September 27, 2023

Review vivo V29 5G: Masih Bawa Aura Light Portrait, Tapi Lebih Cerdas

Penulis: Desmal Andi
Review vivo V29 5G: Masih Bawa Aura Light Portrait, Tapi Lebih Cerdas  

Mobitekno – Untuk berkompetisi di pasar smartphone kelas menengah ke atas, vivo punya amunisi V Series. Seperti yang kita sudah tahu bersama, pada bulan Maret lalu, vivo telah menelurkan vivo V27 bersama dengan vivo V27e di pasar Indonesia. Smartphone ini tiba mengandalkan keunggulan aspek fotografi alias sektor kamera yang disematkan.

Tak perlu menunggu lama, gebrakan kembali diperlihatkan oleh vivo di pasar Indonesia yang pada bulan September ini merilis smartphone V Series terbarunya, vivo V29 5G. Bisa dikatakan setali tiga uang, vivo V29 5G juga mengandalkan keunggulan aspek fotografi yang ditawarkan. Ya! Sama seperti vivo V27, vivo V29 pun membawa teknologi Aura Light Portrait.

Namun, berbeda dengan Aura Light Portrait yang ada pada model sebelumnya, kini vivo mengemas teknologi tersebut dengan Smart Lighting Control. Artinya, Aura Light Portrait yang ada pada vivo V29 5G dapat dikontrol efek pencahayaan oleh pengguna. Apakah hanya itu kelebihan yang ditawarkan vivo V29 5G? Tentu saja tidak!

vivo V29 5G
vivo V29 5G

Kelengkapan vivo V29 5G

vivo memasarkan vivo V29 5G di pasar Indonesia dalam kemasan yang tampak begitu premium. Tentu saja hal ini wajar mengingat ini adalah smartphone yang masuk ke dalam kelas menengah ke atas. Kotak penjualannya dibalut dalam warna perak dengan sentuhan ring light yang berkilau jika terkena cahaya. Selain unit V29 5G, kamu juga akan menemukan

  1. Soft-case trasnparan
  2. Kepala Charger 80W FlashCharge
  3. Kabel USB Type-C
  4. Lembar Panduan Singkat & Kartu Garansi
  5. SIM Card Ejector.
vivo V29 5G
Kelengkapan

Desain

Tak sedikit penggemar gadget di Tanah Air yang kepincut dengan vivo V Series. Bagaimana tidak! Untuk seri ini vivo biasanya akan menyajikan desain smartphone yang tampak begitu menarik dipandang mata. Ya! Bisa dikatakan bahwa vivo pasti mempertimbangkan aspek estetik dalam setiap pengembangan V Series, tidak terkecuali vivo V29 5G yang baru ini.

vivo pertama kalinya meluncurkan tiga pilihan warna yang berbeda pada V Series di Indonesia. vivo V29 5G hadir dengan tiga warna menarik, yakni Velvet Red, Peak Blue, dan Noble Black. Nah! Vivo V29 yang ada di tangan Mobitekno adalah warna Peak Blue. Menariknya, panel belakang smartphone ini sudah terbuat dari kaca sehingga tampak begitu premium.

vivo V29 5G
Panel belakang

Varian warna Peak Blue juga hadir dengan proses terbaru di industri yang berhasil vivo hadirkan, yaitu Innovative 3D Magnetic Particle. Ini untuk menghadirkan lebih dari 15 juta partikel berkilauan ke bagian bodi smartphone. Hasil akhirnya, panel belakang smartphone ini jika terkena cahaya akan menimbulkan efek gambar seperti bukit pasir berwarna perak.

Hanya saja, panel belakangnya yang terbuat dari kaca terasa licin, apalagi jika dipegang oleh tangan yang berkeringat. Namun, keuntungan dari sentuhan akhir yang dikemas vivo menjadikan panel belakang V29 5G ini tidak mudah kotor. Jika kamu merasa “sayang” dengan panel belakangnya, lindungilah dengan soft-case yang tersedia dalam paket penjualannya.

Mobitekno pun berani mengatakan bahwa pengguna yang memiliki vivo V29 bakal percaya diri untuk tampil membawa smartphone ini kemana pun pergi. Ya! vivo V29 5G yang punya tiga pilihan warna menarik, salah satu Peak Blue ini mampu melengkapi tampilan penggunanya sehari-hari.

Panel belakang smartphone ini pun semakin terlihat “wow” berkat penempatan tiga buah kamera yang disusun sedemikian rupa dalam satu modul besar. Dua kamera yang memiliki cincin besar disusun secara vertikal, dan tepat di bawahnya ada satu lingkaran lagi seperti mini ring light, yang oleh vivo disebut sebagai Aura Light Portrait.

Sementara, kamera ketiga ditempatkan tepat di bawah Quad-LED flash. Modul besar yang menjadi tempat tinggal kamera, LED flash dan sekaligus mini ring light dibuat sedikit menonjol. vivo juga mengemas modul besar itu dari kaca alias glass. Tak ketinggalan, vivo juga menyelipkan tulisan “Aura Light OIS Portrait” pada modul besar tersebut.

Sebelum bergeser ke sektor tampilan, mari kita gali bagian sisi bingkainya. Ketebalan smartphone ini hanya 7,46 mm dengan bingkai yang diikat oleh logam. Jadi yang paling tipis di kelasnya, vivo V29 5G ini memang benar-benar menarik saat dipandang mata. Beratnya hanya 186 gram sehingga smartphone ini juga nyaman digenggam dengan satu tangan.

Ketika kamu ingin menyimpannya ke dalam saku celana atau baju, juga sangat memungkinkan. Secara keseluruhan, vivo V29 5G ini memiliki panjang 164,2 mm dan lebar 74,4 mm. Namun, sekali lagi, ada baiknya smartphone ini kamu proteksi dengan soft-case agar tidak mudah tergores saat dimasukkan ke saku celana bersama uang logam atau kunci.

vivo V29 5G
Desain tipis

Sementara itu, tombol-tombol pengoperasian, seperti tombol volume dan daya ditempatkan dalam satu bingkai di sisi sebelah kanan. Di sisi atas, kamu hanya akan menemukan lubang mikrofon dan di sisi bagian bawah, vivo menempatkan slot untuk SIM Card, lubang mikrofon, port USB Type-C dan lubang speaker. Ya! Vivo V29 5G tidak punya dukungan kartu MicroSD.

vivo V29 5G
port di bagian bawah

Nah! Sekarang masuk ke sektor tampilan alias layar V29 5G. Tidak hanya estetik, smartphone ini juga didesain dengan memperhatikan faktor ergonomi. Ya! Bisa dikatakan bahwa vivo membuat inovasi maju di sektor tampilan yang membuat vivo V29 5G ini memiliki layar begitu jernih, terang dan nyaman untuk mata.

vivo V29 5G hadir dengan layar 3D Curved di sisi kiri dan kanannya sehingga semakin memperlihatkan bahwa smartphone ini begitu ramping dan kesan futuristiknya semakin menonjol. Hal ini yang juga Mobitekno rasakan bahwa vivo V29 5G ini memang begitu nyaman untuk digenggam dengan satu tangan.

Panel layar yang dipakai adalah AMOLED dengan resolusi 1.5K dan memiliki bentang diagonal berukuran 6,78 inci. Datang sebagai smartphone kelas menengah ke atas, layar vivo V29 5G ini juga dibekali dengan refresh rate 120Hz dan touch sampling rate 1000Hz. Sementara itu, tingkat kecerahan maksimum layarnya mencapai 1300 nits.

vivo V29 5G
Layar sudah menggunakan AMOLED

Masih terkait dengan sektor tampilan, daya tarik lainnya yang dimuat oleh vivo ke dalam layar V29 5G ini adalah dukungan HDR10+, kerapatan layar hingga 452 ppi, memiliki 1,07 miliar spektrum warna dan color gamut DCI-P3. Jadi, beberapa hal tersebut yang Mobitekno nilai bahwa layar V29 5G mampu menghadirkan visualisasi yang lebih nyata.

Layar vivo V29 5G juga dipercantik dengan punch-hole terpusat di bagian atas yang menjadi rumah dari kamera depan. Nah! Untuk keamanan layarnya, vivo juga menyertakan pemindai sidik jari di dalam layar atau kamu juga bisa menggunakan fitur Face Unlock. Smartphone ini juga sudah membawa sertifikasi IP54 untuk melindungi dari percikan air dan debu.

Performa

Punya desain dan dukungan layar yang ciamik, tentu saja vivo tak mengesampingkan sektor internal yang disematkan ke dalam vivo V29 5G. Bagi kamu yang penasaran dengan performanya, smartphone kelas menengah ke atas ini datang dengan dukungan chipset dari Qualcomm. Ya! vivo V29 5G ditenagai dengan chipset Snapdragon 778G.

Tak hanya memberikan kinerja yang luar biasa, chipset tersebut juga memapu menawarkan kestabilan dalam menjalan sejumlah aplikasi berat berbasiskan sistem operasi Android, termasuk game-game yang kini banyak dikompetisikan. Konfigurasi dari chipset dengan fabrikasi 6nm tersebut memiliki CPU Octa-core.

Ini terdiri dari 1 core Cortex-A78 dengan clock speed 2,4 GHz, 3 core Cortex-A78 dengan clock speed 2,2 GHz, dan 4 core Cortex-A55 dengan clock speed 1,9 GHz. Sementara itu, untuk mendongkrak performa grafis agar mampu menghasilkan visual yang begitu luar biasa, chipset ini telah terintegrasi dengan GPU Adreno 642L.

Sementara, terkait dengan dukungan memori yang dibenamkan, vivo V29 5G yang dipasarkan di Indonesia ini ada dua pilihan, yakni RAM 12 GB dengan internal storage 512 GB dan RAM 8 GB dengan internal storage 256 GB. Menariknya, smartphone kelas menengah ke atas ini punya fitur Extended RAM hingga 8 GB. Tetapi, tidak dibekali slot untuk menampung microSD.

Dengan begitu, kamu bisa merasakan vivo V29 5G ini berjalan dengan RAM hingga 16 GB, tetapi harus puas dengan dukungan penyimpanan internal yang ada. Meski begitu, kami merasakan bahwa dukungan internal yang ada pada vivo V29 5G ini sudah lebih dari cukup untuk menampung file foto, video atau dokumen lainnya.

SoC Snapdragon 778G, RAM 8 GB + Extended RAM hingga 8 GB, dan dukungan internal storage hingga 512 GB, tentu saja kami juga merasakan bahwa smartphone kelas menengah terbaru dari vivo ini mampu menunjang aktivitas harian dengan lancar sehingga sangat direkomendasikan untuk menjadi “daily driver”.

Nah! Untuk membuktikan hal itu, proses benchmark harus dijalankan. Tak hanya menggunakan aplikasi AnTuTu, proses benchmarking dilakukan juga menggunakan aplikasi Geekbench, 3DMark dan PCMark. Hasilnya bisa kamu lihat seperti di bawah ini.

Sekarang, bagi kamu yang tertarik dengan vivo V29 5G, tentunya juga harus tahu dukungan catu daya yang disematkan oleh vivo ke dalam smartphone ini. Meski bukan baterai 5000 mAh yang ditanam ke dalam vivo V29 5G, namun vivo begitu “berbaik hati” untuk membekali smartphone kelas menengah ke atas ini dengan fitur pengecasan “super cepat”.

Ya! Dukungan baterai yang dibenamkan hanya 4600 mAh, tetapi vivo V29 5G punya fitur pengisian daya “super cepat”, yakni 80W FlashCharge. Vivo mengatakan bahwa dukungan pengisian daya “super cepat” tersebut mampu mengisi baterai dari 0% hingga 50% hanya dalam waktu 18 menit. Artinya, diisi hingga penuh butuh waktu kurang dari 1 jam.

Namun, Mobitekno juga penasaran dengan daya tahan baterai yang dimiliki oleh vivo V29 5G ini. Untuk itu, pengujian yang dilakukan adalah dengan memainkan tiga game di vivo V29 5G, dengan durasi permainan masing-masing game adalah 1 jam. Game-game yang dimainkan adalah PUBG Mobile, Asphalt 9: Legends dan eFootball 2024.

Ketika memainkan PUBG Mobile selama 1 jam, game yang dikembangkan oleh LightSpeed dan Quantum Studio dari Tencent Games ini mampu menguras baterai vivo V29 5G sebesar 18% Sementara, dua game lainnya, yakni Asphalt 9: Legends dan eFootball 2024, masing-masing mampu menguras baterai sebesar 20% dan 16%

vivo juga membawa inovasi 24-Dimension Security Protection untuk memastikan keamanan pengisian daya di segala aspek. Dengan bodi yang tipis dan ramping, vivo V29 juga membawa Ultra Large Vapor Chamber Cooling System yang besar dengan total area pendinginan sebesar lebih dari 35.000 mm persegi, meningkat 20% lebih besar dibanding pendahulunya.

Durabilitas smartphone ini juga tidak perlu diragukan karena vivo V29 5G telah melalui berbagai tes laboratorium dengan 42.000 kali micro-drop test dan 150.000 kali power button test. Pengujian yang dilakukan oleh vivo tentunya bertujuan untuk memberikan pengalaman penggunaan smartphone untuk keseharian (daily driver) jadi lebih sempurna.

vivo V29 5G
Tiga opsi warna vivo V29 5G

Kamera

Nah! Masuk ke dalam lini V Series, tentu saja nilai jual yang ditawarkan vivo dengan kehadiran V29 5G adalah pada sektor fotografi. Karena itu, jika kamu perhatikan, vivo juga mencantumkan teks bertuliskan “PROFESSIONAL PORTRAIT” pada bingkai bagian atas. Ya! vivo mengembangkan vivo V29 5G dengan penekanan khusus pada elemen portrait photography.

Seperti juga pendahulunya, vivo V29 5G datang dengan teknologi Aura Light Portrait. Menariknya, teknologi ini sudah lebih cerdas, karena itu vivo menambahkan kemampuan Smart Lighting Control. Kini Aura Light Potrait yang ada pada vivo V29 5G bisa diatur pencahayaannya hingga mendapatkan embience pencahayaan yang kamu inginkan.

vivo V29 5G dapat mengubah jepretan apapun menjadi lebih hidup berkat kombinasi presisi antara unsur cahaya dan bayangan. Dengan sudut iluminasi sebesar 360 derajat, fitur ini dapat

menghasilkan pencahayaan yang merata di semua sudut dan mampu mencakup daerah pencahayaan hingga sembilan kali lebih besar dari lampu LED flash biasa.

Dibandingkan dengan Aura Light Portrait sebelumnya yang ada pada vivo V27 5G, teknologi Aura Light Portrait with Smart Lighting Control yang ada pada vivo V29 5G ini 20% berdiameter lebih besar, dan 36% lebih terang. Peningkatan ini memungkinkan objek foto untuk dapat teriluminasi dengan lebih jelas dan pengurangan area-area gelap secara signifikan.

vivo V29 5G
Kamera belakang

Tidak hanya membuat Aura Light Portrait lebih terang dan besar, generasi terbaru ini dapat secara cerdas menyesuaikan kecerahannya sesuai dengan cahaya sekitar dan menyesuaikan suhu warna yang paling tepat untuk mendapatkan hasil portrait layaknya di sebuah studio foto. Bisa dibilang bahwa Smart Lighting Control ini menjadi sebuah fitur eksklusif milik vivo.

Ketika pengguna dikelilingi cahaya kemerahan, Aura Light Portrait yang ada pada vivo V29 5G ini akan secara otomatis menyesuaikan suhu warna untuk memancarkan warm light atau pada cahaya kebiruan yang akan memancarkan cool light. Fitur ini membuat hasil foto portrait jadi lebih natural dan jernih dengan pencahayaan lebih merata.

Nah! Berbicara mengenai kamera yang disematkan, vivo V29 5G ini punya tiga buah kamera di bagian belakang. Ini terdiri dari kamera utama 50 MP dengan dukungan OIS Ultra-Sensing, kamera ultra-wide 8 MP dan kamera monokrom 2 MP. Berkat dukungan ketiga kamera yang disematkan, pengguna bisa semakin berkreasi untuk menghasilkan foto atau video terbaik.

Sementara, untuk kamu yang suka foto selfie bersama teman-teman, vivo juga menyertakan kamera depan dengan resolusi paling tinggi di kelasnya, yakni kamera 50 MP AF Group Photo. Kamera depannya juga tidak “kaleng-kaleng” karena mampu memberikan foto welfie grup yang lebih hidup dan luas dengan sudut lebar yang ditingkatkan sebanyak 92°.

Menyimpan segudang fitur fotografi, vivo V29 5G juga membawa fitur Super Night Video untuk merekam video pada kualitas yang jernih dan cerah pada kondisi pencahayaan yang redup maupun gelap. Selain memanfaatkan fitur ini sebagai yang utama untuk merekam video dalam kondisi gelap, pengguna dapat juga menggunakan fitur Aura Light sebagai alternatif.

Tidak cuma itu, pada aspek perekaman video, pada vivo V29 5G juga disematkan fitur Ultra Stable Video yang akan sangat membantu proses perekaman konten-konten pada mobilitas gerakan yang tinggi tanpa harus khawatir akan hasil yang kabur ataupun terguncang. Masih pada aspek video, vivo V29 5G juga dilengkapi dengan fitur Vlog Movie Creator.

Menariknya lagi, fitur Vlog Movie Creator yang ada pada vivo V29 5G ini juga dapat memanfaatkan teknologi Aura Light Portrait untuk membuat video vlog secara instan dengan hasil layaknya kamera profesional. Mobitekno pun menjajal fitur tersebut. Selain mudah digunakan, video vlog yang dihasilkan pun terlihat lebih menarik.

vivo V29 5G
Kamera dengan Aura Light

vivo V29 5G juga dilengkapi dengan berbagai fitur yang pertama kalinya hadir untuk mendukung berbagai keperluan content creating. Mulai dari fitur Food Mode untuk menangkap

jepretan makanan yang menggugah selera hingga menangkap keindahan bulan yang memukau serta jepretan langit malam yang menawan dengan fitur Super Moon Mode + Astro Mode.

Contoh foto-foto vivo V29 5G:

Kesimpulan

vivo kembali membuat kejutan di pasar Indonesia dengan menghadirkan vivo V29 5G. Masih mengikuti pendahulunya, vivo V27 5G, smartphone ini datang sebagai “PROFESSIONAL PORTRAIT”. Karena itu, vivo masih melengkapi vivo V29 5G ini dengan fitur Aura Light Portrait. Hanya saja, fitur tersebut kini lebih smart alias pintar.

Ya! Aura Light Portrait yang ada pada vivo V29 5G membawa embel-embel “Smart Lighting Control”. Kini Aura Light Potrait yang ada pada vivo V29 5G bisa diatur pencahayaannya oleh pengguna hingga mendapatkan embience pencahayaan yang diinginkan. Hasil foto yang dibidik menggunakan fitur ini pun terlihat lebih eye catching. 20230926 220737

Tak hanya menawarkan dukungan kamera yang dapat diandalkan untuk menciptakan foto atau video dengan kualitas terbaik, smartphone kelas menengah ke atas ini juga menawarkan desain kekinian. vivo V29 5G yang dipasarkan di Indonesia punya tiga pilihan warna, yakni Velvet Red, Peak Blue dan Noble Black.

vivo V29 5G datang dengan layar 3D Curved dan panel yang digunakan adalah AMOLED dengan resolusi 1.5K berukuran 6,78 inci. Menariknya lagi, vivo juga memanjakan pengguna smartphone kelas menengah terbarunya itu dengan layar refresh rate tinggi, yakni 120Hz. Tak ketinggalan, puncak kecerahan layarnya bisa mencapai 1300 nits.

Kamu yang tertarik untuk memiliki smartphone kelas menengah ke atas ini juga tak perlu khawatir dengan performanya. Pasalnya, vivo telah mempersenjatai vivo V29 5G dengan chipset Snapdragon 778G dari Qualcomm, RAM 8 GB + Extended RAM 8 GB, serta penyimpanan internal hingga 512 GB.

Diharapkan, dukungan dapur pacu yang ada pada vivo V29 5G tersebut bisa membuat kamu lebih produktif. Tak ketinggalan, vivo V29 5G juga punya baterai 4600 mAh yang ditambah dengan pengisian “super cepat” 80W FlashCharge. Ya! Mengisi baterai smartphone kelas menengah ini hingga 50% hanya butuh waktu 18 menit.

vivo V29 5G berjalan dengan Android 13 yang dilapisi antarmuka FuntouchOS 13. Dukungan lainnya yang disematkan oleh vivo ke dalam vivo V29 5G adalah fitur NFC Multi Multifunction yang akan mendukung berbagai aktivitas transaksi dan memberikan pengalaman lancar. vivo memasarkan smartphone ini di Indonesia mulai dari harga Rp5.999.000 (8 GB/256 GB).

Tags: , ,


COMMENTS