January 8, 2023

Canggih! Korea Selatan Persiapkan Mobil Otonom Level 4 pada 2024

Penulis: Muhammad Rizki
Canggih! Korea Selatan Persiapkan Mobil Otonom Level 4 pada 2024  

Mobitekno – Korea Selatan akan menetapkan standar keselamatan dan sistem asuransi untuk peluncuran kendaraan otonom level 4 di negara itu pada tahun depan. Kabar ini disiarkan lewat kementerian transportasi, dikutip dari Yonhap, Ahad (8/1).

Otonom level 4 memungkinkan kegiatan mengemudi diambil alih sepenuhnya oleh teknologi. Bahkan mobil pada level ini sudah mulai meninggalkan komponen seperti setir, pedal gas dan pedal rem. Teknologi otonom pada level ini juga sudah bisa membaca lingkungan untuk memberikan mode berkendara lebih aman dan nyaman.

Won Hee-ryong Menteri Pertanahan, Infrastruktur, dan Transportasi Korea Selatan dalam kunjungannya ke stan Motional di CES 2023, Sabtu (7/1), menegaskan pemerintah akan ‘secara dramatis’ melonggarkan peraturan yang melibatkan mobil otonom.

Sebagaimana diketahui, Motional adalah perusahaan patungan yang didirikan pada tahun 2020 antara Hyundai Motor Co. dan startup mobilitas AS Aptiv untuk menguji kendaraan yang sepenuhnya otonom untuk layanan transportasi online. Pada bulan Oktober 2022, Motional menandatangani kontrak 10 tahun untuk memasok kendaraan otonom berbasis IONIQ 5 milik Hyundai ke perusahaan transportasi AS Uber Technologies Inc.

Di bawah kesepakatan itu, Motional mulai memasok taksi robo tanpa pengemudi IONIQ 5 serba listrik ke Uber mulai akhir tahun lalu.

Taksi robo berbasis IONIQ 5 saat ini tersedia untuk 15 menit berkendara antara Luxor Hotel dan Mandalay Bay Hotel di Las Vegas. Uber berencana untuk mengoperasikan taksi robo Level 4 IONIQ 5 untuk layanan panggilan mobil dan pengiriman di Amerika Serikat selama 10 tahun ke depan dan menjajaki peluang untuk maju ke pasar lain dengan taksi robo.

Tags: , , , ,


COMMENTS