March 6, 2023

Pakai AI di Fitur Baru Summarizer, Hasil Pencarian Brave Search Jadi Lebih Simpel dan Relevan

Penulis: Iwan RS
Pakai AI di Fitur Baru Summarizer, Hasil Pencarian Brave Search Jadi Lebih Simpel dan Relevan  

Mobitekno – Sejak ChatGPT diluncurkan pada bulan November 2022 lalu, banyak perusahaan teknologi berlomba menghadirkan solusi Large Language Model (LLM) atau model bahasa besar yang digunakan agar tetap relevan dan kompetitif dengan perkembangan yang ada.

Layan pencarian Brave search yang dibuat oleh perusahaan browser yang piawai memblokir iklan, Brave browser juga tidak mau ketinggalan. Layanan pencarian Brave search juga telah menyertakan LLM pada fitur baru Summarizer untuk menghasilkan jawaban/pencarian yang lebih relevan bagi penggunanya.

Tidak seperti ChatGPT yang terkenal mengeluarkan informasi yang salah, Summarizer mendapatkan datanya dari hasil pencarian. Model bahasa besar (LLM) kemudian mengambil informasi yang lebih akurat ini dan memberi Anda jawaban dalam bahasa yang koheren, mudah dipahami oleh siapa saja.

Untuk memastikan bahwa pembuat konten asli dihormati dengan benar, Brave telah mengambil keputusan untuk selalu mengutip tautan yang digunakannya untuk jawaban di bagian Summarizer sehingga pengguna dapat mengeklik untuk mempelajari lebih lanjut tentang hasilnya. Brave mengatakan bahwa menautkan ke situs web memastikan atribusi informasi yang sah dan membantu mengurangi “bias otoritas model bahasa besar”.

Brave Summarizer 02

Brave Summarizer 01

Meskipun fitur Summarizer cukup berguna, beberapa pengguna mungkin tidak membutuhkannya. Apabila Anda salah satu dari orang-orang tersebut, Anda dapat menonaktifkannya dari halaman pengaturan Brave Search. Summarizer dari Brave mungkin mirip dengan fitur Snippets yang kita temukan pada hasil encarian search engine Google.

Salah satu limitasi dari ChatGPT adalah tidak adanya akses ke informasi yang lebih baru (di atas tahun 2021). Fitur Summarizer diklaim oleh Brave telah menggunakan pencarian web terbaru sehingga memberikan hasil jawaban yang lebih aktual bagi pengguna.

Selain memberikan ringkasan di bagian atas dari hasil pencarian, pengguna juga akan melihat teks tebal di dalam cuplikan hasil yang terkait dengan pencarian. Seperti halnya ChatGPT, pihak Brave juga memperingatkan bahwa fasilitas AI pada Summarizer juga masih berpotensi menghasilkan informasi yang tidak akurat.

Brave Summarizer sekarang tersedia di Brave Search untuk semua pengguna atau publik. Untuk mencobanya, cukup ketik kueri (query) yang dapat dijawab dan hasil Summarizer akan muncul di bagian atas halaman hasil pencarian.

Tags: , , , , , , , ,


COMMENTS