February 16, 2023

Orangtua Wajib Simak! Begini Jurus Temani Anak Belajar Bebas Drama

Penulis: Rizki R

Hadirkan suasana belajar yang lebih interaktif

Anak-anak yang lebih besar, seperti yang sudah duduk di kelas 4-6 SD, biasanya mereka mulai memilih untuk belajar mandiri. Tapi belajar mandiri kadang bisa berlangsung monoton dan membosankan, sehingga tanpa pengawasan dan pendampingan orang tua mereka lekas bosan atau terdistraksi.

Di sinilah orang tua bisa membuat suasana belajar yang lebih interaktif. Saat belajar IPA misalnya, ketimbang hanya membaca dan menghafal buku pelajaran, dampingi anak browsing tutorial eksperimen sains di Internet atau di YouTube, lalu dampingi mereka melakukan eksperimennya.

Samsung

Layar ini sudah dilengkapi dengan fitur Eye Comfort Shield berteknologi blue light filter sehingga mata anak tetap nyaman dan terlindungi meski menggunakan tablet ini lebih lama.

Untuk mengaktifkan Eye Comfort Shield, tarik turun panel Quick Setting >> tap ikon Eye Comfort untuk mengaktifkan. Cahaya layar akan langsung berubah menjadi lebih lembut di mata.

Belajar sambil mengembangkan talenta diri

Orangtua juga dapat mengatasi kebosanan belajar anak sembari mengasah minat, hobi, atau talenta mereka. Mengajak anak belajar di luar ruangan juga metode belajar yang menarik, sekalian berganti suasana.

Di luar ruangan anak bisa belajar biologi sambil berkebun di halaman belakang atau sambil berkunjung ke kebun binatang. Sambil mendiskusikan mengenai berbagai macam makhluk hidup, Anda dan anak bisa mencari berbagai informasi tambahan melalui Galaxy Tab A7 Lite Wi-Fi.

Samsung

Tak usah khawatir kehabisan baterai saat berkegiatan di luar ruangan, sebab tablet ini didukung baterai berkapasitas besar 5100mAh yang mendukung aktivitas lebih lama. Bila baterai sudah lowbatt, 15W Adaptive Fast Charging akan membuat pengisian ulang baterai menjadi lebih cepat.

Berikan anak waktu untuk bermain dan istirahat 

Jangan forsir anak untuk terus belajar, karena mereka juga membutuhkan waktu untuk relaksasi dan memulihkan pikirannya. Agar anak dan orang tua sama-sama tercapai tujuannya, ajak anak untuk menyelesaikan satu tugas atau aktivitas, kemudian berikan reward yang disukai, seperti screen time untuk bermain game atau menikmati channel favorit mereka di YouTube dengan menggunakan Galaxy Tab A7 Lite Wi-Fi.

Tablet ini juga memiliki aplikasi Samsung Kids yang berisi aneka konten interaktif yang menyenangkan.

Batasi durasi screen time dengan menggunakan fitur parental controls yang ada di Samsung Kids. Pada fitur ini, orang tua dapat memberikan waktu screen time yang sama untuk setiap hari, maupun mengatur waktu spesifik untuk masing-masing harinya, misalnya ekstra 1 jam di akhir pekan. Jangan lupa bimbing anak untuk istirahat atau tidur siang agar energi mereka dapat pulih dan mood mereka tetap positif.

Tags: , , , ,


COMMENTS