January 6, 2023

Rantai Pasokan Mulai Teratasi, Sony Ungkap Penjualan PlayStation 5 Telah Lampaui 30 Juta Unit

Penulis: Iwan RS
Rantai Pasokan Mulai Teratasi, Sony Ungkap Penjualan PlayStation 5 Telah Lampaui 30 Juta Unit  

Mobitekno – PlayStation 5 (PS5) menjadi salah satu produk elektronik yang paling diincar konsumen sejak pertama kali dirilis pada akhir tahun 2020 (November 20220). Masalah produksi untuk memenuhi permitaan pasar karena efek pandemi COVID-membuat PS5 ini menjadi game console yang hanya bisa dibeli oleh sebagian konsumen.

Susahnya konsumen untuk membeli PS5 sempat dirasakan beberapa negara, termasuk Indonesia dengan diberlakukannya sistem lotre untuk mendapatkan kesempatan membelinya.

Namun, setelah dua tahun lebih sejak perilisannya, masalah produksi tampaknya sudah bisa ditangani oleh Sony yang menyatakan bahwa game console anadalan terbaru tersebut telah terjual di seluruh dunia hingga lebih dari 30 juta unit.

Pengumuman yang disampaikan oleh Jim Ryan selaku CEO Sony di ajang CES 2023 menarik mengingat ‘hanya’ dalam waktu sekitar dua tahun, PS5 telah berhasil melampaui penjualan beberapa game console populer lainnya, seperti Xbox original (24 juta unit), GameCube (21,74 juta unit), SEGA Mega Drive (30,75 juta unit) hingga Nintendo 64 (32,93 juta unit).

Pada akhir Mei tahun lalu, Sony mengumumkan keberhasilannya menjual PS5 hingga 20 juta unit. Ini berarti Sony telah berhasil menjual 10 juta unit PS5 hanya dalam 7 bulan berikutnya (setelah Mei 2021) dan menunjukkan bahwa masalah rantai pasokan akhirnya mulai dapat diatasi oleh mereka.

Bos Sony juga menyampaikan kabar gembira bahwa konsol PS5 akan lebih mudah dibeli konsumen mulai bulan ini dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Termasuk menyambut kedatangan beberapa game menarik untuk PS5, seperti Final Fantasy XVI dan Marvel’s Spider-Man 2.

Tags: , , , , ,


COMMENTS