April 5, 2023

Hengkang Sejak 2016, OnePlus Umumkan Comeback di Indonesia

Penulis: Iwan RS
Hengkang Sejak 2016, OnePlus Umumkan Comeback di Indonesia  

Mobitekno – OnePlus mengumumkan akan kembali memasarkan ponselnya di pasar Indonesia setelah absen selama tujuh tahun (sejak 2016). Produsen asal Tiongkok tersebut pertama kali hadir di Indonesia pada Januari 2015 melalui kerja sama eksklusifnya dengan platform e-commerce Lazada.

Alasan utama hengkangnya OnePlus saat ini disebabkan adanya regulasi TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) dari pemerintah Indonesia yang mewajibkan produsen smartphone 4G asing memenuhi persyaratan 30 persen komponen (perangkat keras atau perangkat lunak) ponsel mereka secara lokal.

Regulasi tersebut menyebabkan OnePlus memutuskan untuk hengkang dari pasar Indonesia pada Juni 2016. Pengumuman kembalinya ponsel OnePlus di pasar tanah air juga berdekatan dengan peluncuran ponsel flagship terbarunya, OnePlus 11 series pada tanggal 16 Februari 2023.

OnePlus 01

Ponsel dengan chipset premium Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 ini hadir dengan layar LTPO 3.0 AMOLED berukuran 6,7 inci (resolusi WQHD Plus, refresh rate 120 Hz, tingkat kecerahan hingga 1.300 nits).

Seperti pada ponsel flagship Oppo Find X-series terbaru, modul kamera OnePlus 11 juga didukung oleh perusahaan kamera asal Swedia, Hasselblad untuk menghasilkan kualitas foto yang mumuni di ponsel.

Hal menarik terkait OnePlus 11 adalah sebutan yang diberikan mantan bosnya, Carl Pei. Menurut Pei, desain ponsel flaghsip terbaru OnePlus tersebut seperti tidak lagi memiliki jati diri atau identitas.

Pei sepertinya mempersoalkan desain modul kamera OnePlus 11 yang meninggalkan ciri khasnya berbentuk persegi atau persegi panjang dan memilih dbentuk llingkaran OnePlus 10 Pro modul kameranya persegi, dan OnePlus 11 justru melingkar alias elips

OnePlus 02

Selain OnePlus 11 series, ponsel lainnya yang juga baru diluncurkan OnePlus adalah OnePlus Ace 2V yang berlayar AMOLED 6.74 inci (1.240 x 2.772 pixel (120 Hz, HDR10+, 1.450 nits). Ponsel yang mengusung chipset MediaTek Dimensity 9000 (4 nm) dengan RAM 12/16 GB dan internal storage 256/512 GB serta baterai 5.000 mAh (fast charging 80W).

Untuk mengawali kehadirannya di Indonesia, OnePlus meluncurkan akun media sosialnya di Instagram (@oneplus_idn) dan Twitter (@OnePlus_IDN) yang menampilkan berbagai informasi mengenai produk dan layanan untuk konsumen Indonesia. Selain itu, situs web resmi www.oneoplus.com/id juga hadir sebagai wadah interaksi bagi komunitas OnePlus di Indonesia.

Menurut Marketing Office OnePlus Indonesia, Patrick Owen melalui keterangan tertulisnya, mereka siap memberikan komitmen lebih tinggi dan serius untuk pasar Indonesia.

“Selain meluncurkan akun media sosial dan website OnePlus, pada tahap awal, OnePlus Indonesia akan menyeleksi pasar untuk dapat melayani penggunanya secara maksimal,” tambahnya.

Tags: , , , , ,


COMMENTS