April 10, 2023

Jadi Referensi Informasi Keketuaan ASEAN 2023, Kominfo Luncurkan ASEANpedia

Penulis: Iwan RS
Jadi Referensi Informasi Keketuaan ASEAN 2023, Kominfo Luncurkan ASEANpedia  

Mobitekno – Kementerian Komunikasi dan Informatika meluncurkan buku elektronik atau e-book ASEANpedia. Penerbitan ASEANpedia ini merupakan bagian dari kegiatan Keketuaan Indonesia ASEAN 2023. ASEANpedia dapat diakses melalui https://s.id/aseanpedia.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo, Usman Kansong melalui menyatakan ASEANpedia akan menjadi sumber pengetahuan tentang ASEAN serta acuan penanaman sikap di kalangan masyarakat mengenai kontribusi ASEAN bagi geopolitik maupun geoekonomi kawasan.

“Tema Keketuan ASEAN Indoneaia 2023 ialah ASEAN Matters: Epicentrum if Growth. Buku ini kiranya dapat memberi pemahaman kepada masyarakat bahwa ASEAN relevan untuk berkontribusi menjadi pusat pertumbuhan ekonomi dunia,” ujarnya di Jakarta Pusat, Senin (10/4/2023).

Dirjen Usman Kansong berharap e-book ini dapat menjadi acuan untuk mencari berbagai informasi tentang ASEAN dan Keketuaan ASEAN Indonesia 2023.

“Buku ini menarik karena mampu menginformasikan kesuksesan ASEAN secara geoekonomi dan geopolitik dengan menggunakan bahasa yang sederhana,” ungkapnya.

ASEANpedia 03

Informasi yang disajikan dalam ASEANpedia terbagi dalam tiga bab besar, yaitu informasi umum ASEAN, peran Indonesia di ASEAN, dan Keketuaan Indonesia ASEAN 2023. Informasi yang tersaji pun dalam dua bahasa yaitu Indonesia dan Inggris.

Pada bagian pertama, ASEANPedia mengajak pembaca menengok sejarah ASEAN. Buku elektronik ini dengan gamblang dan runut mengulas awal mula terbentuknya organisasi negara-negara kawasan Asia Tenggara ini, mulai Deklarasi Bangkok, Piagam ASEAN, syarat menjadi anggota, hingga judul lagu resminya. Bagian pertama ASEANPedia juga membahas peran organisasi ini untuk dunia.

Bagian kedua ASEANPedia mengupas peran internasional Indonesia. Di sini dibahas bagaimana sepak terjang Adam Malik. Ia menjadi sosok sentral sebagai pendiri ASEAN. Peran Indonesia dalam mendamaikan berbagai konflik yang melibatkan negara-negara anggota, seperti Vietnam-Kamboja, Thailand-Kamboja, hingga konflik Philipina dan MNLF juga dibahas di sini

Bagian ketiga mengupas banyak hal terkait Keketuaan Indonesia ASEAN 2023, mulai visi dan misi, makna tema dan logo, hingga lokasi penyelenggaraan KTT.

ASEANpedia 01

ASEANpedia 02

Dirjen IKP Kementerian Kominfo juga mengharapkan e-book ASEANpedia ini, akan menjadi rujukan bagi pekerja media massa dalam mencari informasi tentang seluruh rangkaian kegiatan Keketuaan ASEAN 2023.

E-book ASEANpedia merupakan living document atau dokumen hidup, sehingga isi buku, seperti artikel, infografis, maupun video, akan secara terus-menerus diperbarui sesuai dinamika pelaksanaan agenda kegiatan.

“Informasi di dalam ASEANpedia ini akan terus di-update sesuai kebutuhan dan perkembangan informasi terkini,” ungkapnya.

Bagi Anda yang ingn mengetahui informasi lebih lanjut terkait ASEANpedia, dapat menghubungi Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo (Usman Kansong – 0816785320).

Tags: , , ,


COMMENTS