June 9, 2023

Ini Jajaran Laptop Asus ROG 2023 Berbasis Prosesor AMD Terbaru yang Resmi Hadir di Indonesia

Penulis: Desmal Andi
Ini Jajaran Laptop Asus ROG 2023 Berbasis Prosesor AMD Terbaru yang Resmi Hadir di Indonesia  

Mobitekno – Setelah mengumumkan kehadiran Asus ROG berbasis prosesor Intel, tidak lama kemudian Asus juga resmi memperkenalkan jajaran laptop gaming ROG terbaru yang ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen 7000 Series. Melalui sebuah acara bertajuk Advance Your Gaming Experience with ROG Powered by AMD Ryzen 7000 Series Processors, Asus memperkenalkan jajaran laptop terbaru ini. Tidak hanya sekadar menawarkan performa terbaik pada laptop ini, tetapi juga menjadi pilihan dengan inovasi paling lengkap dan tepat untuk semua gamers di Indonesia.

“Sebagai brand laptop gaming pertama di Indonesia yang menghadirkan jajaran laptop gaming dengan prosesor AMD Ryzen 7000 Series paling lengkap, Asus ROG kembali menegaskan komitmennya untuk memenuhi kebutuhan semua gamer di Indonesia,” ujar Jimmy Lin, Asus Regional Director, Southeast Asia. “Dari gamer profesional dan enthusiast, hingga konten kreator, kami menyediakan lini produk yang dirancang untuk memaksimalkan kreativitas dan potensi gaming Anda.”

“AMD bangga bermitra dengan Asus dalam peluncuran jajaran laptop gaming terbaru bertenaga AMD Ryzen 7000 Series Processor. AMD terus berkomitmen menghadirkan teknologi inovatif untuk menjawab kebutuhan berbagai pengguna, mulai dari gamer hingga kreator profesional. Jajaran prosesor AMD terbaru ini memberikan kinerja komputasi yang kencang serta efisiensi daya yang optimal, memungkinkan Asus menghadirkan laptop gaming dengan ketahanan daya baterai yang lama juga sangat ideal untuk aktivitas gaming atau berkreasi yang membutuhkan perpaduan performa dan mobilitas.” ujar Peter Chambers, Managing Director, Sales, AMD Asia Pacific & Japan.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Asus ROG kembali menjadi brand laptop gaming pertama di Indonesia yang menghadirkan jajaran laptop gaming dengan prosesor AMD Ryzen 7000 Series paling lengkap. Ada lima lini laptop gaming yang diperkenalkan di acara kali ini, mulai dari ROG Zephyrus Duo 16 (GX650P), ROG Zephyrus G14 (GA402N/X), ROG Flow X13 (GV302X), ROG Strix SCAR 17 (G733P), dan TUF Gaming A15 (FA507N/X). Semuanya hadir untuk memenuhi kebutuhan para gamer, mulai dari profesional dan enthusiast, hingga konten kreator yang membutuhkan laptop gaming powerful dengan fitur paling lengkap.

Prosesor AMD Ryzen 7000 Series Terbaru

Ini adalah prosesor terbaru dari AMD Ryen 7000 Series yang didesain dengan ketahanan daya baterai andal. Selain itu, prosesor ini dapat memberikan pengalaman performa sesungguhnya untuk platform mobile. Prosesor ini memiliki hingga 16 core dan 32 thread serta dibangun dengan teknologi terbaru yang canggih. AMD Ryzen 7000 Series Processor yang mentenagai jajaran laptop gaming Asus hadir dengan lini prosesor yaitu AMD Ryzen 7045 dibangun diatas arsitektur Zen 4 dengan fabrikasi 5nm mampu memberikan performa terkencang untuk laptop gaming dan mobile workstation.

Sementara itu, prosesor AMD Ryzen 7040 series yang menggunakan arsitektur zen 4 dengan fabrikasi 4nm menghadirkan teknologi AI dengan performa dan efisiensi daya menakjubkan untuk laptop gaming tipis. Serta, prosesor AMD Ryzen 7035 Series yang didesain untuk mendukung kebutuhan gaming casual, produktivitas bahkan multitasking namun tetap mengedepankan perpaduan performa bertenaga dan efisiensi daya optimal.

Menariknya, AMD Ryzen 7000 Series dilengkapi dengan AMD’s Infinity Fabric terbaru yang meningkatkan komunikasi antar core, memungkinkan kinerja yang lebih baik dan respon yang lebih cepat. Prosesor ini juga menawarkan fitur SMT (Simultaneous Multi-Threading) yang memungkinkan setiap core untuk mengeksekusi lebih dari satu thread sekaligus, memberikan peningkatan signifikan dalam hal multitasking dan kinerja secara keseluruhan. Dukungan untuk RAM DDR5 dan PCIe Gen 4 dan 5 juga ditambahkan untuk memberikan kecepatan dan kapasitas memori yang besar.

ROG Nebula Display

ROG sangat mengerti bahwa pengalaman gaming yang optimal tidak hanya didapatkan dari performa CPU dan GPU saja, melainkan juga dari kualitas layar. Untuk itulah di tahun 2022 silam, ROG memperkenalkan ROG Nebula Display yang bertujuan untuk memberikan pengalaman visual bermain game dengan kualitas layar terbaik untuk para gamers. ROG Nebula Display memiliki persyaratan yang sangat ketat untuk memastikan gamers mendapatkan layar yang tidak hanya cepat dan responsif, tetapi juga dapat menampilkan warna yang sangat kaya serta memiliki tingkat kecerahan yang tinggi.

ROG Zephyrus Duo 16 (GX650P)

ROG Zephyrus Duo 16 (GX650P) kembali hadir sebagai laptop gaming layar ganda paling powerful di dunia. Ditenagai oleh prosesor hingga AMD Ryzen 9 7945HX 16 Core. Prosesor ini merupakan prosesor terkuat dari AMD, dengan konfigurasi 16 core dan 32 thread yang mampu menangani beban kerja paling berat sekalipun, baik itu gaming beresolusi tinggi, rendering 3D, atau multitasking yang intens.

20230608 103008

Zephyrus Duo 16 tidak hanya unggul dalam segi performa, tetapi juga menawarkan pengalaman visual yang tiada duanya dengan layar ROG Nebula HDR MiniLED Display QHD 240Hz. Layar ini mampu mencapai kecerahan hingga 1100 nits, dan memiliki color gamut 100% DCI-P3, memberikan reproduksi warna yang akurat dan detail gambar yang tajam. Tidak hanya itu, laptop ini juga dilengkapi dengan chip grafis hingga NVIDIA GeForce RTX 4090 yang dilengkapi dengan MUX Switch dan teknologi NVIDIA Advanced Optimus. Kombinasi ini memungkinkan peralihan mulus antara penggunaan GPU terintegrasi untuk efisiensi energi dan GPU diskrit untuk performa maksimal, menjamin optimalisasi penggunaan daya dan performa.

Salah satu fitur yang paling menonjol dari ROG Zephyrus Duo 16 adalah layar kedua beresolusi 4K bernama ROG ScreenPad Plus yang ditempatkan di antara keyboard dan layar utama. Layar touchscreen ini dilengkapi dengan teknologi AAS+ 2.0 Cooling yang mampu menyesuaikan pendinginan berdasarkan kebutuhan sistem, memungkinkan laptop untuk menjaga kinerja optimal dalam semua kondisi. Berkat semua fitur tersebut, ROG Zephyrus Duo 16 (GX650P) berhasil menetapkan standar baru pada laptop gaming.

ROG Zephyrus G14 (GA402N/X)

ROG Zephyrus G14 (GA402N/X) merupakan laptop gaming yang menggabungkan performa powerful, mobilitas, dan gaya yang stylish dalam satu paket. Di dalam ukurannya yang ringkas, laptop ini ditenagai oleh prosesor hingga AMD Ryzen 9 7940HS terbaru sehingga mampu menghadirkan performa kencang. Prosesor tersebut merupakan salah satu dari jajaran prosesor mobile paling kuat dari AMD, yang memungkinkan Zephyrus G14 untuk menjalankan tugas-tugas berat mulai dari gaming beresolusi tinggi hingga aplikasi intensif lainnya. Ditambah dengan chip grafis hingga NVIDIA GeForce RTX 4070 yang dilengkapi dengan MUX Switch dan teknologi NVIDIA Advanced Optimus, gamer dijamin akan mendapatkan pengalaman gaming terbaik sekaligus efisiensi daya yang optimal.

ROG Zephyrus G14 juga unggul dalam aspek kualitas visual. Laptop ini dibekali dengan layar 14-inci (16:10) ROG Nebula Display QHD yang memiliki refresh rate 165Hz dan response time 3ms, sehingga menjamin tampilan visual yang tajam dan lancar, baik untuk gaming atau pekerjaan kreatif. Layar ini juga memiliki color gamut 100% DCI-P3, menjamin reproduksi warna yang akurat dan detail visual yang jelas. Menambah nilai tambah pada desainnya, laptop ini juga dilengkapi dengan fitur unik dari ROG, yaitu AniMe Matrix dengan 1.449 Mini LED yang menawarkan penampilan yang stylish dan personalisasi yang mendalam bagi pengguna.

ROG Flow X13 (GV302X)

ROG Flow X13 (GV302X) kembali hadir dengan desain convertible namun tetap mengedepankan performa. Laptop ini memiliki bobot hanya 1,3 kg dan dilengkapi layar ROG Nebula Display dengan refresh rate 165Hz. Meski hadir dalam bentuk yang minimalis, ROG Flow X13 tetap hadir dengan performa kelas gaming yang powerful. Ditenagai oleh prosesor hingga AMD Ryzen 9 7940HX, laptop ini mampu menjalankan tugas-tugas berat dengan efisien. Tidak heran jika predikat laptop gaming convertible 13-inci paling powerful di dunia masih melekat di ROG Flow X13 kali ini.

Keunikan Flow X13 tidak hanya berhenti pada ukurannya saja, laptop ini juga dilengkapi dengan chip grafis hingga NVIDIA® GeForce RTX 4070, yang menjamin permainan berlangsung dengan mulus dan grafis yang mengesankan. Selain itu, kompatibilitasnya dengan ROG XG Mobile External GPU dapat mengubah Flow X13 menjadi mobile workstation atau sistem gaming yang kuat dalam sekejap. ROG Flow X13 memadukan performa tinggi dan fleksibilitas dalam desain yang ringkas dan elegan, memberikan bukti kuat bahwa laptop convertible ringkas bisa juga menjadi salah satu laptop yang paling powerful di dunia.

ROG Strix SCAR 17 (G733P)

Gamer yang menginginkan laptop gaming dengan performa tanpa kompromi dapat memilih ROG Strix SCAR 17 (G733P) sebagai senjata utamanya. Laptop ini ditenagai oleh prosesor hingga AMD Ryzen 9 7945HX dengan konfigurasi 16 Core dan 32 thread yang memastikan kinerja terbaik untuk semua tugas berat. Dukungan chip grafis hingga NVIDIA® GeForce RTX 4090 dengan TGP 175W menjadikan laptop ini solusi gaming terbaik yang mampu menampilkan grafis berkualitas tinggi dengan kinerja powerful.

ROG Strix SCAR 17 (G733P) dibekali layar IPS-level beresolusi QHD, memiliki refresh rate 240Hz, dengan color gamut 100% DCI-P3 dan dukungan G-SYNC, sehingga memastikan kualitas visual yang sangat baik saat bermain game. Selain itu, ROG Strix SCAR 17 (G733P) juga dibekali sistem pendingin ROG Intelligent Cooling yang dilengkapi Thermal Grizzly Conductonaut Extreme liquid metal. Sistem pendinginan yang komperhensif tersebut dapat menjaga suhu laptop, memaksimalkan kinerja sistem, sekaligus memperpanjang umur komponen.

TUF Gaming A15 (FA507N/X)

Seperti pendahulunya, TUF Gaming A15 (FA507N/X) kali ini hadir sebagai laptop gaming tangguh dengan ketahanan US Military Grade serta dibekali performa yang lebih powerful. Berkat prosesor hingga AMD Ryzen 9 7940HS, laptop ini dapat memiliki performa sekaligus efisiensi daya terbaik yang dibutuhkan untuk pengalaman gaming modern. Tidak hanya itu, chip grafis NVIDIA GeForce RTX 4070 dengan TGP hingga 140W, teknologi MUX Switch, serta NVIDIA Advanced Optimus yang ada di laptop ini juga telah membuat laptop ini semakin powerful untuk berbagai aktivitas, khususnya bermain game.

20230608 102839

TUF Gaming A15 juga dibekali dengan layar FHD 144Hz yang memiliki color gamut 100% sRGB, sehingga memastikan tampilan visual yang akurat dan stabil selama sesi gaming. Selain itu, sistem pendinginan yang dilengkapi dengan hingga lima copper heatpipe dan empat jalur pembuangan udara panas memastikan suhu laptop tetap optimal, memaksimalkan kinerja sistem, serta memperpanjang masa hidup komponen. TUF Gaming A15 merupakan pilihan utama bagi gamer yang ingin memiliki laptop tangguh dengan performa gaming powerful.

Tags: , , , , , ,


COMMENTS