May 17, 2023

Dukung Indonesia Capai Revolusi Industri 4.0, Schneider Electric Gelar Innovation Day 2023

Penulis: Iwan RS
Dukung Indonesia Capai Revolusi Industri 4.0, Schneider Electric Gelar Innovation Day 2023  

Mobitekno – PT Schneider Electric Indonesia, anak perusahaan dari Schneider Electric, menyelenggarakan ajang tahunan Innovation Day 2023 sebagai bagian dari kampanye Green Heroes for Life (GHFL) untuk mendorong pertumbuhan industri strategis nasional melalui otomasi industri berorientasi masa depan, The Profitable Growth of Future Automation.

Innovation Day merupakan salah satu bentuk komitmen Schneider Electric untuk mengembangkan solusi energi dan automasi yang inovatif dan berkelanjutan, serta membangun kemitraan yang kuat dan langgeng dengan pelanggan dan mitra nasional.

Acara ini juga bertujuan mempromosikan inovasi dan kolaborasi dalam mengembangkan solusi manajemen energi dan otomasi yang lebih baik dan berkelanjutan. Kegiatan ini melibatkan lebih dari 100 pelanggan, mitra, inovator, dan pengambil keputusan dari berbagai sektor industri untuk berdiskusi dan berbagi ide tentang solusi manajemen energi dan otomasi yang inovatif dan berkelanjutan.

Kalangan industri yang hadir meliputi sektor manufaktur, infrastruktur, bangunan dan real estat, layanan kesehatan, data center, makanan minuman, minyak dan gas, telekomunikasi, hingga transportasi.

Pada kesempatan ini para ahli yang berasal dari Schneider Electric dan mitra kerja juga turut hadir, termasuk Sanjith Singh (Global VP Software Centric Automation), James Chae (VP Industrial Automation East Asia), Martin Setiawan (Cluster VP Schneider Electric Indonesia), Jonathan Kartawijaya (Managing Director PT Intidaya Dinamika Sejati), Taufik Ang (Director, CV Akuratama Berkat Anugrah), Made Ngurah Natih (Product Application Expert), dan Ferdi Isnanta (Digital Factory Business Offer Manager).

James Chae, VP Industrial Automation East Asia, Schneider Electric mengatakan bahwa software-centric automation akan menjadi masa depan bagi industri manufaktur karena dapat mendukung bisnis untuk mempercepat operasi, mengurangi biaya, dan meningkatkan efisiensi secara keseluruhan.

“Software-centric automation ini juga telah diimplementasikan oleh berbagai industri dan manufaktur di beberapa negara di Asia Timur untuk tetap unggul dan kompetitif di pasar global,” tambahnya.

Praktik terbaik otomasi berpusat pada teknologi perangkat lunak yang terus berkembang sehingga mampu menjalankan operasi cerdas yang efisien, gesit, berkelanjutan, dan fokus pada manusia. Keseluruhan tujuan di atas hanya dapat dicapai melalui integrasi energi, otomatisasi, dan perangkat lunak untuk mendorong pertumbuhan positif serta keberlanjutan.

Dalam Innovation Day 2023, Schneider Electric memperkenalkan solusi terbaru dan tercanggih untuk berbagai sektor industri, termasuk otomasi bangunan, manajemen energi, otomasi industri, dan infrastruktur.

Schneider Electric terus mendukung pemerintah Indonesia dalam pencapaian revolusi industri 4.0 agar ekonomi Indonesia masuk ke dalam 10 besar dunia di tahun 2030, dengan meningkatkan kegiatan ekspor.

Beberapa hal yang terus diupayakan termasuk berkembangnya smart factory, sistem otomasi, Internet of Things (IoT), dan machine learning. Untuk wewujudkan hal tersebut, otomasi menjadi kunci utama, dimana modal fisik berinteraksi dengan modal digital untuk mewujudkan gagasan besar menjadi aksi nyata.

“Perkembangan otomasi industri selanjutnya akan ditandai oleh makin berperannya perangkat lunak dalam menggerakkan transformasi digital yang didorong oleh kekuatan komputasi dan keterhubungan.

Schneider Electric Indonesia siap menjadi bagian tak terpisahkan dalam penciptaan ekosistem otomasi industri di Indonesia melalui serangkaian solusi dan produk kelas dunia,” jelas Roberto Rossi, Cluster President Schneider Electric Indonesia dan Timor Leste.

Program kampanye Green Heroes for Life (GHFL) dimaksudkan untuk memerangi perubahan iklim dan mencapai keberlanjutan di Indonesia. Program ini memasuki tahun kedua dan secara aktif melibatkan berbagai pemangku kepentingan di seluruh Indonesia.

Tags: , , , , , ,


COMMENTS