June 9, 2023

Nuxcle Sandang Predikat Best of The Best Startup di NextDev Tahun ke-8

Penulis: Rizki R
Nuxcle Sandang Predikat Best of The Best Startup di NextDev Tahun ke-8  

Mobitekno – Telkomsel mengumumkan Nuxcle sebagai peraih Best of The Best Startup Program NextDev Telkomsel tahun ke-8. Diketahui, Nuxcle mengembangkan kendaraan listrik berupa skateboard listrik, electric bikes (prototype), dan electric scooter (prototype), serta membuka layanan konversi kendaraan listrik untuk kendaraan roda dua konvensional di Indonesia dengan menggunakan bahan daur ulang.

Dengan inovasinya di bidang green & clean tech, Nuxcle membantu masyarakat Indonesia untuk menghemat lebih dari 5 kali lipat biaya bulanan untuk pembelian bahan bakar, sembari memperlambat laju pemanasan global dengan menerapkan konsep ekonomi sirkular yang berfokus pada proses reducing, reusing, dan recycling.

Atas keikutsertaan dan pencapaian selama berlangsungnya gelaran Program NextDev tahun ke-8 sejak September 2022 hingga Juni 2023, Nuxcle dinobatkan sebagai Best of The Best Startup dan mendapatkan reward berupa dana hibah untuk pengembangan serta penguatan fundamental bisnis ke depan.

Direktur Marketing Telkomsel Derrick Heng mengungkapkan, “Dengan fondasi startup yang sustainable serta semakin kuat bersama NextDev, Telkomsel bersama ekosistem startup nasional dapat berkolaborasi memberikan dampak signifikan bagi inklusi ekosistem digital, dengan pemanfaatan teknologi terkini,”

“Selamat kepada Nuxcle yang telah membuktikan diri menjadi Best of The Best Startup di pelaksanaan Program NextDev tahun ke-8. Program NextDev akan terus didorong untuk menjadi impact incubator yang senantiasa relevan dalam memberikan dukungan yang sesuai kebutuhan serta tantangan ekosistem startup Indonesia di masa mendatang.” kata Derrick.

CEO Nuxcle Arif Fajar Saputra mengatakan, “Kami mengetahui NextDev sebagai rangkaian program untuk startup yang memiliki rekam jejak sangat baik dalam membimbing dan membuka akses koneksi serta networking potensial,”

Setelah mengikuti rangkaian program dari awal hingga summit, Nuxcle terkesan karena NextDev memberikan bimbingan luar biasa dan perhatian lebih terhadap startup dengan menghadirkan mentor ahli hingga business matching. Menurut Arif, Nuxcle mendapatkan banyak insight tentang industri dan B2B yang membuat fokus semakin tajam.

NextDev Summit 4

“Sebelum mengikuti rangkaian program ini, kami belum terfokus pada tujuan tertentu karena ingin mengerjakan banyak hal. Namun, setelah mengikuti rangkaian Program NextDev, kami semakin fokus dengan tujuan kami dan membuka peluang bagi kami untuk berkembang serta memberikan dampak lebih terhadap lingkungan maupun sosial. Sebagai salah satu startup yang telah merasakan dampak luar biasa dari keikutsertaan di Program NextDev, kami berharap ke depannya NextDev dan Telkomsel bisa membantu lebih banyak startup potensial dan membuka akses networking startup di Indonesia.” ujarnya.

Gelaran NextDev tahun ke-8 yang telah dimulai sejak September 2022 dengan tema #SustainBeyondExpectation, diikuti 233 startup digital potensial dari seluruh Indonesia, dengan sejumlah fokus pada trek Game and Gaming Platform, Health and Education, Tourism and Creative Economy, serta Green and Clean Tech. Lalu, melalui proses kurasi dan seleksi yang ketat, sebanyak 40 startup terpilih mengikuti fase NextDev Talent Scouting, dan 12 terbaik di antaranya lolos untuk berpartisipasi dalam program inkubasi NextDev Academy selama 3 bulan.

Kemudian pada akhir rangkaian Acara NextDev Summit, 4 startup pilihan tersebut kemudian melakukan final pitching dan mempersembahkan pemaparan inovasi terbaik mereka di hadapan para juri NextDev yang diwakili oleh Founder Jejak.in Arfan Arlanda, Chief Executive Officer (CEO) Telkomsel Mitra Inovasi Mia Melinda, Founding Partner Kinesys Group Yansen Kamto, Chief Technology Officer (CTO) INDICO Luthfi K. Arif, dan Vice President Corporate Communications Telkomsel Saki H. Bramono.

NextDev Summit 3

Program NextDev kini lebih dirancang dan diposisikan sebagai enabler bagi startup digital tahap awal di Indonesia guna memiliki fundamental bisnis yang kuat dan tumbuh berkelanjutan.

“NextDev diharapkan bisa menjadi pintu awal untuk dukungan pemberdayaan ekosistem startup digital dari Telkomsel yang selanjutnya mencakup dukungan dari Program Tinc sebagai wadah akselerator bagi startup, melalui Telkomsel Mitra Inovasi (TMI) sebagai anak usaha Telkomsel yang akan mendukung investasi strategis dan kolaborasi jangka panjang, serta bersama INDICO sebagai anak usaha Telkomsel yang akan membantu pertumbuhan bisnis dengan membangun portofolio bisnis digital vertikal Telkomsel di masa mendatang,” pungkas Derrick.

Tags: , , , , ,


COMMENTS