October 16, 2023

Hadirkan Mobile EV Charger di Indonesia, PLN Icon Plus Jalin Kerja Sama dengan Startup Korea EnercampEV

Penulis: Iwan RS
Hadirkan Mobile EV Charger di Indonesia, PLN Icon Plus Jalin Kerja Sama dengan Startup Korea EnercampEV  

Mobitekno – PLN Icon Plus, Subholding Beyond kWh dari PT PLN (Persero), berkomitmen dalam mendukung ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. Kali ini, PLN Icon Plus menjajaki kerjasama dengan EnercampEV, sebuah perusahaan start-up yang bergerak di bidang pengembangan teknologi pengisian daya kendaraan listrik atau EV Charging.

Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) ini masing-diwakili oleh Direktur Utama PLN Icon Plus, Ari Rahmat Indra Cahyadi dengan CEO EnercampEV, Joshua Jungsub Choi di Jakarta, Jumat lalu (13/10/2023).

Enercamp EV charger 00

Acara penandatanganan turut disaksikan oleh Direktur Electricity Related Business PLN Icon Plus, Chipta Perdana dan Direktur Bisnis Konektivitas PLN Icon Plus, Sigit Witjaksono, dan CEO PT QST Agung Jaya, Mok Eui Soo.

Berdasarkan Indonesia Electric Vehicle Outlook 2023, transisi ke kendaraan listrik telah dimasukkan ke dalam agenda pemerintahan Indonesia. Untuk memenuhi target pengurangan emisi di bawah persetujuan National Determined Contribution (NDC), kendaraan roda dua listrik harus mencapai jumlah 1,8 juta pada tahun 2025 dan 13 juta pada tahun 2030. Sementara kendaraan roda empat listrik harus mencapai 0,4 juta pada tahun 2025 dan 2 juta pada tahun 2030.

PLN Icon Plus: Kemitraan untuk ekosistem kendaraan listrik

Direktur Utama PLN Icon Plus, Ari Rahmat Indra Cahyadi menyebutkan bahwa PLN Icon Plus mendukung ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. Upaya yang dilakukan termasuk membuka peluang kemitraan bisnis atau partnership dengan EnercampEVM.

“Kolaborasi antara perusahaan Indonesia dan Korea Selatan ini, yaitu antara PLN Icon Plus dengan EnercampEV, diharapkan kedua pihak bisa bersama mendukung ekosistem kendaraan Listrik di Indonesia. Kerjasama yang akan dilakukan yaitu pengembangan dan penerapan solusi pengisian kendaraan listrik atau EV Charging” jelas Ari Rahmat.

Kerjasama ini bertujuan untuk mendukung perkembangan dan eksosistem kendaraan listrik di Indonesia. Dengan adanya kerjasama ini diharapkan masyarakat semakin terbantu dalam mengakses layanan pengisian daya kendaraan listrik yang lebih fleksibel dan mudah.

Enercamp EV charger 02

“Pengguna kendaraan listrik tidak perlu khawatir baterai habis jika sedang berkendara atau berada jauh dari charging station yang ada. Cukup panggil layanan charger mobile ini melalui aplikasi yang disiapkan” tambah Ari.

“Selain itu, kerjasama ini juga akan membantu mendorong inovasi di bidang kendaraan listrik dan infrastruktur pengisian daya. Melalui kolaborasi dengan EnercampEV PLN Icon Plus akan terus mengembangkan solusi yang lebih efisien dan ramah lingkungan untuk mendukung pertumbuhan eksosistem kendaraan listrik di Indonesia” tambah Ari.

Dukungan PLN Icon Plus terhadap eksosistem kendaraan listrik sejalan dengan komitmen PLN Group untuk mendukung pengembangan energi bersih dan berkelanjutan di Indonesia atau Net Zero Emission. Dengan semakin banyaknya kendaraan listrik di jalan PLN Icon Plus berupaya untuk menyediakan infrastruktur pengisian daya yang berkualitas dan dapat diakses oleh semua pengguna kendaraan listrik.

Diharapkan kerjasama antara PLN Icon Plus dan EnercampEV ini akan menjadi langkah awal dalam percepatan adopsi kendaraan listrik di Indonesia. Selain memberikan manfaat bagi pengguna kendaraan listrik kerjasama ini juga akan berdampak positif bagi lingkungan dengan mengurangi emisi gas rumah kaca dari penggunaan kendaraan berbahan bakar fosil.

Keunggulan sistem pengisian daya EnercampEV

EnercampEV adalah perusahaan startup Korea Selatan yang menyediakan layanan pengisian daya kendaraan listrik (EV). Mereka menawarkan solusi unik untuk masalah infrastruktur pengisian daya EV yang terbatas dengan membawa pengisi daya ke kendaraan, dan bukan sebaliknya.

Hal ini dianggap berguna bagi pemilik kendaraan listrik yang tinggal di daerah dengan opsi pengisian daya terbatas atau yang perlu mengisi daya kendaraan mereka saat bepergian.

Unit pengisian daya seluler EnercampEV pada dasarnya adalah baterai besar yang dapat diangkut ke mana pun EV perlu diisi daya. Unit-unit ini dapat dihubungkan ke port pengisian daya EV dan akan memberikan pengisian penuh dalam waktu sekitar satu jam.

Perusahaan ini juga menawarkan sistem “power boost” yang dapat digunakan untuk meningkatkan kapasitas pengisian daya pengisi daya EV yang sudah ada untuk sementara waktu.

Selain itu, pengisi daya EnercampEV juga diklaim dapat melakukan pengisias daya penuh kendaraan hanya dalam waktu sekitar satu jam, sehingga pengguna dapat kembali melanjutkan perjalanan tanpa harus menunggu lama.

Tags: , , , , , , , ,


COMMENTS