February 21, 2023

Penetrasi Online Travel Baru Sekitar 40 Persen, Blibli Tiket Bidik Pangsa Pasar Lewat Ekosistem Terintegrasi

Penulis: Iwan RS
Penetrasi Online Travel Baru Sekitar 40 Persen, Blibli Tiket Bidik Pangsa Pasar Lewat Ekosistem Terintegrasi  

Mobitekno – PT Global Digital Niaga Tbk (Blibli) melalui entitas PT Global Tiket Network (tiket.com) menyatakan siap menangkap potensi bisnis dari pemulihan sektor pariwisata tahun ini setelah berakhirnyay pandemi dengan strategi ekosistem terintegrasi perusahaan.

CEO tiket.com, George Hendrata mengungkapkan kondisi industri pariwisata semakin menunjukkan pemulihan signifikan sejalan dengan perolehan bisnis di tiket.com. Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) juga menunjukkan jumlah penerbangan November 2022 yang telah mencapai sekitar 76 persen dari level Januari 2019.

Secara statistik, banyaknya jumlah kamar yang dipesan (roomnights booked) untuk segmen akomodasi telah menyentuh sekitar 300 persen dari level Januari 2019.

Saat berbicara di acara Emiten Talks yang digelar Stockbit Sekuritas (15/2/2023), George menyatakan jika industri travel berkaitan dengan pertumbuhan GDP (Gross Domestic Product). Tahun lalu, pertumbuhan ekonomi 5,3 persen, travel biasanya 2-3 kali dan online travel biasanya lebih tinggi lagi.

Blibli Tiket 02

Menurutnya, penetrasi online travel di Indonesia baru sekitar 40 persen, lebih rendah jika dibandingkan 60 persen di Tiongkok dan sekitar 80 persen di Amerika Serikat (AS) sehingga masih banyak potensi yang bisa digarap sehingga penetrasi ini bisa lebih meningkat.

Co-founder & CMO tiket.com, Gaery Undarsa menambahkan bahwa kebutuhan wisata dan perjalanan merupakan kebutuhan yang tidak terpisahkan dari keseharian masyarakat, termasuk saat pandemi, beragam tren lahir, salah satunya “healing” dan “staycation”.

Hal ini senada dengan pernyataan CEO Blibli Kusumo Martanto dalam Global Tourism Forum lalu, bahwa terdapat tren “revenge travel” setelah pandemi, yakni orang-orang yang selama pandemi tak bisa berwisata, kini mulai berwisata ketika pembatasan sosial mulai dilonggarkan karena merindukan kenormalan sebelum pandemi.

Kusumo menambahkan bahwa Blibli ingin menawarkan solusi untuk traveller dengan ekosistem Blibli, tiket.com, dan Ranch Market, yang menggabungkan e-commerce, online travel agent (OTA), dan supermarket premium.

Blibli Tiket 01

George juga menyatakan bahwa integrasi ekosistem Blibli memungkinkan single sign-on yang membuat konsumen bisa mengakses berbagai layanan di ekosistem dengan sekali masuk, apalagi dengan consumer loyalty program yang juga bisa digabungkan.

“Kita perlu agile. Customer needs akan berubah terus, tren juga terus berubah. Kami di ekosistem Blibli Tiket bertekad untuk menjadi the most trusted omnichannel platform, hal ini diwujudkan dengan menawarkan solusi komprehensif bagi masyarakat yang saat ini kebutuhannya semakin berkembang,” katanya.

Investor Relations Blibli Nathaniel Naldo Widjaja menambahkan bahwa berdasarkan survei yang dilakukan lembaga survei Jakpat, ekosistem Blibli, tiket.com, dan Ranch Market mampu memenuhi hampir 90 persen dari potensi konsumsi masyarakat Indonesia, mulai dari kebutuhan produk-produk dan jasa, e-commerce, perjalanan, gaya hidup, dan groceries.

Pengamat Pariwisata sekaligus ketua Ikatan Cendekiawan Pariwisata Azril Ashari menyatakan bahwa sebaiknya digitalisasi pariwisata memang harusnya ditranslasikan menjadi one stop shopping untuk wisatawan yang meliputi seluruh aktivitas wisata, transportasi, akomodasi, hingga konsumsi. “Digitalisasi ini yang berkembang,” katanya.

Blibli Tiket 03

Senada, pengamat pariwisata Taufan Rahmadi, yang pernah menjadi Anggota Tim Percepatan 10 Destinasi Pariwisata Prioritas RI, menyatakan bahwa ia juga optimis dengan adanya pelonggaran pembatasan sosial di berbagai tempat di Indonesia, akan memberikan peluang naiknya tren orang berwisata tahun ini.

Hal ini sejalan dengan strategi tiket.com yang memberikan solusi lengkap untuk kebutuhan wisatawan, mulai dari ragam pilihan transportasi, akomodasi, hingga aktivitas dan hiburan di mana masyarakat bisa membeli tiket atraksi wisata, paket tur, hingga tiket konser.

“Komitmen kami adalah untuk menjadi the most loved travel and lifestyle platform, maka kami terus berinovasi menyediakan berbagai solusi dan produk yang sesuai dengan tren serta kebutuhan masyarakat,” pungkas Gaery.

Tags: , , , , , , , , ,


COMMENTS