July 22, 2023

Integrasikan VIDA Sign Platform, XL Axiata Hadirkan Solusi Tanda Tangan Digital untuk 2 Segmen Usaha Ini

Penulis: Iwan RS
Integrasikan VIDA Sign Platform, XL Axiata Hadirkan Solusi Tanda Tangan Digital untuk 2 Segmen Usaha Ini  

Mobitekno – PT Indonesia Digital Identity (VIDA) dan PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) melakukan kolaborasi untuk menyediakan solusi layanan tanda tangan digital untuk dua segmen usaha sekaligus. Keduanya yaitu segmen korporasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dalam mengintegrasikan VIDA Sign Platform ke dalam paket penawaran XL Axiata Business Solution.

Langkah strategis ini ditempuh sebagai upaya untuk mendorong transformasi digital serta meningkatkan efisiensi operasional bisnis dan berkontribusi pada lingkungan kerja tanpa kertas (paperless working environment).

Tanda tangan digital adalah solusi digital untuk untuk menandatangani dokumen secara elektronik. Tanda tangan digital biasanya mengimplementasikan teknologi dan metode kriptografi untuk memastikan bahwa dokumen tersebut belum diubah dan bahwa dokumen tersebut berasal dari pihak yang mengaku sebagai penandatangan.

VIDA 00
VIDA dan XL Axiata sepakat berkolaborasi menghadirkan solusi tanda tangan digital untuk korporasi dan UKM.

 

Tanda tangan digital dapat digunakan untuk menandatangani berbagai jenis dokumen, termasuk kontrak, perjanjian, dan faktur. Tanda tangan digital juga dapat digunakan untuk mengirim dokumen secara elektronik, yang dapat menghemat waktu dan biaya yang dibutuhkan untuk pengiriman dokumen secara fisik.

Tanda tangan digital membawa beberapa manfaat di era digital saat ini, seperti lebih keamanan (kriptografi), kepercayaan (membangun kepercayaan antara berbagai pihak), lebih efisien waktu dan biaya dibandingkan metode tradisional, dan legal secar hukum.

Solusi Identitas digital VIDA diakui aman dan terverifikasi

Menyambut kerja sama ini, Sati Rasuanto, Co-Founder dan President VIDA menyatakan kolaborasi VIDA dengan XL Axiata Business Solution menjadi komitmen mereka menciptakan kepercayaan di era digital, dimana identitas digital yang aman dan terverifikasi adalah kuncinya.

“Melalui VIDA Sign Platform yang dikembangkan oleh VIDA Digital Identity, alur kerja bisnis menjadi lebih efisien dengan penandatanganan dokumen digital yang terjamin keamanannya sehingga tidak perlu lagi dokumen fisik,” punkas Sati.

XL Axiata 01
XL jadi provider pertama yang mengadopsi digital ID dari VIDA

 

Memasuki masa post-pandemic, akselerasi digital menjadi prioritas bagi pelaku usaha dan penggunaan tanda tangan digital merupakan salah satu wujud dalam mencapainya. Solusi connectivity yang sudah dikembangkan oleh XL Axiata Business Solution untuk melayani pelanggan korporasi dan UKM semakin lengkap dengan dukungan solusi yang disediakan VIDA.

Mudahkan pelaku usaha dalam menggunakan dokumen digital

Kini, para pelaku usaha – pelanggan dan calon pelanggan XL Axiata Business Solution dimudahkan dalam menggunakan dokumen digital dalam bisnisnya dengan nyaman dan bebas rasa khawatir karena dapat ditandatangani secara sah dengan jaminan hukum.

Feby Sallyanto, Chief Enterprise Business Officer PT XL Axiata Tbk mengungkapkan, “Pertama kali di Indonesia, perusahaan telekomunikasi atau Information & Communication Technology (ICT) memiliki solusi yang dilengkapi dengan keamanan dokumen dan verifikasi identitas. Kami, XL Axiata Business Solutions sebagai mitra dengan layanan ICT terintegrasi meluncurkan product bundling XL BIZ VIDA untuk menawarkan nilai tambah bagi pelaku usaha serta end customer mereka.

Paperless office 01
Adopsi tanda tangan digital VIDA dapat mendorong transformasi digital serta meningkatkan efisiensi operasional bisnis dan berkontribusi pada paperless working environment.

 

Dengan BIZ VIDA, korporasi yang biasanya menggunakan kertas untuk dokumen persetujuan, bisa mengurangi penggunaan kertas. Kami melihat penerapan solusi ini dapat menjadi salah satu cara korporasi untuk mengimplementasikan ESG pada korporasinya. Saat ini XL Axiata juga fokus pada penerapan ESG di setiap lini bisnisnya.”

Sejak tahun 2018, VIDA telah menyediakan layanan verifikasi identitas, tanda tangan digital, dan otentikasi yang kuat untuk bisnis dan individu. Di sisi lain, XL Axiata Business Solution menawarkan solusi serta layanan teknologi informasi dan komunikasi komprehensif untuk bisnis. Kerjasama strategis kedua perusahaan didasari semangat dalam mendorong pengalaman digital yang terintegrasi serta pertumbuhan berkelanjutan bagi korporasi dan UKM di Indonesia.

“Harapannya, kami dapat menciptakan sistem identitas digital tanpa hambatan yang dapat dipercaya, aman, efisien, dan inklusif agar tidak ada yang tertinggal dalam revolusi digital,” tutup Sati.

Menyediakan solusi identitas untuk beragam layanan

PT Indonesia Digital Identity (VIDA) merupakan perusahaan teknologi yang menyediakan solusi identitas digital untuk berbagai layanan, seperti verifikasi identitas (ID verification) dengan biometrik, verifikasi dokumen, dan verifikasi alamat. Solusi tanda tangan digital Digital yang diadopsi XL untuk UKM telah mengikat secara hukum sehiongga sah digunakan untuk menandatangani dokumen secara elektronik.

VIDA juga menawarkan solusi otentikasi tanpa kata sandi yang memungkinkan pengguna untuk masuk ke situs web dan aplikasi tanpa harus mengingat kata sandi. Terakhir, VIDA juga menyediakan solusi keamanan siber untuk membantu bisnis melindungi data dan sistem mereka dari serangan siber.

Tags: , , , , ,


COMMENTS