January 10, 2023

Review Realme 10 Pro 5G, Smartphone Mid-Range dengan Banyak Fitur Flagship

Penulis: Desmal Andi
Review Realme 10 Pro 5G, Smartphone Mid-Range dengan Banyak Fitur Flagship  

Mobitekno – Di awal tahun 2023, realme langsung menggebrak pasar smartphone Indonesia dengan menghadirkan realme 10 Pro series 5G. Smartphone yang meluncur pada tanggal 10 Januari 2023 ini menjadi penerus realme 9 Pro series pada tahun lalu. Dengan begitu, tentu ada banyak penyempurnaan, baik dari sisi fitur maupun performa.

Sejak tahun 2023 baru saja dimulai, perlahan realme sudah menginformasikan mengenai keunggulan-keunggulan yang ada di realme 10 Pro Series 5G ini, baik varian realme 10 Pro 5G maupun realme 10 Pro+ 5G. realme sendiri menyampaikan ada peningkatan fitur pada smartphone ini dimana realme menyematkan fitur-fitur yang biasanya terdapat pada smartphone flagship. Hal ini membuat pengguna bisa merasakan flagship experience pada smartphone realme 10 Pro series 5G..

Sebelum meluncur secara resmi, Mobitekno mendapatkan kesempatan untuk merasakan performa dan berbagai macam fitur yang ada pada smartphone ini. Kami diberi kesempatan untuk menguji terlebih dahulu varian realme 10 Pro 5G. Masih tetap dengan warna boks kebanggaannya yaitu dominan kuning, realme 10 Pro 5G menawarkan banyak pengalaman flagship pada smartphone kelas menengah.

20230110 071158
realme 10 Pro 5G

Kelengkapan

Datang dengan kotak kemasan tersegel rapi, realme 10 Pro 5G langsung menggoda kami untuk segera membukanya. Sat set sat set, tanpa perlu lama, segel dan kotak kemasannya ini kami bongkar. Di dalamnya terdapat:

  1. Smartphone realme 10 Pro 5G dengan warna Dark Matter
  2. SIM Card Ejector
  3. Kabel data dan charger USB type C
  4. Adapter pengisian cepat 33W SUPERVOOC
  5. Softcase pelindung smartphone
  6. Buku petunjuk singkat dan kartu garansi
IMG 20230102 160014
Kelengkapan paket penjualan

Desain

Membawa slogan “Boundless Display, New Vision”, sudah mengindikasikan bahwa realme ingin menunjukkan sisi desain dari realme 10 Pro 5G. Melalui realme 10 Pro 5G, realme memang ingin memberikan pengalaman baru di kelas mid-range, khususnya melalui layar, desain, dan teknologi kamera, layaknya smartphone kelas flagship. Apalagi hal ini juga ditunjang dari respon positif banyak pengguna terhadap realme 10. Oleh sebab itu, melalui semangat Dare to Leap, realme pun menghadirkan realme 10 Pro 5G, smartphone dengan fitur premium untuk para generasi muda di Indonesia.

Mari kita bahas satu persatu mengenai desain realme 10 Pro 5G. Yang pertama tentu dari sisi layar. Layar smartphone ini berukuran 6,72 inci, 2400 x 1800 FHD+, 391 ppi, 240Hz Touch sampling rate, dan memiliki screen to body ratio sebesar 93,76%. Ini membuat layar realme begitu lega. Desain layar yang lega ini juga berkat inovasi realme yang membuat bezelnya lebih tipis dari berbagai smartphone lain. Ketebalan bezel hanya 1mm. Jadi, dipadukan dengan kemampuan refresh rate 120hz, membuat smartphone ini lebih unggul dari para pesaing dari sisi desain di kelas mid-range. realme sendiri menyebutnya dengan istilah 120Hz Boundless Display.

Refresh rate yang 120Hz ini juga masih fleksibel digunakan untuk berbagai macam aktivitas. Terhitung ada 6 tingkatan refresh rate yang bisa digunakan untuk memanjakan mata, yaitu kebutuhan membaca dengan 30Hz, film dengan 49Hz, multimedia dengan 50Hz, video dengan 60Hz, gaming 60hz dan 90Hz, serta Information stream dengan 90Hz atau 120hz. Realme 10 Pro 5G juga sudah memiliki sertifikat TUV Rheinland yang dapat melindungi mata pengguna dari dampak sinar biru.

Desain inovatif untuk realme 10 Pro 5G ini juga didukung teknologi RAZR. Ini termasuk teknologi Inseal, TopNotch dan Active Antenna Switching. Hal inilah mengapa realme 10 Pro 5G bisa tampil kompak dan slim dengan bezel samping setipus 1mm dan bezel atas hanya 1,15mm. Sementar tebal bodinya hanya 8,1mm. Dimensi smartphone adalah 163.7mmx74.2×8.1mm,190g.

tipis
Narrowest bezel smartphone with 108MP Camera in segmen

Teknologi Inseal sendiri adalah inovasi untuk menyaukan semua perangkat smartphone dengan kokoh yang direkatkan dari dalam tanpa lem di bagian luar smartphone. Ini menjadikan perangkat terlihat lebih elegan karena tampilan bezel yang tipis. Sementara teknologi TopNotch Display adalah teknologi yang mengintegrasikan sensor cahay ke bagian atas bezel. Ini mampu memberikan apra pengguna tampilan layar yang lebih luas.

Beralih ke sisi-sisi samping smartphone. Di bagian kanan terdapat tombol power dan volume yang diletakkan berdampingan. Sementara di sisi sebaliknya ada slot SIM Card. Jack audio 3,5mm port USB type C, lubang speaker dan mikrofon ada di bagian bawah.

Dengan salah satu taglinenya yaitu Narrowest bezel smartphone with 108MP Camera in segmen, sudah tentu smartphone ini membawa dua kamera diletakkan di bagian belakang, dimana satu kamera berkemampuan 108MP yang menggunakan sensor HM6 dari Samsung. Ini juga menjadi satu keunggulan dari realme 10 Pro 5G. Apalagi realme juga menerapkan fungsi Prolight camera untuk memenuhi kebutuhan pengguna. Satu kamera lagi adalah kamera portrait 2MP. realme juga menyematkan kamera depan berkemampuan 16MP di bagian layar. t

Guna mendorong performa smartphone dalam menangkap sinyal jaringan dari operator, realme mendesain smartphone ini dengan delapan antena yang ditempatkan menutupi seluruh lingkar realme 10 Pro 5G. desain dapat meningkatkan pengalaman koneksi sekaligus mengurangi ruang yang biasa digunakan oleh antena di bagian atas dan bawah smartphone.

Antena
Desain 8 antena yang mengelilingi bodi smartphone

Desain menarik lainnya adalah permukaan smartphone yang tidak dibuat glossy sehingga idak licin saat dipegang. Ini membuat smartphone lebih nayaman saat dipegang. Namun jika ingin merasa lebih aman lagi, gunakan saja softcase yang diberikan dalam paket penjualannya. Di sini, realme memang menonjolkan desain klasiknya yang menyajikan flat-edge sides.

20230110 071514
Permukaan tidak licin karena sehingga mudah untuk digenggam

Performa

Performa tentunya menjadi hal yang sering ditanyakan orang saat sebuah smartphone tipe baru hadir di pasar. Hal ini juga tampaknya menjadi perhatian realme. Tidak heran jika pada realme 10 Pro 5G ini menggunakan prosesor Snapdragon 695 5G yang menawarkan performa andal. Performa CPU pun bisa 15% lebih baik dari varian sebelumnya. Begitu juga dengan performa GPU yang meningkat 30%. Prosesor yang menggunakan fabrikasi 6nm ini juga membuat sistem menjadi lebih hemat daya. GPU smartphone ini menggunakan Adreno A619.

prosesor
Snapdragon 695 5G yang menawarkan performa andal

Tidak hanya dari faktor prosesor dan GPU yang membuat performanya bagus, tetapi juga memori. realme sendiri memberikan 2 varian untuk realme 10 Pro 5G ini, yaitu varian memori 8GB/128GB dan 8GB/256GB. Memori sebesar 8GB ini juga masih dapat diekspansi dengan fitur Dynamic RAM, sehingga bisabertambah 8GB lagi. Jadi kamu serasa memiliki smartphone dengan memori total 16GB.

Pemilihan storage yang dimulai dari 128GB juga kami acungi jempol. Hal ini karena masalah penyimpanan data yang minim seringkali menjadi masalah bagi pengguna smartphone. Oleh sebab itu, storage tertinggi yaitu 256GB menjadi solusi yang jitu. Kecepatan transfer data juga tidak diragukan lagu karena realme menggunakan jenis UFS 2.2 sehingga bisa melakukan proses baca dan tulis begitu cepat. Masih kurang? Ada dukungan memori eksternal MicroSD yang dapat memberikan tambahan storage hingga 1TB.

Sekarang beralih ke kamera. Penggunaan dua kamera belakang di realme 10 Pro 5G sudah cukup memuaskan pengguna di segmen mid-range. Apalagi kamera utamanya berkemampuan 108MP dengan fitur Prolight di dalamnya. Namun, mode-mode otomatisnya juga sudah disetting realme sehingga bisa menghasilkan hasil foto atau video yang mengagumkan walau hanya menggunakan satu jepretan saja (one take).

20230108 184053
Fitur kameranya mampu membuat hasil jepretan tetap baik walau di suasana malam

Di mode kamera ini, realme juga sudah mengupgrade fitur street photography ke versi 3.0. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan foto seperti jepretan seorang fotografer profesional. Sementara kamera depannya juga sudah mendukung AI Beauty Mode yang dapat membuat wajah tampil glowing.

20230110 071508
Dual Camera dengan kemampuan kamera utama 108MP

Kami juga mencoba smartphone ini untuk kebutuhan multimedia dan gaming. Agar bisa bermain game dengan nyaman, realme juga menyediakan fitur Game Mode. Fitur ini bisa diatur dengan menariknya dari sisi kiri saat game berjalan. Pengguna diberi tiga pilihan yaitu Low Power Mode, Balanced Mode, dan Pro Gamer Mode. Pilih saja Pro Gamer Mode agar perangkat fokus pada performa game. Notifikasi pun bisa diatur agar tidak terlalu mengganggu kenyamanan bermain game. Saat digunakan bermain Genshin Impact, smartphone bisa berjalan lancar. Begitu juga untuk menikmati multimedia, seperti menonton Netflix atau Youtube. Bahkan suara yang keluar juga terbilang menggelegar. Ini disebabkan karena realme 10 Pro 5G menggunakan dual stereo speaker yang dapat meningkatkan volume hingga 200%.

game mode
Atur game mode agar bermain game bisa lebih lancar

Bagaimana dengan durasi penggunaannya? Tenang saja, realme sudah memberikan baterai berkapasitas 5.000mAh dengan dukungan pengisian daya 33W SUPERVOOC. Dukungan pengisian ini bisa mengisi daya smartphone dari 0 hingga 50% hanya dalam waktu 29 menit saja. Adanya chip khusus dalam adapternya juga membuat pengisian cerdas bisa dilakukan ke smartphone dengan mengidentifikasi proses pengisian, terutama pada baterai dan adapter jika mengalami kelebihan beban.

Untuk antarmuka, realme 10 Pro 5G sudah mengadopsi realme UI 4.0. Sistem operasi ini dilengkapi dengan berbagai fitur khas realme untuk menambah daya tarik smartphone. Misalnya saja untuk mengganti-ganti ukuran huruf, warna, hingga optimalisasi home screen.

Berikut ini hasil tes kami terhadap realme 10 Pro 5G:

Ini hasil foto-foto realme 10 Pro 5G:

Spesifikasi

spesifikasi

Kesimpulan

Hadirnya realme 10 Pro 5G ini memang bisa mendobrak batasan standar smartphone kelas menengah (mid-range). Memang, fitur-fitur flagship lebih banyak ditemukan di varian realme 10 Pro+ 5G. Namun, di varian realme 10 Pro 5G, pengguna juga bisa merasakan fitur flagship tersebut. Salah satunya adalah kamera 108MP yang memiliki fitur ProLight. Pengguna bisa lebih fleksibel dalam mengamadikan momen-momen menarik, bahkan di malam hari.

Dari sisi performa juga mengalami peningkatan cukup signifikan dibandingkan seri sebelumnya. Performa CPU dari penggunaan Snapdragon 695 5G yang memiliki fabrikasi 6nm mampu didongkrak hingga 15%. Ini membuat berbagai aktivitas dengan realme 10 Pro 5G menjadi lebih mulus, termasuk juga dengan game.

Walau tidak sama seperti realme 10 Pro+ 5G yang menggunakan layar AMOLED, layar IPS yang ada realme Pro 5G juga cukup jernih dalam menampilkan berbagai konten multimedia. Apalagi didukung dengan dual speaker yang bisa membawa suasana menonton lebih seru lagi.

20230110 071144

realme membawa juga dukungan adapter yang berkemampuan 33W dengan teknologi SUPERVOOC. Adapter ini mampu mengisi daya smartphone dari 0% hingga 50% dalam waktu 29 menit saja. Dan menariknya, pengguna tidak perlu mendapatkannya secara optional karena sudah disediakan dalam paket penjualannya.

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS