October 24, 2023

OMRON Hadirkan Stroke Risk Calculator, Inovasi Baru dari OMRON untuk Pantau Risiko Stroke

Penulis: Desmal Andi
OMRON Hadirkan Stroke Risk Calculator, Inovasi Baru dari OMRON untuk Pantau Risiko Stroke  

Mobitekno – Dalam rangka memperingati Hari Stroke Sedunia 2023 (World Stroke Day 2023) yang jatuh di setiap tanggal 20 Oktober, OMRON Healthcare Indonesia selalu mengambil peran sebagai pemimpin dalam monitoring tekanan darah di rumah dan solusi untuk manajemen penyakit jantung dan serebrovaskular. Dan pada tahun ini, inovasi OMRON bertambah lagi dengan memperkenalkan fitur yang sangat berguna bagi masyarakat, yaitu Stroke Risk Calculator. Fitur ini bisa ditemukan di website OMRON, QR code, dan aplikasi OMRON Connect. Fitur ini hadir karena memiliki tujuan untuk memberdayakan pengguna dalam memperkirakan risiko terkena stroke.

Stroke sendiri adalah kondisi medis yang serius dan berpotensi mematikan karena adanya terjadi aliran darah ke otak terganggu. Dan biasanya hl ini dapat disebabkan oleh dua faktor utama, yakni penyumbatan pada pembuluh darah (stroke iskemik) atau pecahnya pembuluh darah (stroke hemoragik).

Saat ini, dimana gaya hidup masyarakat sudah berkembang cukup jauh, dunia pun menghadapi permasalahan yang signifikan terkait stroke. Menurut data dari Global Stroke Factsheet yang dikeluarkan Badan Kesehatan Dunia dan diterbitkan oleh World Health Organization (WHO) pada tahun 2022, stroke menjadi salah satu penyebab utama kecacatan dan merupakan penyebab kematian terbesar kedua di seluruh dunia. Laporan ini juga mengungkapkan bahwa risiko stroke seumur hidup telah meningkat sebesar 50% dalam 17 tahun terakhir, dan saat ini satu dari setiap empat orang diperkirakan akan mengalami stroke selama hidup mereka.

Oleh karena itu, Tomoaki Watanabe, Direktur OMRON Healthcare Indonesia, menekankan pentingnya memantau tanda-tanda vital seperti tekanan darah dan elektrokardiogram secara teratur. Hal ini menjadi kunci dalam mengidentifikasi dan mengelola kondisi tanpa gejala seperti hipertensi dan irama jantung yang tidak normal. Penggunaan OMRON Complete membantu dalam pencegahan dan intervensi dini.

“Hipertensi sering disebut sebagai ‘silent killer’ karena banyak orang yang tidak menyadarinya. Jadi, satu-satunya cara untuk mengetahuinya adalah dengan memonitor tekanan darah Anda secara teratur di rumah,” tambah Tomoaki Watanabe.

Stroke Risk Calculator
Melakukan pemeriksaan mandiri secara rutin bisa meminimalkan risiko stroke

Stroke Risk Calculator

Namun, terdapat harapan dalam mencegah dan mengurangi risiko stroke. OMRON Healthcare melakukan sebuah studi yang menunjukkan bahwa pasien hipertensi yang rutin memeriksa tekanan darah mereka di rumah dapat mengurangi tekanan darah mereka rata-rata sebesar 10 mmHg. Studi ini berlangsung dari November 2021 hingga Oktober 2022. Hal ini menunjukkan bahwa pemantauan tekanan darah secara teratur, bersama dengan perubahan gaya hidup yang sehat, dapat membantu mencegah stroke.

OMRON Healthcare memperkenalkan Stroke Risk Calculator sebagai alat yang dapat digunakan oleh individu berusia 20 hingga lebih dari 90 tahun. Kalkulator ini bertujuan untuk membantu mendeteksi risiko stroke lebih awal. Pengguna hanya perlu menjawab 20 pertanyaan yang telah diuji secara ilmiah, dan dalam waktu 3 menit, mereka akan mendapatkan perkiraan risiko stroke mereka. Selain itu, pengguna juga akan menerima informasi penting tentang langkah-langkah yang dapat diambil untuk mengurangi risiko stroke.

Stroke Risk Calculator ini dikembangkan oleh Auckland University of Technology di Selandia Baru, dengan dukungan lebih dari 300 ahli stroke terkemuka dari 102 negara. Ini menjadikannya sebagai salah satu inisiatif kesehatan seluler kolaboratif internasional terbesar di dunia.

Alexis En, Direktur Pemasaran dan Kesehatan Digital di OMRON Healthcare Singapore, menjelaskan, “Pola makan, kebiasaan, dan gaya hidup yang buruk semuanya berkontribusi terhadap peningkatan risiko stroke. Dengan visi ‘Going for Zero’, OMRON ingin memperkenalkan Kalkulator Risiko Stroke (Stroke Risk Calculator) ini dalam aplikasi OMRON Connect sehingga pengguna dapat dengan mudah mengakses alat ini untuk mengukur risiko terkena stroke dan mengambil tindakan pencegahan sebelum terlambat.”

Stroke Risk Calculator merupakan salah satu fitur yang dapat diakses melalui aplikasi OMRON Connect, yang dapat diunduh melalui toko aplikasi di ponsel pintar Android dan iOS. Interface aplikasi ini memberikan gambaran umum yang komprehensif kepada para pengguna mengenai kondisi tekanan darah, durasi dan kualitas tidur, berat badan, indeks massa tubuh (BMI), dan faktor-faktor lain yang berhubungan dengan kesehatan.

Stroke Risk Calculator
Kiri ke kanan: Tomoaki Watanabe, Prof. Dr. dr. Yuda Turana, Sp.S, Alexis En, dan Herry Hendrayadi

Pentingnya Tindakan Cepat Saat Terkena Stroke

Sebagai tambahan, Stroke sering terjadi secara tiba-tiba dengan gejala yang serius, seperti kesulitan berbicara atau memahami pembicaraan, kelumpuhan atau kelemahan pada satu sisi tubuh, dan kehilangan koordinasi. Oleh karena itu, penting untuk mendapatkan perawatan medis dengan cepat saat gejala-gejala ini muncul, karena tindakan cepat dapat membantu meminimalkan kerusakan otak dan meningkatkan peluang pemulihan.

Prof. Dr. dr. Yuda Turana, Sp.S, Anggota Dewan Pembina Perhimpunan Hipertensi Indonesia (InaSh), menjelaskan, “Setidaknya sepuluh faktor risiko yang dapat diobati, seperti tekanan darah tinggi (hipertensi), detak jantung yang tidak teratur (fibrilasi atrium), merokok, diet, dan olahraga, dapat mencegah hingga 90% stroke. Namun yang tidak kalah penting adalah pencegahan dengan memeriksa tekanan darah secara rutin di rumah.”

Menurut WHO, satu dari empat orang dewasa di Asia Tenggara memiliki tekanan darah tinggi, namun hanya satu dari tiga orang yang menjalani pengobatan, dan hanya satu dari sepuluh orang yang kondisinya terkendali. Oleh karena itu, studi internal yang dilakukan oleh OMRON dari November 2021 hingga Oktober 2022 menemukan bahwa melakukan pemeriksaan tekanan darah secara teratur di rumah dapat mengurangi risiko stroke hingga 54%.

Untuk memberikan nilai lebih dalam manajemen kesehatan kardiovaskular berbasis perawatan pencegahan, OMRON Healthcare telah mengembangkan OMRON Complete. Alat ini adalah monitor tekanan darah lengan atas yang dilengkapi dengan teknologi EKG built-in. Dengan OMRON Complete, individu dapat mengukur tekanan darah dan EKG secara bersamaan, sehingga memudahkan mereka yang hidup dengan aritmia jantung (AFib) untuk melacak kondisi mereka dan mengetahui kapan harus mencari pengobatan.

Dengan berbagai inovasi ini, OMRON Healthcare Indonesia berkomitmen untuk memberikan solusi yang bermanfaat bagi masyarakat dalam upaya pencegahan dan pengelolaan risiko stroke. Dengan Stroke Risk Calculator, OMRON Connect, dan OMRON Complete, individu dapat mengambil langkah-langkah konkret dalam menjaga kesehatan jantung dan serebrovaskular mereka, serta meminimalkan risiko stroke. Dalam peringatan Hari Stroke Sedunia 2023, OMRON Healthcare Indonesia mengingatkan kita semua akan pentingnya kesadaran dan langkah-langkah pencegahan untuk mengatasi ancaman serius ini.

Tags: , , ,


COMMENTS