rata dapat mengurangi energi, namun olahraga teratur dapat membantu meningkatkan atau mempertahankan energi pada tingkat rata-rata yang lebih tinggi.

Galaxy Watch7
Fitur Energy Score di dalam Galaxy Watch7

Energy Score di Galaxy Watch7

Energy Score dihitung berdasarkan berbagai indikator seperti tingkat aktivitas fisik, kualitas tidur, detak jantung saat tidur, dan variabilitas detak jantung saat tidur yang diukur dengan perangkat wearable. Fitur Energy Score dikembangkan oleh Samsung Research berdasarkan studi ilmiah dan penelitian klinis yang mempelajari hubungan antara indikator-indikator ini dengan penanda energi kognitif, yang dilaporkan sendiri, dan fisik.

Aktivitas fisik dapat mempengaruhi kapasitas fisik seseorang. Pengguna dapat memprediksi energi mereka untuk hari itu dengan membandingkan data latihan dari hari sebelumnya dengan tingkat aktivitas yang biasa mereka lakukan. Metode ini menggunakan konsep Rasio Beban Kerja Akut yang memperkirakan kelelahan dengan menilai beban kerja jangka panjang dan jangka pendek.

Sementara itu, tidur berkaitan erat dengan kapasitas mental. Pola tidur seperti durasi tidur rata-rata selama tujuh hari, konsistensi waktu tidur dan bangun, serta seberapa cepat seseorang tertidur dianalisis dan diintegrasikan ke dalam Skor Energi di Galaxy Watch7. Metode ini mengikuti model “cadangan energi” yang mengeksplorasi hubungan antara tidur, kelelahan, dan fungsi kognitif untuk menghitung fluktuasi energi berdasarkan durasi tidur dan ritme sirkadian.

Detak Jantung Tidur dan Variabilitas Detak Jantung Tidur berhubungan dengan kapasitas fisik dan mental. Energi diperkirakan dengan membandingkan pengukuran terkini dengan tren data jangka panjang sebelumnya. Prediksi akan lebih akurat apabila detak jantung saat tidur dan variabilitas detak jantung saat tidur dianalisis selama kondisi tidur yang stabil.

Samsung Research mempertimbangkan usia dan jenis kelamin dalam menentukan bobot masing-masing faktor pada Skor Energi seseorang. Tim peneliti Profesor O’Connor juga melakukan eksperimen yang melibatkan tes kognitif dan laporan diri tentang energi serta gejala kelelahan, menemukan korelasi signifikan antara Energy Score yang dihasilkan oleh model Samsung dan data klinis yang dikumpulkan oleh para peneliti Universitas Georgia.

Skor Energi Samsung Health lebih dari sekadar nilai numerik sederhana. Angka tersebut menawarkan panduan dan saran kesehatan berdasarkan tujuh faktor utama yang memengaruhi skor, termasuk durasi tidur rata-rata dan aktivitas fisik dari hari sebelumnya. Samsung Research menggabungkan model skor energi dengan teknologi AI pengoptimalan dan AI generatif. Optimization AI menunjukkan pengaruh utama pada skor dan menganalisis tingkat energi saat ini serta perubahan gaya hidup terkini untuk memberikan saran peningkatan. AI generatif pada perangkat menyusun wawasan ini menjadi pesan yang ramah dan menjaga privasi pengguna.

Panduan kesehatan yang diberikan memberikan pemahaman tentang Energy Score pengguna saat ini dan saran berbasis sains untuk mengatur tingkat aktivitas dan istirahat yang tepat untuk hari tersebut. Dengan memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi Energy Score harian mereka, pengguna dapat meningkatkan kebiasaan gaya hidup mereka.

Energy Score di Galaxy Watch7 mampu menyediakan panduan kesehatan yang dipersonalisasi melalui pesan yang dihasilkan oleh AI yang ramah. Profesor O’Connor melakukan penelitian ekstensif bekerja sama dengan para pengembang Samsung untuk meningkatkan keandalan dan validitas Energy Score. Energy Score, dari sudut pandang ilmiah, menunjukkan prediksi fluktuasi kemampuan menyelesaikan tes kognitif singkat terkait fokus dan perhatian sepanjang hari berdasarkan data objektif yang dikumpulkan dari sensor perangkat pintar selama seminggu terakhir.

Menurut Yunsu Lee, Kepala Tim Data Intelligence di Samsung Research, kolaborasi dengan Profesor O’Connor memungkinkan mereka untuk mengatasi tantangan ini dengan pendekatan ilmiah yang bermakna. Mereka akan terus mengembangkan teknologi data dan AI untuk memastikan bahwa berbagai perangkat Samsung digunakan lebih luas untuk meningkatkan kehidupan pengguna.

Galaxy Watch7 kini hadir untuk memantau kesehatan dengan Energy Score. Dilengkapi chipset 3nm, Galaxy Watch7 tersedia dalam ukuran 40mm dengan harga Rp4.499.000 dan ukuran 44mm dengan harga Rp4.999.000. Terdapat juga penawaran menarik untuk Galacy Watch7 dengan cashback hingga Rp499,900 untuk pembelian bersamaan dengan Galaxy smartphone, Galaxy tablet, dan watch strap dari 30 Juli hingga 6 Agustus 2024.

Tags: ,


COMMENTS