March 31, 2023

All New Honda Civic Type R Resmi Hadir, Jadi Varian Civic Tercepat yang Pernah Dibuat. Ini Harganya di Indonesia

Penulis: Iwan RS
All New Honda Civic Type R Resmi Hadir, Jadi Varian Civic Tercepat yang Pernah Dibuat. Ini Harganya di Indonesia  

Mobitekno – PT Honda Prospect Motor (HPM) secara resmi meluncurkan generasi terbaru mobil sport All New Honda Civic Type R tanggal 30 Maret 2023 di Jakarta. Dengan desain agresif yang semakin aerodinamis dan mesin dengan tenaga terbesar, All New Honda Civic Type R menjadi model Civic tercepat yang pernah dibuat Honda.

All New Honda Civic Type R terbaru ini resmi ditawarkan untuk pasar Indonesai dengan harga nyaris menyentuh Rp 1,4 miliar alias Rp 1.399.000.000 (OTR Jakarta). Calon pembeli yang ingin memesannya dikenakan biaya Rp 500 juta sebagai uang panjar untuk selanjutnya pihak HPM dapat mengimpor langsung All New Civic Type R 2023 dari Jepang ke Indonesia.

Konsumen dapat memilih 5 opsi warna untuk All New Honda Civic Type R, antara lain Championship White, Rallye Red, Crystal Black Pearl, Sonic Gray Pearl, dan warna terbaru Racing Blue Pearl.

Varian Type R adalah jenis mobil Honda yang dirancang dengan inspirasi dari sebuah mobil balap. Varian ini pertama kali diperkenalkan untuk Honda NSX pada tahun 1992 sebagai sebuah mobil sport Honda yang berfokus pada kecepatan dan kesenangan dalam berkendara yang luar biasa dari sebuah mobil balap.

Honda Civic Type R 03

Varian Type R juga pernah hadir untuk model-model seperti Honda Integra dan Honda Accord. Honda Civic sendiri pertama kali memiliki varian Type R pada tahun 1997, dan pada saat ini sudah memasuki generasi yang ke-6.

Berbeda dengan varian Honda lainnya, setiap varian Type memiliki emblem logo Honda berwarna merah yang sebelumnya hanya digunakan pada mobil balap Honda di suatu perlobambaan.

All New Honda Civic Type R mengusung mesin 2.0 Liter VTEC Turbo. Mesin ini menghasilkan tenaga maksimal 319 PS. Lebih besar 9 PS dibandingkan generasi sebelumnya. Kemudian torsi maksimum juga meningkat menjadi 420 Nm dibandingkan generasi sebelumnya 400 Nm.

All New Honda Civic Type R telah memecahkan rekor sebagai mobil penggerak roda depan tercepat di sirkuit Suzuka, Jepang. Civic Type R terbaru mencatat Lap Time 2 menit 23.120 detik. Rekor ini mengalahkan rekor sebelumnya yang juga dipegang oleh Honda Civic Type R.

President Director PT Honda Prospect Motor, Kotaro Shimizu dalam acara peluncuran di Jakarta mengatakan, All New Honda Civic Type R dikembangkan sebagai puncak mobil sport Honda dengan mengusung karakter Pure Sport.

Honda Civic Type R 02

“All New Civic Type R pertama terinspirasi oleh warisan Honda di trek balap dan dengan sempurna mewujudkan semangat DNA balap Honda. Kami sangat bangga membawa generasi terbaru dari Civic Type R Indonesia dan kami yakin model ini kembali juga akan disambut baik oleh para fans Honda di sini (Indonesia),” ungkap Kotaru Shimizu.

Dibekali mesin 2.0 Liter VTEC Turbo yang menggelontorkan tenaga maksimal 319 PS, meningkat 9 PS dibandingkan generasi sebelumnya, dan torsi maksimum 420 Nm, meningkat 20 Nm dibandingkan generasi sebelumnya.

Meskipun harga Honda Civic Type R 2023 dijual lebih mahal dibanding model sebelumnya, minta konsumen diklaim HPM tetap tinggi dan rela inden. Sejak diumumkan, tercatat sudah ada 95 orang yang mengantri untuk membelinya.

Honda Civic Type R 01

Menurut Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM, Yusak Billy, alokasinya memang terbatas, namun calon pembelinya banyak. Ia mengakui bahwa saat peluncuran, HPM baru mendapatkan 15 unit yang langsung diimpor utuh (CBU) dari Jepang. Meskipun sudah mendapatkan 15 unit All New Civic Type R, HPM baru menyerahkan 10 unit ke konsumen saat acara peluncuran di Raffles Hotel, Jakarta.

“Kami terus berkomunikasi dengan principle untuk pasokan ke Indonesia dan kami berusaha secepatnya mengirimkan unit-unit berikutnya untuk memenuhi permintaan konsumen,” tambah Billy.

Keterbatasan alokasi disebabkan dengan beberapa sparepart yang masih mengalami krisis diantaranya semi konduktor untuk produksi. Menurut Billy, di bulan Mei dan Juni masing masing mendapatkan kuota 10 unit sedangkan Juli sedikit diatas 10 unit. Mengingat tingginya minta konsumen dengan produksi yang terbatas, konsumen yang tertarik dianjurkan dapat langsung berkomunikasi dengan diler HPM terkait untuk pemesanan All New Civic Type R tersebut.

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS