April 14, 2023

Kilang Pertamina Plaju Luncurkan e-Workshop 2.0 Untuk Mudahkan Proses Pemeliharaan Kilang

Penulis: Iwan RS
Kilang Pertamina Plaju Luncurkan e-Workshop 2.0 Untuk Mudahkan Proses Pemeliharaan Kilang  

Mobitekno – PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Refinery Unit III (RU III) Plaju (Kilang Pertamina Plaju) terus beradaptasi dengan kemajuan teknologi dalam menjalankan operasionalnya.

Baru-baru ini, pekerja Kilang Pertamina Plaju meluncurkan Aplikasi E-Workshop 2.0, sebuah solusi digital terbaru untuk proses pemeliharaan kilang yang efisien pada hari Selasa (11/4/2023) di Gedung Patra Ogan, Komperta Plaju.

Acara Go Live ini dihadiri oleh perwakilan kantor pusat PT KPI, RU II Dumai, RU IV Cilacap, RU VI Balongan, RU VII Kasim beserta General Manager dan seluruh jajaran Manajemen dan Section Head dari Kilang Pertamina Plaju.

General Manager Kilang Pertamina Plaju, Yulianto Triwibowo mengapresiasi langkah Kilang Pertamina Plaju meluncurkan e-Workshop 2.0 dan berharap dilakukan secara tertib dari awal hingga akhir, mulai dari tertib dalam administrasi hingga tertib dalam pengeksekusiannya.

Kilang Pertamina Plaju 00

Aplikasi e-Workshop 2.0 juga dapat menjadi pembuka jalan untuk aplikasi-aplikasi lain yang dapat me-record setiap pekerjaan yang telah diselesaikan dan memastikan bahwa pekerjaan tersebut benar-benar berarti.

Yulianto meyakini bahwa para pekerja di Kilang Pertamina Plaju mampu menjadi pemimpin dan berinovasi untuk bersama memajukan Kilang Pertamina Plaju di era digitalisasi.

“Harapan saya untuk e-Workshop ini jadi milestone kita untuk menciptakan Aplikasi Digital lainnya. Sehingga kita bisa bekerja lebih optimal tidak hanya di kantor atau di kilang tapi bisa sambil santai kita memonitor performancenya,” ujar Yulianto.

Manager Domestic Product Content & Digital PT KPI Pusat, Yuliusman sangat mendukung adanya program e-Workshop ini untuk menjadi tools bagi pekerja di fungsi Maintenance dalam mentracking, memonitor dan maintenance alat di workshop.

“Kita mengapresiasi atas hasil jerih payah dan inovasinya, kita harapkan ini akan menular ke RU lainnya. Semoga aplikasi ini bermanfaat untuk mentracking monitoring dan menjadi cikal bakal inovasi selanjutnya,” ujarnya.

Kilang Pertamina Plaju 02

Vice President (VP) Reliability PT KPI, Eko Sunarno menjelaskan bahwa e-Workshop ini merupakan salah satu mata rantai dalam pengelolaan reliability dan e-Workshop ini juga merupakan cerminan dari bagaimana kita mengelola maintenance.

Kemampuan seseorang untuk mengelola maintenance akan terlihat di workshop ini seperti rotatif, instrumen, stationery, electrical termasuk untuk melakukan perbaikan. “Saya mengapresiasi peluncuran workshop 2.0 ini karena disitulah akan terlihat bagaimana teman-teman mengelola workshop ini lebih dalam lagi,” ujarnya.

Acara ini diakhiri dengan penandatanganan Komitmen Implementasi e-Workshop PT Kilang Pertamina Internasional Refinery Unit III Plaju 2023 oleh beberapa manajemen yang terkait dengan pemeliharaan di Kilang Pertamina Plaju.

Tags: , , , , ,


COMMENTS