May 9, 2023

Hands On MOTOTRBO R7: Motorola Solutions Sukses Racik Next Level Generation of Radio

Penulis: Rizki R
Hands On MOTOTRBO R7: Motorola Solutions Sukses Racik Next Level Generation of Radio  

Mobitekno – Motorola Solutions bersama Harrisma Informatika Jaya selaku distributor tunggalnya di Indonesia secara eksklusif mengundang awak media pada peluncuran resmi MOTOTRBO R7, sebuah perangkat radio digital dua arah yang tangguh dengan mengusung inovasi dalam hal audio.

Perilisan MOTOTRBO R7 ini sangat penting, khususnya bagi kedua perusahaan dan market di Indonesia pada umumnya. Pasalnya, penggunaan critical radio untuk bidang industri tertentu tak bisa tergantikan. Di sisi lain, potensi bisnis di Indonesia yang memerlukan perangkat ini masih sangat besar.

Tanggap dengan hal tersebut, Motorola Solutions bersama Harrisma Informatika Jaya memperkenalkan MOTOTRBO R7 untuk pasar Indonesia. Radio digital R7 menawarkan audio yang disempurnakan dengan tampilan desain yang kokoh untuk performa optimal di lingkungan yang bising dan keras.

Awak media yang diundang dalam peluncuran perangkat tersebut bisa menjajal secara langsung performa dan ketangguhan radio digital R7. Redaksi Mobitekno yang hadir pun turut diberikan kesempatan untuk ‘mencicipinya’.

Hands On Radio Digital MOTOTRBO R7

IMG 20230508 222231

Secara tampilan, radio digital MOTOTRBO R7 membawa desain kokoh nan ringkas, namun sarat dengan fitur-fitur penunjang. Pada bagian atas, terdapat antena (yang panjang), tombol darurat yang berwarna merah, pengaturan channel, serta tombol putar on-off. Kemudian pada bagian display layar, radio digital R7 membawa dimensi 2,4 inci (320 x 240 piksel) QVGA Display.

IMG 20230508 191339

Di bagian punggungnya, terdapat speaker serta pengait yang bisa dipasangkan ke bagian tubuh, baik jaket maupun celana.

Lebih jauh, Motorola Solutions telah melakukan improvement pada bagian audio MOTOTRBO R7 dengan menyematkan fitur Adaptive Noise Cancellation dan dua mikrofon. Melengkapi hardware itu, MOTOTRBO R7 juga dibekali software yang telah diperbarui, sehingga memungkinkan petugas keamanan untuk berbagi infromasi terkait keselamatan di tengah gemuruh stadion, atau saat konser musik.

Saat demo produk, penulis pun sempat dibuat tercengang berkat keandalan R7 dalam menganulir suara bising di satu lingkungan kerja yang sangat bising. Choong Kit Soon, selaku Business Development Manager Motorola Solutions Singapore, menjelaskan bahwa radio R7 menghadirkan ucapan yang tajam dan kejelasan yang lebih baik dengan peredam bising tingkat industri, peredam umpan balik otomatis, dan penyesuaian volume otomatis berdasarkan kebisingan latar belakang.

IMG 20230508 191441

“Perangkat dapat diprogram dan diperbarui melalui WAVE melalui WiFi untuk mengurangi waktu henti dan ditenagai oleh baterai yang tahan hingga 24 jam,” ungkap Kit Soon.

Dalam pandangan penulis, mereka yang bekerja dengan alat berat di sektor pertambangan, industri migas, sudah dipastikan dapat mendengar komunikasi suara MOTOTRBO R7 dengan keras dan jelas tanpa meninggalkan stasiun mereka atau menghentikan jalur produksi. MOTOTRBO R7 telah lulus uji standar militer, sehingga sangat ideal untuk digunakan di lantai produksi, karena tahan terhadap debu, tumpahan, jatuh, dan keausan dalam penggunaan sehari-hari.

Dibekali sertifikasi IP68 dan IP66 menandakan bahwa perangkat ini tahan debu dan terlindung dari air hingga kedalaman 2 meter selama 2 jam. Bahkan, Motorola mengklaim MOTOTRBO R7 terlindung dari dampak semburan air bertekanan tinggi.

Berikut ini fitur-fitur unggulan MOTOTRBO R7:

  • UHF/VHF
  • Wi-Fi 2.4/5.0 GHz
  • WPA3 Wi-Fi security protocol compliant
  • Bluetooth 5.2
  • 2.4″ 320 x 240 px. QVGA display
  • Automatic Acoustic Feedback Suppression
  • Adaptive Dual Microphone Noise Suppression
  • Intelligent Audio
  • IMPRES™ technology
  • Programmable loudness up 107 phons
  • Wideband speaker and microphones
  • Up to 28 hours of battery life
  • IP68 (waterproof up to 2 meters for 2 hours)
  • IP66 (concentrated water jet pressure)
  • Intrinsically safe option (UL TIA-4950)
  • Rugged to MIL-STD 810
  • 5 years of hardware repair, technical support, software updates and premium features

IMG 20230508 222514

“Kami ingin dikenal sebagai Next Level Generation of Radio, di mana seluruh fitur ada di dalam R7. Integrasinya dengan sistem dan teknologi keselamatan lainnya memungkinkan tim untuk mendeteksi dan merespons dengan lebih cepat segala macam peristiwa sehari-hari, serta dalam kondisi darurat,” pungkas Kit Soon.

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS