August 10, 2023

Beam Mobility dan UI Kolaborasi Hadirkan Layanan Mobilitas Mikro yang Ramah Lingkungan di Lingkungan Kampus

Penulis: Iwan RS
Beam Mobility dan UI Kolaborasi Hadirkan Layanan Mobilitas Mikro yang Ramah Lingkungan di Lingkungan Kampus  

Mobitekno – Beam Mobility melihat potensi pasar untuk menyediakan layanan feeder bagi para komuter di Indonesia. Startup asal Singapura yang ingin menjadi perusahaan mobilitas mikro terdepan di kawasan Asia Pasifik ini sejauh ini telah menyediakan layanan penyewaan skuter listrik (e-scooter), sepeda listrik, dan moped (e-moped) yang merupakan sepeda motor kecil yang berpedal.

Hadirnya layanan transportasi dengan mobilitas mikro dari Beam Mobility ini juga bertujuan untuk mendukung target pemerintah Indonesia dalam menurunkan emisi karbon menuju target Net Zero Emission di tahun 2060 nanti.

Beam Mobility 04
PT Beam Mobility Indonesia dan Universitas Indonesia (UI) meresmikan kerjasama penggunaan sepeda listrik Beam Rover di area UI Kampus Depok, Jawa Barat (Foto: Humas UI).

Sudah hadir di kota-kota, seperti Jakarta, Banten, Jawa Barat, Semarang, dan Bali, Beam Mobility biasanya menyasar kawasan hunian dan kawasan pendidikan. Seperti yang telah dihadirkan mereka di kawasan kampus Universitas Indonesia (UI), Depok dan beberapa kawasan lainnya.

Sejak Juni 2023 lalu, Beam bahkan sudak melakukan kolaborasi dengan pengembang Jababeka Group, dilanjutkan dengan Citra Raya, dan Kota Harapan Indah, Bekasi.

Beam Mobility: Layanan transportasi yang efisien dan ramah lingkungan bagi sivitas akademika UI

Selain itu, Beam Mobility juga telah mengoperasikan armadanya selama dua bulan di Universitas Indonesia dan Bintaro Jaya. Beam Mobility telah menjelma menjadi transportasi alternatif bagi pengguna yang ingin melakukan aktivitas maupun para sivitas akademika UI untuk melakukan perjalanan di dalam kawasan hunian ataupun kampus.

“Kami mengisi celah untuk menjadi feeder bagi para komuter untuk melakukan perjalanan secara lebih mudah, singkat, dengan biaya yang sangat terjangkau dari rumah – transportasi umum – kantor dan sebaliknya,” ujar Country Manager Beam Mobility Indonesia, Devraj Sathivelu.

Beam Mobility 01

Sementara itu, di lingkungan Universitas Indonesia, Beam Mobility mengakomodasi kebutuhan mobilitas dari para sivitas akademika untuk berkegiatan antar fakultas maupun ke dan dari sarana transportasi umum.

Misi Beam Mobility untuk edukasi mobilitas mikro bagi masyarakat

Untuk memberikan edukasi kepada masyarakat khususnya sivitas akademika perihal sustainability lifestyle, Beam menjadi bagian kegiatan career outlook yang diadakan oleh AIChE UI SC (American Institute of Chemical Engineers Universitas Indonesia Student Chapter).

Kegiatan ini mengangkat tema “Net Zero Emission for Sustainable Future” dengan target seluruh sivitas akademika UI, kampus lainnya di Jabodetabek, maupun khalayak yang tertarik dengan perubahan iklim, sustainability lifestyle dan kegiatan inovatif untuk dukung keberlangsungan alam.

“Nasib generasi berikutnya akan ditentukan dari aktivitas, maupun kegiatan yang kita lakukan saat ini. Kami hadir di Indonesia untuk mengakomodir mobilitas mikro masyarakat Indonesia atau dalam hal ini kami sebut micro-mobility melalui kendaraan ramah lingkungan, aman karena telah dilengkapi dengan teknologi terkini dan berbiaya rendah,” tutur Devraj Sathivelu.

Dia berharap, kerja sama antara Beam dengan Universitas Indonesia dapat mendukung green metric UI serta menciptakan lingkungan belajar yang inovatif, berkelanjutan, dan sejalan dengan perkembangan teknologi.

“Kerja sama dengan Universitas Indonesia merupakan upaya PT Beam Mobility Indonesia dalam mendorong gerakan green living di Indonesia,” tuturnya.

Beam Mobility 02

Pada 2019, Beam mendapatkan sertifikasi Climate Neutral sebagai perusahaan yang berkomitmen untuk menghilangkan emisi karbon. Beam menerapkan Reduction Action Plan untuk mengurangi emisi dalam kegiatan operasinya dan menggunakan armada listrik dari sumber terbarukan bersertifikat.

“Kolaborasi yang kami lakukan bersama Universitas Indonesia maupun Bintaro Jaya merupakan pengejewantahan dari Beam Mobility seutuhnya. Beam Mobility bukanlah sekadar layanan ridesharing e-bike yang ramah lingkungan. Namun Beam Mobility adalah sebuah program inisiasi yang mencoba menstimulasi peran serta Masyarakat untuk menjalani gaya hidup baru yang lebih sustainability conscience,” jelasnya.

Beam juga berkomitmen terus-menerus melakukan edukasi untuk meningkatkan kemampuan dan kewaspadaan penggunanya melalui program pelatihan Beam Safety Academy. Program pelatihan ini dilakukan secara tatap muka, terbuka untuk umum dan tanpa dikenakan biaya.

Para peserta Beam Safety Academy akan diajarkan mengenai implementasi fitur-fitur bagaimana cara menggunakan armada ramah lingkungan Beam. Di Universitas Indonesia sendiri, Beam Mobility telah mengadakan Beam Safe Academy pada 26 Juli yang lalu.

Para pengguna diajarkan untuk dapat mengenai kondisi jalanan, misal kapan harus menurunkan kecepatan, memahami area yang tidak diperkenankan dilalui, titik parkir terdekat dan informasi penting lainnya agar memiliki pengalaman berkendara dengan BEAM yang aman.

Mobilitas mikro sebagai bentuk dukungan Net Zero Emission

Selain di Indonesia, saat ini Beam Mobility telah mengoperasikan layanan berbagi skuter dan sepeda elektrik di lebih dari 60 kota di Australia, Selandia Baru, Malaysia, Thailand, Korea, dan Turki.

Menurut Devraj, hadirnya Beam Mobility di UI, kawasan hunian, maupun kota lainnya merupakan upayanya mendorong target Indonesia dalam mencapai Net zero Emission.

Kami yakin masyarakat Indonesia secara perlahan akan siap untuk mengadopsi gaya hidup sustainable, salah satunya melalui layanan mikromobilitas. Karena pada kenyataannya kita semua berhutang terhadap masa depan untuk generasi berikutnya,” tutup Devraj.

Tags: , , , , , , , , ,


COMMENTS