January 19, 2023

Menjelang Galaxy Unpacked 2023, Ini Bocoran Spesifikasi Galaxy S23 dan Galaxy S23+

Penulis: Iwan RS
Menjelang Galaxy Unpacked 2023, Ini Bocoran Spesifikasi Galaxy S23 dan Galaxy S23+  

Mobitekno – Galaxy Unpacked 2023 akan segera digelar pada tanggal 1 Februari mendatang. Menyambut ajang penting tersebut, Samsung Electronics Co., Ltd telah bersiap membuka 29 pameran interaktif Galaxy Experience Space di berbagai lokasi di beberapa kota besar di dunia, mulai dari San Francisco, London, Paris, Singapura, hingga Dubai.

Tanggal pelaksanaan dan penyelenggaraan Galaxy Experience Space pada setiap lokasi berbeda-beda. Ada yang diadakan sebelum ajang Galaxy Unpacked 2023 dan pula pada tanggal Unpacked berlangsung. Sayangnya, kota Jakarta kemungkinan belum mendapatkan jatah sebagai salah satu lokasi pameran Galaxy Experience Space tersebut.

Buat pengguna setia ponsel premium Galaxy S-series, hanya perlu bersabar menyambut kedatangannya setelah acara peluncurannya di bulan Februari nanti. Sebagai ‘pemanasan’ menjelang kehadirannya nanti, WinFuture.de, salah satu blog dari Jerman sudah memberikan bocoran gambar dan spesifikasi dua model ponsel flagship Samsung di 2023, yakni Galaxy S23 dan Galaxy S23+ lengkap dengan spesifikasinya (untuk pasar Eropa).

Bocoran ini memperkuat bocoran sebelumnya yang menunjukkan bahwa desain bodi bulat dari model sebelumnyua dengan menempatkan modul kamera layaknya model Ultra saat ini.

Kedua ponsel memiliki desain yang identik dengan perbedaan pada ukuran layar dan casing. Selain itu, perbedaan spesifikasi juga ditemui pada kapasitas media storage/RAM dan baterai, kecepatan pengisian baterai, serta dukungan protokol komunikasi UWB (ultra-wideband). Belum dapat dipastikan apakah hanya model S23+ atau keduanya mendukung UWB.

Seperti Bluetooth dan Wi-Fi, UWB adalah protokol komunikasi nirkabel (wireless) jarak pendek yang beroperasi melalui gelombang radio. Tetapi tidak Bluetooth dan Wi-Fi, protokol UWB beroperasi pada frekuensi yang sangat tinggi (spektrum frekuensi GHz yang luas) dan dapat digunakan untuk menangkap data spasial dan terarah yang sangat akurat.

Protokol UWB sudah disematkan Samsung pada beberapa ponselnya, sperti Galaxy S21+, S21 Ultra 5G hingga ponsel lipat Galaxy Z Fold3 5G. Apakah model S23 yang beredar di Indonesia juga akan mendukung UWB, kita tunggu saja nanti.

Spesifikasi teknis lengkap dari kedua model flagship Galaxy S series (versi Eropa) ini bisa disimak pada gambar di bawah ini.

Selain spesifikasi di atas, diketahui juga kedua model S23 series ini akan menyediakan dua slot kartu SIM dan dukungan eSIM. Sebagai informasi, eSIM adalah SIM digital berstandar industri yang memungkinkan pengguna mengaktifkan paket seluler dari operator tanpa harus menggunakan SIM fisik.

Khusus pasar di Jerman, saat melakukan pre-order S23 atau S23+, pembeli juga dapat menggandakan kapasitas storage tanpa biaya ekstra. Misalnya, dengan memesan model 128 GB di muka, pembeli akan mendapatkan 256 GB, dan jika memesan opsi terbesar, pengguna hanya perlu membayar dengan harga lebih murah (seharga model 128 GB). Menarik, meski promo ini belum tentu ditawarkan di pasar Indonesia.

Tags: , , , , , ,


COMMENTS