January 13, 2023

Pertahankan Kualitas Layanan Terbaik Mitra Driver, Gojek Kembali Gelar Bengkel Belajar Mitra di Beberapa Kota

Penulis: Iwan RS
Pertahankan Kualitas Layanan Terbaik Mitra Driver, Gojek Kembali Gelar Bengkel Belajar Mitra di Beberapa Kota  

Mobitekno – Layanan on-demand Gojek menggelar kembali rangkaian kegiatan Bengkel Belajar Mitra (BBM) di beberapa kota. Wadah pelatihan dan pengembangan diri yang rutin dilakukan Gojek sejak 2018 ini bertujuan mempertahankan kualitas mitra driver agar Gojek tetap unggul dalam layanan transportasi online di Indonesia.

Stella Darmadi, Head of Global Marketing Ride & Transport Brand Experience Gojek menyatakan, “Bengkel Belajar Mitra (BBM) adalah salah satu dari rangkaian kegiatan terintegrasi dan berkelanjutan kami untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan mitra driver agar semakin menjadi andalan pelanggan dan terbaik di industri.

Setelah sebelumnya digelar secara online, tahun ini BBM kembali hadir di kota-kota besar di Indonesia dengan menargetkan partisipasi ribuan mitra driver. Berdasrkan riset Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), Gojek merupakan layanan transportasi online yang paling banyak digunakan masyarakat Indonesia salah satunya karena adanya rasa aman bagi pengguna layanan transportasi online.

Selain pelatihan tatap muka melalui BBM, Gojek juga terus menyediakan pelatihan berbasis online yang dapat diakses kapanpun dan dimanapun melalui fitur Tips Pintar di aplikasi mitra driver. Antusiasme mitra driver tetap tinggi mengakses berbagai modul Tips Pintar. Tercatat sebanyak lebih dari 14 juta kali diakses oleh hampir 1 juta mitra driver.

Stella menambahkan bahwa BBM dan Tips Pintar adalah bagian dari tiga pilar inisiatif Gojek dalam menjadikan mitra driver andal dan berkualitas serta perilaku terbaik dalam memberikan layanan kepada pelanggan.

Adapun ketiga pilar tersebut terdiri dari Pilar Pembelajaran dan Pengembangan (BBM dan Tips Pintar), Pilar Keterlibatan Mitra Driver dan Pelanggan (Forum Kopdar dan Kolom Komentar Pelanggan di Aplikasi), dan terkahir Pilar Apresiasi (Driver Jempolan).

“Selain memberikan pelatihan, penting bagi kami untuk terus melibatkan masukan para mitra driver dan pelanggan untuk mengetahui apa yang butuh dilatih dan diperbaiki. Di samping itu, apresiasi harus diberikan kepada mereka yang berhak mendapatkannya untuk menghargai serta memotivasi mitra untuk terus memberikan layanan terbaik bagi pelanggan,” jelas Stella.

Memfokuskan pelatihan pada topik “service excellence” atau pelayanan prima, Gojek kembali menggandeng Worldwide Quality Assurance (WQA), yakni lembaga internasional yang selama ini fokus melatih perusahaan-perusahaan nasional di berbagai industri untuk hadirkan layanan yang berkualitas kelas dunia.

Kehadiran WQA dalam pelatihan BBM jadi bentuk komitmen Gojek untuk terus menjadikan mitra driver sebagai andalan konsumen di Indonesia dengan kualitas dan perilaku terbaik di Industri.

Adapun materi pelayanan prima juga mengacu kepada Tata Tertib Gojek (Tartibjek) bagi mitra driver, termasuk cara bersikap/berbicara yang sopan kepada pelanggan, serta cara berperilaku untuk memastikan kenyamanan pelanggan selama perjalanan. Selain teori, penyampaian materi juga dilakukan dengan metode roleplay agar lebih menarik dan mudah dipahami para mitra.

Sebelumnya, BBM telah memberikan pelatihan yang dapat menunjang operasional para mitra dalam melayani pelanggan seperti pelatihan P3K, perawatan kendaraan, anti kekerasan seksual, keselamatan berkendara, bahasa inggris, hingga wirausaha dan pengelolaan keuangan. Pada September 2022 kemarin, pelatihan BBM juga diselenggarakan untuk mempersiapkan ratusan mitra driver motor listrik yang menjadi armada resmi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20.

Tags: , , , , , , , , , ,


COMMENTS